13 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki

faktor keberhasilan wirausaha

Ada banyak faktor keberhasilan wirausaha yang wajib diketahui para entrepreneur. Tanpa mengetahui faktor-faktor tersebut, usaha bisa berpotensi bangkrut. 

Karena wirausaha adalah dunia yang dinamis, kamu gak bakal bisa sukses hanya dengan modal uang saja. Adaptasi, inovasi, dan tentunya sikap pengusaha itu sendiri perlu dipikirkan untuk meningkatkan daya jual usahamu. 

Banyak pengusaha yang gagal karena cuma bermodalkan uang saja. Mereka pikir, dengan banyak uang, bisa membuat usaha bakalan sukses. Padahal tidak semudah itu.

Perhatikan, ini adalah salah satu faktor yang bukan mendukung keberhasilan usaha, khususnya bagi seorang wirausaha yang bermodal banyak, tapi dia tidak punya kreativitas mengembangkan produknya.

Belum lagi ada risiko musibah kehilangan aset kendaraan yang bisa menimbulkan kerugian buat perusahaan. Kerugian yang mana seharusnya bisa diminimalkan dengan manfaat asuransi mobil.

Apa saja faktor pendukung keberhasilan wirausaha?

Gak usaha berlama-lama lagi, ini dia faktor keberhasilan wirausaha yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha.

1. Pengetahuan tentang kewirausahaan

Yang pertama adalah pengetahuan atau wawasan si pengusaha tentang kewirausahaan. Kewirausahaan adalah aktivitas dalam mendirikan usaha, mengkalkulasikan kebutuhan finansial, untuk mendapatkan keuntungan. 

Artinya, kamu harus punya pengetahuan tentang aktivitas-aktivitas bisnis, seperti misalnya, menghitung kas, alokasi modal, strategi pemasaran, dan lain-lainnya. Khususnya yang berkaitan dengan bidang bisnis yang sedang dijalani. 

Banyak sih orang yang gak memiliki faktor penentu tingkat keberhasilan usaha yang satu ini, tapi untuk menyiasatinya, mereka merekrut orang-orang yang andal dalam bisnis untuk bekerja sama. 

2. Keterampilan berwirausaha 

Setelah ada pengetahuan, faktor keberhasilan wirausaha yang perlu kamu miliki selanjutnya adalah bukti menerapkan pengetahuan tersebut.

Itulah yang disebut dengan keterampilan berwirausaha. Tanpa keterampilan, mungkin usahamu bakal flat, dan bisa berpotensi bangkrut dalam waktu yang singkat. 

3. Berani mengambil tindakan 

Keinginan untuk berwirausaha pasti banyak dimiliki orang, sayangnya hanya sedikit dari mereka yang berani bergerak.

Siapa sih yang gak pengin punya bisnis sendiri? Tapi, kalau cuma mikirin konsep doang dan gak ada tindakan ya gak bakal jalan-jalan itu bisnis. 

4. Berani ambil risiko 

Faktor keberhasilan wirausaha berikutnya adalah berani mengambil risiko. Selain tindakan, keberanian dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk juga menjadi kunci untuk sukses menjadi pengusaha.

Contohnya seperti Gojek. Dulu, mungkin masih banyak orang awam terhadap teknologi, apalagi untuk memesan alat transportasi. Dari kondisi tersebut, bisa saja Gojek bangkrut dengan waktu yang sangat cepat. 

Tapi ternyata, masyarakat malah menerimanya. Teknologi yang rumit bisa disederhanakan sedemikian rupa hingga justru memudahkan masyarakat untuk bepergian ke mana saja. 

5. Percaya diri 

Percaya terhadap diri sendiri juga menjadi faktor keberhasilan wirausaha. Wajar saja kamu harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, karena bisnis tersebut kamu yang membangun dan kamu yang menjalankan. 

Ketidakpercayaan terhadap diri sendiri bisa menghambat pengambilan setiap keputusan dalam berbisnis. 

6. Kreativitas 

Persaingan di dunia usaha sangatlah berat. Seorang pengusaha harus berhadapan dengan pengusaha lainnya dengan bidang usaha yang sama, bahkan terkadang dengan kualitas produk yang serupa pula. 

Kalau bersaing seperti itu mungkin kamu bakalan sulit mencapai kesuksesan. Oleh karenanya, perlu menggunakan kreativitas untuk menjadi beda dengan orang lain.

Menjadi beda dan unik sangat berpotensi untuk membuat bisnis tetap berkembang di tengah ketatnya persaingan. Inilah faktor penting yang akan menentukan tingkat keberhasilan sebuah wirausaha.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh Uniqlo, mereka hadir ketika bisnis retail tengah membludak.

Tapi mereka bisa bersaing, karena saat itu semuanya hanya berfokus pada pakaian, sementara Uniqlo mencoba hal baru dengan tidak melupakan produk seperti kaus kaki, topi, dan lainnya. 

Selain itu, harga produk-produk Uniqlo juga cukup terjangkau, sedikit lebih murah bila dibandingkan dengan retail lainnya seperti H&M dan Zara. 

7. Kecerdasan dalam wirausaha 

Menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah dan pasti membuahkan sukses. Di tengah jalan, kamu pasti bakal menemukan hambatan atau masalah yang bisa menjegal langkahmu.

Kalau tidak bisa menghadapinya, potensi menyerah di tengah jalan alias bangkrut bakalan bisa terjadi. 

Oleh sebabnya, kamu perlu cerdas dalam menjalankan bisnis. Cerdas mengatasi masalah yang ada dan cerdas menentukan setiap keputusan bisnis. 

8. Kemampuan kerja sama tim 

Faktor keberhasilan wirausaha tidak bisa ditentukan dari sang pemilik saja, tapi juga ke seluruh pihak yang terlibat, termasuk karyawan. Sebagai pemimpin, kamu harus mementingkan kerja sama tim, jangan egois. 

Mau bisnismu kecil atau besar, penting untuk melakukan kerja sama tim. Siapa tahu saja, pemikiran timmu bisa membawa dampak yang positif bagi bisnis ke depannya. 

9. Kesabaran 

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah kesabaran. Kamu harus sabar-sabar menghadapi berbagai masalah yang dihadapi.

Sabar menghadapi konsumen, sabar menghadapi klien, bahkan sabar menghadapi pemasukan yang terus menurun. 

10. Gigih 

Dagangan gak laku, gak balik modal, diomelin klien, kualitas menurun, pendapatan menurun, dan lain-lain adalah contoh sederet masalah yang bakal kamu hadapi sebagai pengusaha. Kalau gak kuat menghadapinya, bisa-bisa langsung angkat bendera putih. 

Kamu harus gigih menghadapi masalah tersebut karena semua pengusaha sukses juga pasti pernah memiliki masalah, bahkan lebih parah dari pada itu.

Gigih menghadapi masalah, gigih bekerja lebih keras, dan gigih menetaskan kreativitas adalah kuncinya.

11. Pengalaman 

Pengalaman juga bisa menjadi faktor keberhasilan wirausaha. Pengalaman bisa menjadi guru yang paling tepat untuk menentukan sesuatu dengan tepat. 

Contohnya adalah perjalanan sukses Wishnutama, sang pendiri NET TV. Sebelum mendirikan saluran televisi masa kini itu, ia bekerja belasan tahun di Trans TV. 

Berkat pengalamannya di Trans TV itu, ia berhasil mendirikan NET dan menjadikannya salah satu stasiun televisi terbesar dan diminati di Indonesia. 

12. Faktor koneksi 

Dalam dunia profesional, koneksi menjadi hal yang penting, bahkan bisa disebut sebagai penentu keberhasilan usaha.

Koneksi dengan sesama pengusaha, klien, dan bahkan sahabat sangat bermanfaat untuk bisnis. Dengan koneksi, kamu bisa berpotensi membangun bisnis lebih besar lagi. 

13. Faktor kepemimpinan 

Seorang pengusaha memiliki tanggung jawab terhadap nasib bisnis dan juga karyawan yang dimiliki. Mengatur bisnis dan bawahan secara berbarengan bukanlah hal mudah. Tapi, kamu bisa sukses kalau memiliki faktor kepemimpinan yang baik. 

Kepemimpinan bisa menuntut bisnis menuju arah yang diinginkan. Hati-hati juga, cara memimpin yang gak baik justru bisa bikin bisnis bangkrut. 

Kalau kamu masih punya kendala dengan cara menyusun anggaran usaha dan ingin tahu apa produk keuangan untuk melindungi keuangan dan aset perusahaan, konsultasikan saja di Tanya Lifepal.

Faktor kegagalan wirausaha 

Selain faktor keberhasilan wirausaha, sebuah peluang usaha ternyata juga bisa mengalami kegagalan karena beberapa faktor pada diri si Pelaku usaha.

Faktor utama yang bukan mendukung keberhasilan usaha adalah:

  • Tidak jujur dalam mengelola usaha.
  • Tidak kompeten sama sekali dalam bidang bisnisnya alias cuma modal nekat.
  • Tidak memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik.
  • Tidak sepenuhnya bersemangat dalam mengembangkan usaha.
  • Kurangnya keahlian manajemen sumber daya manusia yang baik.

Mengapa hal itu menjadi faktor kegagalan wirausaha? Karena keberhasilan dalam usaha tidak semata-mata didukung oleh keberuntungan, mengandalkan relasi sepanjang waktu, dan modal yang banyak.

Nyatanya, kamu perlu mengejar passion yang sesuai dengan barang/jasa yang dijual. Kamu juga perlu berkomitmen untuk mengembangkan jaringan dan tidak mudah menyerah saat menemui masalah.

Jangan kesampingkan rekan-rekan kerjamu juga. Terus membimbing mereka adalah cara efektif untuk menghindarkan faktor yang bukan mendukung keberhasilan usaha kita.

Mulailah usaha sendiri dari skala kecil dan terus kembangkan seiring waktu dengan terus meningkatkan kualitas barang dan layanan. Jangan abaikan juga tren konsumen yang berubah-ubah setiap waktu.

Mau penghasilan tambahan hingga Rp30 juta tiap bulan?

Usaha sudah lancar, tapi kamu tertarik untuk mencari tambahan penghasilan lagi? Boleh-boleh saja. Coba bergabung di tim pemasaran produk asuransi aja di Lifepal.

Di sini kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bernilai puluhan juta, bahkan dengan komitmen dan kerja sama tim yang bagus, kamu berpeluang meraih Rp30 juta per bulan.

Bagaimana caranya ya? Cari tahu aja selengkapnya di Mitra Lifepal.

Nah nanti saat keuntungan usahamu sudah stabil, jangan lupa diinvestasikan supaya aman dan bertambah juga. Apa instrumen investasi yang cocok dengan karaktermu?

Pada dasarnya, dunia bisnis bersifat dinamis, jadi kalau kamu diam-diam saja, gak bakal ada kemajuan.

Itulah 13 faktor keberhasilan wirausaha yang wajib kamu pahami saat memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha. Jangan abaikan juga faktor yang bukan mendukung keberhasilan usaha kamu karena ini adalah hal yang penting juga.

Dan terutama, jangan ragu untuk menempuh risiko untuk mengembangkan usaha dan jangan cepat patah arang saat mengalami kegagalan.

FAQ seputar faktor keberhasilan dan kegagalan wirausaha

Kenapa seorang pengusaha perlu bersikap kreatif?

Seorang pengusaha yang cerdas harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam menentukan kualitas produk. Persaingan yang ketat dengan kompetitor menyimpan risiko kegagalan yang terlalu tinggi.

Namun sambil terus mengembangkan kualitas barang yang dijual, pengusaha juga dituntut untuk bisa menciptakan produk yang unik sehingga menjadikannya menonjol di antara para pesaing.

Apa faktor pemicu kegagalan dalam wirausaha?

5 faktor yang bukan mendukung keberhasilan usaha adalah:

  • Tidak kompeten sama sekali dalam bidang bisnisnya alias cuma modal nekat.
  • Tidak sepenuhnya bersemangat dalam mengembangkan usaha.
  • Tidak jujur dalam mengelola usaha.
  • Tidak memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik.
  • Kurangnya keahlian manajemen sumber daya manusia yang baik.

Kenapa seorang pengusaha yang cerdas butuh perlindungan asuransi?

Tujuan dan manfaat asuransi adalah untuk menjamin seseorang dari membayar biaya-biaya tertentu yang mahal atau kerugian finansial lainnya.

Misalnya nasabah kehilangan mobil akibat dicuri. Dengan manfaat asuransi mobil, nasabah bisa dapat ganti rugi uang atau bahkan unit mobil baru.

Jangan sampai keuntungan usaha selama ini dan dana tabungan yang dijaga dengan baik malah ludes karena digunakan untuk membiayai tagihan besar yang sifatnya mendadak.

Apa perbedaan wirausaha dan wiraswasta?

Wirausaha adalah upaya menciptakan lapangan kerja mandiri untuk mengisi manajemen usaha baru yang dimulai dari nol dan umumnya dibangun dengan ide orisinal yang muncul dari inovasi dan kreativitas si pelaku bisnis.

Sedangkan wiraswasta adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menilai adanya peluang usaha dengan cara memanfaatkan produk-produk unggulan yang tersebar di pasaran untuk meraih keuntungan finansial.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →