Lebih dari 90 Tahun, Ini 10 Orang Terkaya Tertua di Indonesia Versi Forbes

Harta orang terkaya di Indonesia versi Forbes naik (Forbes)

Harta orang terkaya di Indonesia versi Forbes naik (Forbes)

Orang terkaya di Indonesia menurut Forbes dipegang oleh Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono dengan kekayaan mencapai US$ 35 miliar yang jika di Rupiahkan sekitar Rp 494 triliun.

Kakak beradik asal Semarang ini dikenal sebagai bos Djarum dan Bank BCA. Kesuksesan mereka dalam membangun bisnis emang layak mendapat apresiasi.

Sosok kerja keras dan perjuangan Budi dan Bambang Hartono mengembangkan bisnisnya di Indonesia emang sangat inspiratif. Jadi, wajar aja kalau mereka berhasil menguasai bisnis di Indonesia hingga berada di posisi puncak sebagai orang terkaya di tahun 2018 menurut Forbes.

Ya, kalau membahas soal orang terkaya itu memang selalu menarik untuk disimak. Salah satunya adalah deretan orang terkaya di Indonesia paling tua. Bahkan, ada lho yang usianya sudah menginjak lebih dari 90 tahun.

Kekayaan yang mereka raih berasal dari berbagai bisnis, mulai dari properti, makanan hingga obat-obatan.

Baca juga: Tiga Orang Terkaya Ini Bisa Lunasi Utang Indonesia, Lho! Siapa Aja?

Penasaran siapa aja orang terkaya di Indonesia tertua yang masuk dalam daftar Forbes buat kategori Indonesia’s 50 Richest. Berikut 10 di antaranya, kita  mulai dari yang paling muda dulu ya seperti yang dilansir dari situs resmi Forbes:

10. Sabana Prawirawidjaya – 79 tahun

Sabana Prawirawidjaya salah satu orang terkaya di Indonesia yang usianya udah 79 tahun, (UltraJaya).

Di usianya yang udah memasuki 79 tahun, Sabana Prawirawidjaya berada di posisi 47 sebagai orang terkaya versi Forbes dengan kekayaan mencapai US$ 640 juta atau setara dengan Rp 9 triliun.

Baca juga: Kekayaannya Ratusan Triliun, Inilah Orang Terkaya yang Punya Klub Sepak Bola

Sabana Prawirawidjaya merupakan presiden direktur perusahaan Ultrajaya Milk Industry Tbk yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Gak cuma itu aja, Sabana juga menduduki posisi sebagai presiden komisaris PT Campina Ice Cream Industry Tbk.

Jika melihat kesuksesan dua perusahaan yang dikelolanya, wajar kalau Sabana Prawirawidjaya memiliki banyak kekayaan.

9. Soegiarto Adikoesoemo – 80 tahun

Soegiarto Adikoesoemo salah satu orang yang masuk dalam orang terkaya versi Forbes, (Forbes).

Dalam daftar yang dirilis Forbes pada kategori Indonesia’s 50 Richest, nama Soegiarto Adikoesoemo bertengger di posisi 39 dengan total kekayaan mencapai US$ 780 juta atau sekitar Rp 11 triliun di usia 80 tahun.

Soegiarto Adikoesoemo sendiri merupakan pendiri AKR Corporindo yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi minyak bumi, layanan logistik dan manufaktur bahan kimia.

Baca juga: Jumlah Harta Merosot, Deretan Miliarder Ini Masih dalam Daftar Orang Terkaya di Dunia

Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1960 dan tetap berjaya hingga kini. Bahkan pada November 2016, AKR Corporindo bekerja sama dengan perusahaan minyak dan gas Inggris yaitu BP berencana akan meluncurkan usaha patungan bahan bakar penerbangan.

8. Boenjamin Setiawan – 85 tahun

Boenjamin Setiawan salah satu orang kaya di Indonesia, (Forbes).

Masuk 10 besar daftar orang terkaya di Indonesia, Boenjamin Setiawan yang kini berusia 85 tahun memiliki total kekayaan hingga US$ 3,2 miliar atau sekitar Rp 45 triliun menurut Forbes.

Kekayaan yang diperoleh oleh Boenjamin berasal dari perusahaan farmasi yang ia dirikan bersama lima saudaranya pada tahun 1966. Kini, perusahaan yang bernama Kalbe Farma itu menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia.

7. Ciputra – 87 tahun

Ciputra salah satu orang terkaya di Indonesia dengan bisnisnya yang menjamur, (Forbes).

Dengan total kekayaan mencapai US$ 1,2 miliar yang jika di Rupiahkan mencapai Rp 17 triliun, Ciputra berada di posisi 27 dalam kategori Indonesia’s 50 Richest versi Forbes.

Di usia 87 tahun, Ciputra sukses menjadi pengembang real estate di Indonesia yaitu menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan proyek di 33 kota.

Gak cuma itu aja, Ciputra juga mendirikan Museum Ciputra Artpreneur dengan memamerkan koleksi seninya sejak tahun 2014 di Jakarta.

6. Achmad Hamami – 88 tahun

Achmad Hamami merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes, (Forbes).

Achmad Hamami di usianya yang sudah mencapai 88 tahun memiliki kekayaan hingga US$ 725 juta atau setara dengan Rp 10 triliun versi Forbes.

Orang terkaya di Indonesia yang berada di posisi 42 dalam daftar Indonesia’s 50 Richest ini memiliki Trakindo Utama yaitu distributor Caterpillar di Indonesia. Gak cuma itu, ia juga merupakan pemilik restoran burger Carl’s Jr. dan supermarket LOKA.

5. Mochtar Riady – 89 tahun

Mochtar Riady salah satu orang terkaya di Indonesia dalam versi majalah Forbes, (Forbes).

Dengan total kekayaan mencapai US$ 2,3 miliar atau sekitar Rp 32 triliun, Mochtar Riady yang sudah berusia 89 tahun ini berada di posisi 12 dalam jajaran Indonesia’s 50 Richest versi Forbes.

Mochtar Riady merupakan pendiri Lippo Group yang kini dikelola oleh dua putranya yaitu James dan Stephen.

Mengawali bisnis dengan membuka toko sepeda di usia 22 tahun, kini Lippo Group merupakan salah satu perusahaan yang sangat berkembang di Indonesia dengan lini bisnis yaitu real estate, ritel, layanan kesehatan, media serta pendidikan.

4. Kartini Muljadi – 89 tahun

Kartini Muljadi salah satu orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes, (Forbes).

Di usia yang sama dengan Mochtar Riady yaitu 89 tahun, Kartini Muljani menjadi satu-satu wanita terkaya di Indonesia yang tertua.

Kartini Muljani yang memiliki kekayaan mencapai US$ 610 juta atau sekitar Rp 8,6 triliun versi Forbes ini merupakan pemilik Grup Tempo yaitu salah satu perusahaan terbesar yang memproduksi obat-obatan.

3. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono – 90 tahun

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono merupakan orang terkaya di Indonesia, (Forbes).

Dalam daftar Indonesia’s 50 Richest 2018 versi Forbes, nama Lim Hariyanto Wijaya Sarwono berada di posisi 33 tahun sebagai orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sebesar US$ 910 juta atau setara dengan Rp 13 triliun di usia 90 tahun.

Lim sendiri merupakan pemilik dari PT Bumitama Agri yang berlokasi di Singapura yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan nikel, tambang bauksit serta perkebunan kelapa sawit.

2. Harjo Sutanto – 92 tahun

Harjo Sutanto merupakan orang terkaya di Indonesia di usianya yang menginjak 92 tahun, (Profilbos.com).

Di usianya yang menginjak 92 tahun, Harjo Sutanto memiliki total kekayaan mencapai US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun menurut Forbes.

Memulai usaha pintu ke pintu lebih dari 60 tahun di Jawa Timur. Kini perusahaan yang didirikan yaitu Wings menjadi salah satu produsen sabun dan barang-barang rumah tangga terbesar di Indonesia. Gak cuma itu aja, ia juga memiliki waralaba Indonesia buat pengecer Jepang yaitu FamilyMart.

1. Eka Tjipta Widjaja – 95 tahun

Eka Tjipta Widjaja salah satu orang terkaya di Indonesia yang usianya udah 95 tahun, (Forbes).

Berada di posisi tiga dalam daftar Indonesia’s 50 Richest 2018 versi Forbes, Eka Tjipta Widjaja yang berusia 95 tahun memiliki harta kekayaan hingga US$ 8,6 miliar atau sekitar Rp 125 triliun.

Eka Tjipta Widjaja itu sendiri merupakan seorang pengusaha sekaligus pendiri Sinar Mas yang bergerak di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis dan juga telekomunikasi. Tak hanya itu, ia juga pendiri Eka Tjipta Foundation.

Nah, itu dia 10 orang terkaya di Indonesia paling tua yang masuk dalam daftar Indonesia’s 50 Richest 2018 versi Forbes. Jika menilik perjalanan bisnis yang mereka kelola, gak sedikit dari mereka yang mengawalinya dari 0 nol lho. Tapi berkat kerja keras dan perjuangannya, mereka berhasil menjadi orang paling tajir di Indonesia dengan kekayaan yang sangat fantastis. (Editor: Mahardian Prawira)