11 Jenis Olahraga Ini Bikin Tajir para Atletnya, Adakah Favorit Kamu?

American Footbal Salah Satu Jenis Olahraga yang Bikin Atletnya Kaya Raya (Shutterstock).

American Footbal Salah Satu Jenis Olahraga yang Bikin Atletnya Kaya Raya (Shutterstock).

Gak jarang kita mendengar istilah, “atlet dengan bayaran termahal,” dan hal ini merupakan sebuah fakta bahwa beberapa jenis olahraga yang ada di dunia ini memang bikin atletnya jadi tajir.

Dompet sehat badan juga sehat, mungkin itulah impian dari kita semua. Tentunya dengan memiliki dua hal ini, kita bisa melakukan apa saja.

Mau traveling keliling dunia, mau bisnis, atau mau pensiun muda pun bisa. 

Kira-kira apa saja ya jenis olahraga yang bisa bikin atletnya tajir? Gimana kalau kita cari tahu di bawah sini.

1. Cricket

jenis olahraga
Cricket (Instagram).

Jenis olahraga yang satu ini mungkin gak banyak diketahui oleh banyak orang di dunia, termasuk di Amerika Serikat.

Tapi jangan salah, penggemar olahraga ini cukup banyak. Mereka pun menganggap cricket sebagai olahraga yang cukup menghibur.

India mungkin jadi salah satu negara yang penduduknya menggemari olahraga ini. Atlet Cricket asal Negeri Bollywood, Virat Kohli, bahkan disinyalir mengantongi US$ 25 juta atau setara dengan Rp 352 miliar.

Kohli sendiri adalah atlet dengan bayaran termahal versi Forbes, urutan ke 100.

2. Hockey

jenis olahraga
Hockey (Instagram).

Di Amerika Serikat, olahraga ini masuk dalam empat besar olahraga terfavorit di Amerika Serikat. NHL adalah salah satu liga yang menaungi olahraga ini.

Gak cuma populer di Negeri Paman Sam lho, melainkan juga di Kanada.

Forbes sendiri mencatat banyak sekali atlet terkaya yang berasal dari olahraga ini. Sebut saja seperti Carey Price, Alexander Ovechkin, Sidney Crosby, dan lainnya.

3. Otomotif

jenis olahraga
Olahraga otomotif (Instagram).

Kalau di Indonesia, olahraga ini mungkin jadi hobinya orang tajir. Sebut saja seperti Tommy Soeharto, Irwan Mussry, H. Issam, Ricardo Gelael, dan pengusaha top lainnya.

Memang benar bahwa Formula 1 adalah ajang balap paling bergengsi di planet bumi yang sudah membuat atlet-atletnya tajir. Sebut saja seperti Lewis Hamilton yang mengantongi kekayaan US$ 489 juta atau Rp 6 triliunan.

Semoga saja di masa depan, pebalap-pebalap Indonesia seperti Rio Haryanto, Sean Gelael dan lainnya bisa jadi tajir seperti pembalap F1 kelas dunia!

4. Golf

jenis olahraga
Golf

Ini juga merupakan olahraga favoritnya crazy rich atau bos-bos perusahaan besar. Wajar saja, peralatannya sendiri sudah mahal, belum lagi sewa lapangannya.

Sembari main golf, biasanya nih mereka bisa melakukan lobby atau deal terhadap suatu proyek. 

Untuk jenis olahraga yang satu ini, nama Tiger Woods tampaknya gak asing di telingamu. Pemain golf berkulit hitam yang penuh kontroversial ini, juga disinyalir mengantongi kekayaan yang luar biasa besar yaitu US$ 800 juta atau Rp 11 triliun menurut Forbes.

5. Tenis

jenis olahraga
Olahraga Tenis (Instagram).

Sama-sama pakai raket, tapi tennis tentunya berbeda dengan badminton karena tenis menggunakan bola. 

Olahraga bergengsi ini juga telah melahirkan banyak miliuner dunia. Sebut saja seperti Roger Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic, dan lainnya.

Nama Para petenis internasional itu bahkan dijadikan sebuah tribute oleh sebuah jam tangan mewah. Sebut saja seperti Richard Mille yang harga per-unitnya bisa miliaran Rupiah.

