Ini 10 Orang Terkaya Sejagat yang Memimpin Bisnis Fashion

orang terkaya di dunia

orang terkaya di dunia

Di bulan Desember ini, Forbes merilis daftar terbaru nama-nama orang terkaya di dunia dengan gurita bisnisnya. Posisi nomor satu tentu masih diduduki Jeff Bezos sang pendiri Amazon, nomor dua Bill Gates, nomor tiga Warren Buffet, dan nomor empat adalah bos Louis Vuitton, Bernard Arnault.

Para entrepreneur di bidang teknologi memang masih mendominasi rangking orang terkaya sejagat. Tapi jangan salah, miliarder yang berbisnis di dunia fashion juga gak sedikit. 

Selain Bernard Arnault, masih ada banyak sekali para pendiri brand fashion yang berhasil jadi orang terkaya di dunia. Mau tahu siapa saja dan berapa kekayaannya? Simak di sini yuk.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya Ketiga di Dunia, Nih 6 Wejangan Menusuk Bos Louis Vuitton

1. Miuccia Prada

orang terkaya di dunia
Miuccia Prada. (Tempo)

Miuccia Prada adalah orang terkaya di dunia yang duduk di urutan ke-804 versi Forbes. Dia adalah penerus dari bisnis fashion dan aksesoris mewah yang didirikan kakeknya sendiri di tahun 1913. Apalagi kalau bukan Prada.

Saat ini, dia menjalani bisnisnya bersama suami dan rekannya yang bernama Patrizio Bertelli.

Prada sendiri melantai di bursa saham Hong Kong pada tahun 2011. Kekayaan Miuccia Prada saat ini disinyalir mencapai US$ 2,9 miliar atau Rp 40 triliun.

Baca juga: Pantas Aja Zara Begitu Terkenal Banget, Ini Lho 5 Rahasia Suksesnya

2. Ralph Lauren

orang terkaya di dunia
Ralph Lauren. (Wikimedia Commons)

Dari namanya saja, kamu tentu tahu dong apa yang dia jual. Tentu saja pakaian merek Polo Ralph Lauren yang banyak ditemukan gerainya di mal.

Pria yang gak punya ijazah S1 ini sempat menjalani dinas militer sebelum akhirnya terjun ke dunia bisnis. 

Polo yang dia dirikan sejatinya adalah merek dasi. Ketika produk itu berhasil mendapat respon positif dari konsumen, tepatnya tahun 1980-an, Lauren langsung meminjam dana ke bank buat mengembangkan usahanya. Bisnisnya pun berkembang dan menjadi raksasa.

Perusahaannya bahkan sukses melantai di bursa pada tahun 1997. Goldman Sachs membeli lebih dari seperempat saham Ralph Lauren pada saat itu.

Sekarang, mantan imigran yang dulu hidup susah ini, tercatat sebagai miliarder terkaya di dunia urutan ke-215 dengan total aset sebesar US$ 6,8 miliar atau Rp 95 triliun.

Baca juga: Beginilah Strategi Uniqlo untuk Menjadi Brand Terbesar di Asia-Oseania

3. Giorgio Armani

orang terkaya di dunia
Giorgio Armani. (Wikimedia Commons)

Yang ketiga, ada Giorgio Armani yang meluncurkan produk fashion dengan namanya sendiri. 

Produsen pakaian pria ini tercatat di Forbes sebagai orang terkaya urutan ke-173 dengan aset US$ 11,2 miliar atau Rp 156 triliun. Sama seperti Lauren, dia adalah seorang yang meninggalkan sekolah medisnya untuk bergabung di dinas militer. 

Pada awalnya, Armani mendesain pakaian untuk brand Nino Cerruti. Namun akhirnya dia justru mendirikan brandnya sendiri bersama Sergio Galeotti.

Bisnisnya makin moncer usai dirinya mendesain pakaian untuk aktor legendaris, Richard Gere di film American Gigolo. 

4. Alain Wertheimer

orang terkaya di dunia
Alain Wertheimer. (Forbes)

Bersama adiknya, yaitu Gerard Wertheimer, pria ini memimpin sebuah perusahaan yang didirikan kakeknya, Pierre Wertheimer.

Pierre memiliki seorang partner bernama Gabrielle Chanel atau yang kerap disapa Coco Chanel. Nama Chanel sendiri tentunya diambil dari nama belakang Gabrielle. 

Semua tentu tahu bahwa tas mewah yang satu ini memang jadi salah satu merek favorit para crazy rich. Alain Wertheimer sendiri, saat ini menduduki posisi ke-82 sebagai orang terkaya sejagat versi Forbes.

Asetnya mencapai US$ 16,7 miliar atau Rp 233 triliun.

5. Stefan Perrson

orang terkaya di dunia
Stefan Perrson. (Wikimedia Commons)

Perrson adalah orang terkaya di Swedia dengan total kekayaan yang mencapai US$ 18,8 miliar atau Rp 263 triliun. Dia menguasai 32 persen saham dari produk fashion bernama Hennes & Mauritz atau H&M. 

Sama seperti Ralph Lauren, produk H&M tentunya gak asing dong di telinga masyarakat Indonesia. Wong outletnya juga ada di mana-mana.

Asal kamu tahu, H&M didirikan oleh ayahnya, Erling Persson di tahun 1947. Saat ini, Stefan menduduki kursi chairman, sedangkan putranya Karl-Johan menjabat sebagai CEO.

6. Leonardo Del Vecchio

orang terkaya di dunia
Leonardo Del Vecchio. (Wikimedia Commons)

Kisah dari Del Vecchio memang sangat nahas. Di usianya yang masih tujuh tahun dia sudah dikirim ke panti asuhan karena ibunya yang menjanda gak mampu untuk membiayai hidupnya.

Orang terkaya di dunia urutan ke-50 ini mengantongi kekayaan senilai US$ 25,4 miliar atau Rp 355 triliun. Dia adalah pemilik dari produsen kacamata terbesar di dunia, Luxottica.

Perusahaan ini ternyata didirikan pada tahun 1961. Luxottica sendiri telah mengakuisisi beberapa merek kacamata terkenal, sebut saja seperti Rayban, Oakley, dan Sunglass Hut. 

Di tahun 2018, perusahaan ini melakukan merger dengan Essilor dan mereka pun menjadi produsen dan distributor kacamata terbesar sejagat. 

7. Tadashi Yanai

orang terkaya di dunia
Tadashi Yanai. (Wikimedia Commons)

Setelah lulus kuliah, Yanai memulai usahanya dengan menjual pakaian khusus pria serta peralatan dapur di supermarket Jusco. Namun, dia akhirnya memutuskan untuk berhenti dan bergabung dengan toko penjahit pinggir jalan milik ayahnya yang dikenal sebagai Ogori Shoji.

Di tahun 1984, Yanai bersama ayahnya menggantinya dengan nama Fast Retailing dan membuka toko pertamanya di Hiroshima. Dari Fast Retailing itu, lahirlah brand bernama Uniqlo,  J Brand dan Theory.

Orang terkaya di Jepang ini menduduki peringkat ke 41 sebagai orang terkaya sejagat. Total asetnya mencapai US$ 30,9 miliar atau Rp 432 triliun.

Untuk saat ini, dirinya mungkin bisa mengungguli H&M. Namun masih ada Zara lho yang belum bisa dia kalahkan.

8. Francois Pinault

orang terkaya di dunia
Francois Pinault. (Wikimedia Commons)

Orang terkaya di dunia urutan ke-30 ini adalah pemimpin dari perusahaan fashion mewah, Kering, yang menaungi brand Saint Laurent, Alexander McQueen dan Gucci. Brand favorit artis deh pokoknya!

Pria ini adalah pecinta seni, konon kabarnya dia memiliki 3 ribu koleksi benda seni yang luar biasa mahal! Beberapa di antaranya adalah karya Pablo Picasso.

Soal harta, Pinault mengantongi aset senilai US$ 36,2 miliar atau Rp 506 triliun.

9. Amancio Ortega

orang terkaya di dunia
Amancio Ortega. (Wikimedia Commons)

Nah kalau yang ini adalah bos alias pendiri Zara. Dia adalah orang terkaya di dunia urutan ke-6, dengan total kekayaan US$ 74,9 miliar atau Rp 1.098 triliun.

Bukan cuma orang terkaya urutan ke-6, dia juga orang terkaya di seantero Eropa. 

Pria yang dulu hidup susah ini adalah pendiri dari Inditex. Di bawah Inditex, ada Zara, Massimo Dutti, Pull & Bear, dan lainnya. 

Usut punya usut, setiap tahunnya Ortega bisa dapat dividen sebesar US$ 400 juta atau Rp 5,6 triliun lho! Maklum lah, wong dia menguasai mayoritas saham di Inditex kok. 

10. Bernard Arnault

orang terkaya di dunia
Bernard Arnault. (Wikimedia Commons)

Seperti yang disebutkan di atas, dia adalah orang terkaya ke-4 di dunia. Total kekayaannya mencapai US$ 107,7 miliar, atau Rp 1.508 triliun! CEO LVMH alias Louis Vuitton Moët Hennessy ini sempat menggeser Bill Gates lho di bulan Juli. Namun akhirnya harta Bill Gates naik lagi, dan Arnault tergeser.

Pada awalnya, bisnis yang digawangi Arnault dan ayahnya bukanlah fashion melainkan real estate. Setelah dirinya berhasil dengan bisnis propertinya, maka barulah dia membeli perusahaan tekstil Boussac Saint-Frères yang sedang mengalami masalah.

Awalnya, Boussac memegang merek Christian Dior dan Le Bon Marché. Di tahun 1988, Arnault melakukan gebrakan baru dengan membentuk perusahaan baru bersama Guinness yang memegang 24 persen saham LVMH. Arnault kabarnya menggelontorkan dana sebesar US$ 1,5 miliar pada saat itu. 

Sebelas tahun memimpin LVMH, laba perusahaan barang mewah ini pun meroket 500 persen! Itu cuannya gak main-main lho.

Itulah 10 orang terkaya di dunia yang terjun ke bisnis fashion. Gak nyangka ya, kekayaan mereka bisa tembus ribuan triliun. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis