10 Wanita Terkaya di Dunia 2018, Hartanya Sampai Ratusan Triliun!

wanita terkaya di dunia

Untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April nanti, yuk cari tahu siapa aja sih 10 wanita terkaya di dunia tahun ini. Baru-baru ini majalah ekonomi terkenal, Forbes, merilis datanya.

Sayangnya, di daftar ini gak ada wanita asal Indonesia. Tapi gak apa-apa. Mungkin aja tahun depan ada yang masuk.

Biar seru, kita bakal bahas yang urutan 10 dulu ya.

10. Charlene de Carvalho-Heineken

wanita terkaya di dunia
Charlene Heineken (Liputan 6)

Charlene adalah putri Freddy Heineken, seorang pengusaha keturunan Belanda yang udah wafat pada 2002 silam. Dari nama belakangnya aja kamu tahu dong dia pengusaha di bidang apa? Yap, ayahnya adalah pendiri perusahaan bir merek Heineken.

Saat ini, dia menguasai 23 persen saham Heineken dan menjabat sebagai Direktur Utama sepeninggal ayahnya.

Kekayaan ibu dari lima anak dikabarkan mencapai US$ 15,8 miliar atau setara dengan Rp 217 triliun. Selain jadi bos Heineken, suami Charlene ternyata juga orang tajir. Dia adalah Michael de Carvalho, seorang direktur di Citigroup.

Salah satu fakta yang wajib kamu ketahui adalah keluarga Heineken itu emang udah aktif di bisnis peracikan miras sejak lama. Kakek buyut Charlene, Gerard Adriaan Heineken, udah menjalankan bisnis ini di Amsterdam sejak 150 tahun yang lalu.

9. Abigail Johnson

wanita terkaya di dunia
Abigail Johnson (Liputan 6)

Wanita keahiran 1961 ini adalah Presiden dan CEO dari Fidelity Investment, sebuah perusahaan investasi yang terkenal banget di Negeri Paman Sam alias Amerika.

Perusahaan itu didirikan oleh kakeknya, Edward Johnson II, pada 1946.

Pada tahun 2014, dia menggantikan ayahnya, Edward C. Ned Johnson III. Keluarga Johnson masih menguasai 49 persen saham di perusahaan tersebut, sedangkan Abigail memegang 24,5 persennya.

Total kekayaan wanita ini mencapai US$ 15,9 miliar atau setara dengan Rp 218 triliun.

Kalau diperhatikan, Abigail Johnson ini mirip-mirip Warren Buffet karena jadi tajir akibat saham. Kalau di Indonesia mungkin kayak Hary Tanoe kali ya.

[Baca: Mengenal Jeff Bezos, Orang Terkaya di Dunia yang Menggeser Bill Gates]

8. Iris Fontbona

wanita terkaya di dunia
Iris Fontbona (Pinterest)

Wanita asal Chile ini adalah janda dari Andronico Luksic, seorang taipan pendiri Antofagasta PLC, sebuah perusahaan pertambangan besar yang juga melantai di bursa saham London. Luksic wafat pada 2013 dan mewariskan perusahaan ini pada istri dan anaknya.

Dengan kekayaan sebesar US$ 16,3 miliar atau Rp 224 triliun, Fontbona menduduki posisi delapan sebagai wanita terkaya di dunia. Dia juga sempat masuk ke jajaran lima besar orang terkaya di Amerika Latin pada 2016, dan menjadi orang terkaya di Chile sejak 2017.

Selain pertambangan, perempuan berusia 75 tahun itu juga menguasai saham terbesar di Quiñenco, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi, miras, dan manufaktur. Dan asal kamu tahu, dulunya Quiñenco juga dipimpin oleh mantan suaminya lho.

7. Gina Rinehart

wanita terkaya di dunia
Gina Rinehart (Okezone)

Pengusaha di bidang pertambangan ini berhasil menduduki peringkat tujuh wanita terkaya di dunia tahun 2018 lewat perusahaan yang didirikan ayahnya Hancock Prospecting. Dialah Gina Rinehart.

Wanita kelahiran Perth, Australia ini rela meninggalkan sekolah karena pengin membantu sang ayah yang sedang berjuang menghadapi ancaman kebangkrutan.

Kamu harus tahu nih, dulu Hancock Prospecting lagi di terjang badai. Namun berkat seorang Gina Rinehart, perusahaan itu perlahan jadi yang tersukses di Negeri Kanguru.

Keberuntungan Gina Rinehart terjadi pada tahun 2000. Ketika itu harga besi baja tiba-tiba meroket. Wanita ini pun mendadak tajir.

Saat ini kekayaannya ada di angka US$ 17,4 miliar atau setara Rp 239 triliun.

6. Laurene Powell Jobs

wanita terkaya di dunia
Laurene Powell Jobs (Viva)

Siapakah Laurene Powell Jobs? Coba lihat nama belakangnya dulu deh, pasti kamu langsung familiar.

Ya, dia adalah janda dari Steve Jobs, sang co-founder Apple. Saat ini, dia menjabat sebagai President Emerson Collective, lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pendidikan.

Laurene mewarisi kekayaan dari sang suami. Saat ini, dia total kekayaan wanita berusia 54 tahun ini mencapai US$ 18,8 miliar atau setara Rp 258 triliun.

Pada Juli 2017, Laurene yang menduduki peringkat enam wanita terkaya di dunia ini membeli saham mayoritas Majalah Atlantic. Selain itu, Laurene juga sempat menguasai saham mayoritas di Disney.   

[Baca: 5 Orang Terkaya di Dunia 2017 Ternyata Gak Naik Mobil Mewah]

5. Yang Huiyan

wanita terkaya di dunia
Yang Huiyan (Liputan 6)

Sebagian besar dari kamu pasti udah pernah baca kisah beliau di situs ini. Yang adalah wanita terkaya di China. Dia juga merupakan miliarder termuda di Negeri Panda tersebut.

Wanita kelahiran 1981 silam ini adalah pemilik sekaligus pendiri dari raksasa properti Country Garden Holdings.

Total kekayaan yang dimiliki wanita terkaya di dunia urutan ke lima ini adalah US$ 21,9 miliar atau setara dengan Rp 301 triliun.

Yang menarik, dia gak lahir dari keluarga yang mapan lho. Ketika remaja, Yang sempat sulit membayar uang sekolah karena ayahnya cuma kuli bangunan.

4. Jacqueline Mars

wanita terkaya di dunia
Jacqueline Mars (Liputan 6)

Kalau keenam wanita di atas tajir berkat investasi, properti, pertambangan, dan miras, maka wanita terkaya di dunia nomor empat ini jadi kaya karena permen. Dia adalah Jacqueline Mars, cucu dari Frank Mars, pendiri perusahaan Mars Incorporated.

Kekayaan wanita kelahiran 1978 ini mencapai US$ 23,6 miliar alias setara dengan Rp 324 triliun. Jacqueline Mars juga tercatat sebagai orang terkaya di Amerika Serikat urutan ke 17.

Ibu dari tiga orang anak ini udah mengabdi di perusahaan itu selama 20 tahun. Pada September 2017, dia mengakuisisi VAC, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perawatan hewan peliharaan dengan nilai US$ 7,7 miliar.

3. Susanne Klatten

wanita terkaya di dunia
Susanne Klatten (Liputan 6)

Sussane Klatten adalah seorang warga Jerman yang tinggal di Hamburg. Selain masuk ke urutan 10 wanita terkaya dunia, dia adalah wanita terkaya di Jerman.

Sussane Klatten menguasai 19,2 persen saham di BMW. Hubungannya dengan BMW juga tak sebatas itu. Susanne adalah putri dari istri ketiga Herbert Quandt, orang yang telah berjasa menyukseskan penjualan BMW.

Dia juga pemilik perusahaan kimia bernama Altana. Konon kabarnya, laba yang dihasilkan Altana per tahun mencapai US$ 2,5 miliar. Perempuan kelahiran 1962 ini juga memiliki saham di Nordex AG, Geohormus, dan SGL Groups.

Dari sumber uang itu, Klatten bisa mengumpulkan uang hingga US$ 25 miliar atau Rp 343 triliun.

[Baca: 6 Tips Sukses Berbisnis dari Orang Terkaya di Dunia No. 1]

2. Francoise Bettencourt Meyer

wanita terkaya di dunia
Francoise Bettencourt Meyer (Time)

Kalau yang urutan ketiga punya kekayaan US$ 25 miliar, nah urutan kedua ini ternyata jauh lebih besar, yaitu US$ 42,2 miliar atau Rp 580 triliun.

Dia adalah Francoise Bettencourt Meyer, pemilik L’Oreal. Tahu kan sama produk perawatan  kecantikan ini? Atau malah kamu pernah pakai?

L’Oreal adalah perusahaan keluarga. Francoise mulai memimpin perusahaan ini pada 2017 usai ibunya, Lilian Bettencourt, mangkat. Cucu dari pendiri L’Oreal berusia 64 tahun ini juga menjadi perempuan terkaya di Eropa.

Saat ini, keluarganya menguasai 33 persen saham L’Oreal. Selain aktif sebagai bos perusahaan, Francoise Bettencourt Meyer juga aktif menulis. Salah satu buku karyanya menceritakan tentang mitologi dewa Yunani.

1. Alice Walton

wanita terkaya di dunia
Alice Walton (Liputan 6)

Jeng jeng, akhirnya… ini dia wanita terkaya di dunia tahun 2018, Alice Walton. Bu Walton ini adalah putri dari mendiang Sam Walton, pendiri Walmart.

Jumlah kekayaan Alice Walton saat ini mencapai US$ 46 miliar atau setara Rp 632 triliun. Sebenarnya nih, posisi orang terkaya di dunia itu kerap diperebutkan antara Walton dan Bettencourt. Ketika Lilian Bettencourt meninggal dunia, Alice Walton langsung naik ke peringkat pertama.

Alice Walton ini sebetulnya gak terlalu aktif ngurusin Walmart lho. Dia malah lebih aktif di dunia sosial dan seni. Di tahun 2011 misalnya, dia mendirikan museum Crystal Bridges yang berisi karya-karya dari Andy Warhol, Norman Rockwell, dan Rothko.

Lalu satu lagi fakta tentang Alice Walton yang harus kamu ketahui adalah, dia mengendarai mobil sederhana. Mobilnya adalah Ford F-150 King Ranch double cabin lansiran 2006, yang dulu dijual seharga Rp 500 jutaan aja.

Menurut kabar di media, Sam Walton juga kerap mengendarai mobil yang sama namun keluaran 1979. Dan mobil bernuansa koboi itu jadi mobil operasional Sam hingga meninggal dunia.

Wanita terkaya di dunia mana yang jadi inspirasimu?

Itulah 10 wanita terkaya di dunia 2018 versi Forbes. Kalau dipikir-pikir sebagian besar dari mereka kaya karena mewarisi sebuah perusahaan besar milik keluarga atau sang suami.

Tapi percaya deh, tugas mereka buat menjaga reputasi perusahaan dan status sebagai wanita terkaya juga gak mudah. Mereka harus bekerja keras buat hal itu.

Nah, ngomong-ngomong, dari 10 di antara wanita terkaya di dunia ini, mana nih yang jadi inspirasi sekaligus jagoan kamu? Share dong ke Lifepal.