6. Basket

jenis olahraga
Basketball (Instagram).

Sayangnya, kepopuleran basket di Indonesia memang gak seperti di Amerika yang bisa dibilang sangat menjanjikan untuk karier. Olahraga ini pun menjadi salah satu olahraga terfavorit di Amerika Serikat.

Michael Jordan bukan satu-satunya atlet dengan bayaran termahal yang berasal dari olahraga ini. Ada Lebron James, Shaquille O’neal, Kobe Bryant, dan lain-lain.

Penghasilan mereka pun gak hanya berasal dari olahraga saja, melainkan dari royalti endorsement!

Tapi khusus bagi Jordan, dia bisa cari cuan lain dan jadi tajir gara-gara saham klub basket. 

7. Tinju

jenis olahraga
Tinju (Instagram).

Di tahun 2018, atlet dengan bayaran termahal di sejagad berasal dari olahraga ini. Siapa lagi kalau bukan Floyd Mayweather Jr, yang memegang rekor tak terkalahkan.

Namun sekarang, posisi Mayweather telah diisi oleh Saul Canelo Alvarez. Akan tetapi, Alvarez tampaknya gak berhasil menempati posisi pertama.

Bicara soal tinju, olahraga ini juga merupakan olahraga ikonik yang melahirkan atlet-atlet legendaris yang inspiratif. Sebut saja seperti Muhammad Ali, Mike Tyson, Lennox Lewis, Shannon Briggs, Oscar De La Hoya, dan lainnya.

Bayaran para petinju yang bertarung di ring itu gak main-main lho!

8. MMA

jenis olahraga
MMA (Instagram).

Beladiri campuran atau Mix Martial Art (MMA) juga menjadi salah satu jenis olahraga yang bikin tajir. Conor McGregor memang pernah menduduki posisi 10 besar atlet dengan bayaran termahal, meski saat ini turun ke posisi 29.

Olahraga ini sejatinya mulai booming di tahun 2000 lewat Ultimate Fighting Championship (UFC), bersamaan dengan itu di Indonesia pun hadir TPI Fighting Championship. Namun saat ini, seiring dengan berjalannya waktu, MMA pun jadi makin populer. 

Gak dipungkiri bahwa meski penuh kontroversi, McGregor mungkin bisa diakui sebagai salah satu figur yang membuat olahraga ini jadi populer.

9. American Football

jenis olahraga
American Football (Instagram).

Selanjutnya adalah American Football dengan ajangnya yaitu Super Bowl yang sanggup menghasilkan jutaan Dollar lewat iklan. Olahraga ini gak pernah sepi penonton.

Sama seperti basket atau hockey, olahraga ini juga menjadi salah satu yang digemari warga Negeri Paman Sam.

Forbes mencatat bahwa Russel Wilson adalah pemain American Football terkaya, dengan total aset senilai US$ 79 juta atau Rp 1 triliunan.

10. Baseball

jenis olahraga
Baseball (Instagram).

Nah, baseball juga sama nih, bisa bikin tajir atletnya. Olahraga ini juga sangat populer di Amerika Serikat, bahkan budayanya pun cukup erat.

Kamu bisa melihat banyak sekali film-film bertajuk baseball di Hollywood. 

Nama Mike Trout mungkin jadi salah satu figur yang dinobatkan sebagai pemain baseball terkaya. Asetnya pun mencapai US$ 430 juta atau Rp 6 triliunan.

11. Sepakbola

jenis olahraga
Lionel Messi (Instagram).

Nah ini dia, yang sangat digemari oleh orang Indonesia dan banyak orang di penjuru dunia ini, Apalagi kalau bukan sepakbola.

Lionel Messi yang sejak awal kariernya bergabung di Barcelona FC, sekarang dinobatkan sebagai atlet terkaya sejagad.

Gimana gak tajir, wong gajinya saja setiap kali menang sudah US$ 92 juta atau Rp 1,2 triliun. Belum lagi penghasilan dari endorsementnya yang mencapai US$ 35 juta atau Rp 494 miliar.

Itulah deretan olahraga yang bisa bikin atletnya tajir melintir. Adakah diantaramu yang suka dengan 11 jenis olahraga ini? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis