10 Rumah Kayu di Dunia yang Harganya Dijamin Bikin Melongo

Rumah kayu yang mungkin terlihat rapuh nyatanya mampu bikin rekor harga yang mencengangkan lho! Bahkan bisa lebih mahal dari rumah-rumah gedong di Indonesia. Bagaimana bisa? Bukannya rumah kaya gitu murah dan mudah dibuat? 

Nah kamu pasti mikirnya rumah pohon yang sering ada di film-film anak-anak ya? Kalau rumah pohon itu memang murah dan mudah untuk dibuatnya. Apalagi cuma berukuran kecil untuk bermain anak-anak. 

Pilihan rumah kayu modern dengan model terkini

Yang kita bagikan kali ini bukan contoh rumah pohon kaleng-kaleng, melainkan rumah kayu yang sesungguhnya dan dibanderol dengan harga sampai miliaran rupiah. Penasaran? Langsung aja simak 10 rumah kayu modern super mahal berikut ini! 

1. Feider’s Interior Canopy

Rumah kayu
Feider’s Interior Canopy (theguardian)

Feider’s Interior Canopy Treehouse bukan rumah kayu biasa. Rumah ini berdiri di atas pohon dengan bentuk mirip lampion tetapi bundar. Buat naik ke atas, kamu perlu menaiki tangga kayu yang dibentangkan ke bawah pohon.

Bangunannya sendiri dibangun dengan kabel baja yang kuat. Plus, tutup rumah tersebut cukup transparan sehingga lampu yang ada di dalam terlihat seperti lampion bila dilihat dari luar.

Oh ya, harga rumah ini ditaksir sekitar US$ 18,8 ribu atau setara Rp 270 juta.

2. The Monstro II

rumah kayu mungil
The Monstro II (danielswoodland)

Rumah kayu yang didirikan oleh perusahaan Daniels Wood Land Inc. ini terlihat seperti rumah pohon dari kayu biasanya. Namun, harganya mencapai US$ 40 ribu atau sekitar Rp 574 juta.

Kalau di sini dapat satu rumah di kawasan Depok tuh.

Yang bikin rumah ini spesial adalah desain yang emang disukai oleh anak-anak. Misalnya, terdapat bangku beruang, rumah burung kecil, dan ornamen lucu lainnya. Selain itu, rumah tersebut menggunakan kayu yang kokoh.

3. Free Spirit Sphere

kumpulan rumah kayu sederhana
Free Spirit Sphere (freespiritspheres.com)

Free Spirit Sphere berada di Kanada. Rumah tersebut berbentuk seperti bola yang terbentuk dari kaca fiber dipadu dengan kayu-kayuan.

Nah, rumah berbentuk bola tersebut digantungkan menggunakan kabel tipis dan bisa kamu masuki menggunakan tangga.

Rumah kayu ini ditaksir sekitar US$ 44,7 ribu atau sekitar Rp 642 juta.

Oh iya, rumah tersebut bisa banget kamu sambangi karena emang dirancang sebagai tempat wisata. Dijamin bakal mempercantik feed Instagram kamu deh.

4. Treetent

rumah kayu termahal
TREETENT (trendhunter)

Rumah kayu ini sebenarnya adalah hadiah dari David Beckham buat anak-anaknya.

Rumah pohon ini gak sepenuhnya menggunakan bahan kayu, tetapi lebih dominan kain. Bentuknya menyerupai tenda kemah namun berbentuk seperti buah alpukat.

Di dalamnya terdapat lantai kayu dan matras. Rumah pohon tersebut bisa menampung dua orang dewasa atau tiga anak-anak buat tidur.

Dirancang oleh desainer sekaligus pemahat asal Belanda bernama Dre Wapenaar, rumah tersebut bernilai US$ 50 ribu atau sekitar Rp 718 juta.

5. Cedar Spire

rumah kayu modern
Ceder Spire (pinterest)

Cedar Spire berada di Skotlandia. Rumah ini hampir seperti yang ada dongeng-dongeng. Rumah tersebut berbentuk seperti istana dengan warna cokelat yang dominan.

Rumah kayu ini dibangun dengan fondasi baja dengan kedalaman dua meter. Rumahnya sendiri berdiri kokoh dengan ketinggian 45 kaki.

Terdapat beranda dan jendela-jendela kaca yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah.

Rumah pohon ini ditaksir sekitar harga US$ 93,6 ribu atau setara Rp 1,3 miliar. Fantastis!

6. Tree House and Cable Bridge

rumah kayu unik dan cantik
Tree House and Cable Bridge (alux)

Rumah pohon ini didesain oleh Anthony Wilder. Karena bentuknya seperti rumah biasa, pohon tersebut cocok banget ditempati oleh satu keluarga kecil.

Didominasi warna putih dengan atap mengerucut, rumah kayu tersebut dibangun di atas pohon dengan jembatan tali sebagai gerbang masuknya.

Di dalam rumah tersebut udah tersedia listrik, sound-system dan bahkan koneksi Internet.

Minat sama rumah yang berada di Virginia, Amerika Serikat ini? Kamu mesti rogoh kocek sekitar US$ 250 ribu atau kira-kira Rp 3,5 miliar.

7. Microcube

rumah kayu minimalis modern
Microcube (pinterest)

Microcube adalah rumah kayu yang futuristik abis. Dibangun di atas pohon, Microcube menggunakan material dinding dan langit-langit berbahan kaca. Berbentuk kubus, rumah pohon ini terlihat cukup kecil dari luar namun ternyata punya beberapa ruangan di dalamnya.

Ada ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan teras di atapnya.

Gak salah kalau harga rumah yang berdiri di tengah-tengah batang kayu ini dibanderol fantastis. Kamu perlu keluarkan uang sebanyak US$ 377,3 ribu atau setara Rp 5,4 miliar buat memilikinya.

8. Everybody’s Tree House

model rumah kayu panggung
Everybody’s Tree House (citybeat)

Jika rumah yang disebutkan sebelumnya benar-benar futuristik, maka rumah yang satu ini benaran rumah kayu biasa yang vintage abis. Everybody’s Tree House didesain oleh Bill Allen.

Meski tampilannya biasa aja, namun ternyata harganya mencapai US$ 450 ribu atau setara Rp 6,4 miliar.

Apa yang bikin rumah kayu ini beda? Rumah yang berada di Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat tersebut didesain buat anak-anak penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Biasanya mereka gak bisa menikmati rumah pohon, namun itu berlaku buat rumah pohon yang satu ini. Keren deh ide pembuatan rumah ini!

9. Modular Tree House

rumah kayu termahal di dunia
Modular Tree House (treehugger)

Nah, kalau rumah pohon satu ini lebih mirip pesawat UFO yang sedang singgah ke bumi. Didesain oleh Simon Mitchell, 70 persen bahan rumah pohon tersebut berasal dari bahan-bahan daur ulang.

Dibangun di atas pohon, si desainer bilang kalau konsep rumah tersebut emang pengin menyatukan manusia dengan alam.

Jadilah rumah bernama Modular Tree House tersebut didirikan dengan dana mencapai US$ 1,9 juta atau sekitar Rp 27 miliar.

10. Alnwick Garden

harga rumah kayu minimalis
Alnwick Garden (pinterest)

Harga rumah bernama Alnwick Garden ini bahkan melebihi harta kekayaan Setnov yang digadang-gadang mencapai Rp80 miliar. Rumah tersebut memiliki luas 6.000 kaki persegi atau sekitar 500 meter persegi.

Penampakan rumah Alnwick Garden ini dipublikasikan pada bulan Januari 2005 silam.

Fasilitasnya di dalamnya benar-benar lengkap. Rumah yang dibangun oleh The Treehouse.co atas permintaan pangeran dan putri asal Northumberland, Inggris tersebut ditaksir berharga US$7 juta atau sekitar Rp100 miliar. Wah, setaralah sama rumah SBY di Kuningan ya.

Rumah kayu termahal di dunia ini dibuat dari material kayu merah Skandinavia, kayu aras Kanada, dan pinus asal Inggris dan Skotlandia. Terdapat ruang makan pribadi, toko retail, dan restoran dengan 120 kursi.

Berminat buat melihat penampakan asli rumah kayu yang udah disebutkan di artikel ini? Yang jelas kamu harus punya dompet tebal buat bisa itu. Apa kamu berminat untuk membuat rumah kamu sendiri? Kalau iya ketahui dulu beberapa kelebihan dan kekurangannya memiliki rumah bermaterialkan kayu. 

Kelebihan memiliki rumah kayu 

1. Hemat energi 

Ya rumah kayu ternyata lebih hemat energi ketimbang rumah berbahan dasar beton atau bata. Hal ini karena sifat kayu yang berfungsi sebagai isolator alami, baik dari cuaca dingin maupun cuaca panas. 

Artinya, kamu gak perlu repot-repot lagi nambah AC di dalam rumah, karena cuaca panas di luar tidak akan bisa masuk ke dalam ruangan. Jadi lebih irit listrik kan? 

2. Tahan gempa 

Sudah sejak berabad-abad lalu, masyarakat tradisional di Jepang yang terkenal akan daerah rawan gempa, menggunakan kayu dan bambu sebagai material rumah mereka. Hal ini karena kayu memiliki elastisitas tinggi dan mampu menyerap getaran akibat gempa. 

3. Ramah lingkungan 

Selain hemat energi, rumah kayu juga dinilai sebagai bangunan yang ramah lingkungan. Kenapa bisa? Karena kayu sendiri memiliki kemampuan untuk menyerap gas karbon dioksida. Kemampuan ini sangat tepat untuk mengatasi permasalahan seperti polusi udara. 

4. Lebih terlihat elegan 

Dari segi tampilan, tentu rumah kayu lebih terlihat elegan dan sederhana, dibandingkan rumah yang terbuat dari beton. Warna coklat alami dari kayu membuat rumah terlihat cantik, dan tidak terlalu mencolok.

Kerugian memiliki rumah kayu 

1. Mudah terbakar 

Kayu merupakan material yang terdiri dari karbon dan hidrogen. Karena kandungannya itulah kayu tergolong sebagai material yang mudah terbakar. Oleh sebabnya kamu kudu hati-hati menaruh kompor atau benda-benda lain yang mudah terbakar di dalam rumah. 

Sangat tidak disarankan memiliki hunian berbahan kayu di perkotaan tropis. Cocoknya lebih di tempat-tempat dataran tinggi dengan cuaca yang dingin. 

2. Tidak tahan air 

Selain gak tahan api, kayu juga tidak tahan dengan air. Jadi jangan nekat untuk bangun rumah kayu kalau daerah rumah kamu rawan banjir! 

Contoh rumah kayu unik dan cantik 

Kalau 10 rumah berbahan kayu yang telah ditampilkan di atas harganya sangat mahal, mungkin kamu bisa lihat referensi rumah kayu sederhana berikut ini. 

rumah kayu 1

rumah kayu 2

rumah kayu pantai

Semoga saja artikel ini bisa memberikan referensi hunian berbahan kayu untuk kamu. Tapi perlu diingat, sebelum kamu memutuskan untuk membuat rumah kayu, pastikan dulu kalau lingkungan kamu mendukung, salah satunya tidak rawan banjir.