20 Mal Terbesar di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

belanja keluarga

Mal dan hiburan sekarang jadi dua hal yang ga bisa dipisahkan. Mal ga hanya jadi tempat belanja, tapi juga bisa bikin fresh pikiran yang suntuk. Itu sebabnya mal jadi lokasi favorit warga buat berlibur.

Kalau kamu sedang merencanakan liburan ke suatu daerah, ga ada salahnya coba kunjungi mal terbesar di daerah itu. Hitung-hitung refreshing dan membandingkannya dengan mal yang ada di kotamu. Ini 20 mal terbesar di Indonesia yang bisa kamu kunjungi:

1. Hermes Palace Mall (Banda Aceh)

Hermes Palace Mall Banda Aceh
Hermes Palace Mall (Banda Aceh)

Hermes Palace Mall terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh. Mal ini gampang diakses dari mana-mana. Di sekitarnya banyak terdapat hotel dan rumah makan.

Toko yang menyewa tempat di mal ini beragam, baik berskala nasional maupun internasional. Di antaranya Matahari Dept. Store, Buccheri, Planet Surf, dan Optik Melawai. Mal ini juga punya fasilitas bermain anak yang luasnya sampai 2.000 meter persegi, namanya Hermes Happy Land.

2. Medan Mall (Medan)

Medan mall
Medan Mall, Medan

Meski banyak mal berdiri di Kota Medan, mal yang satu ini tetap jadi pilihan favorit warga Medan dan sekitarnya. Salah satu sebabnya adalah adanya Pusat Pasar yang terletak dekat dengan mal ini.

Jalan di sekitar mal ini cukup rawan macet karena berada di tengah kota. Jika mau datang ke mal ini, mending hindari jam pulang sekolah/pulang kerja biar ga kejebak macet.

3. Plaza Andalas (Padang)

Plaza Andalas Padang
Plaza Andalas, Padang

Gempa 2009 yang menerjang Kota Padang turut merusak mal terbesar di Kota Padang ini. Tapi pengelola mal langsung bikin proyek renovasi setahun kemudian dan mal ini kembali tegak berdiri.

Tapi Lippo Plaza rencananya juga akan dibangun di Padang. Jika jadi dibangun, Plaza Andalas pastinya kalah oleh Lippo Plaza yang menyajikan kawasan mal yang terhubung dengan hotel dan bahkan rumah sakit.

4. Nagoya Hill Mall (Batam)

nagoya hill batam
Nagoya Hill, Batam

Nagoya Hill Mall terletak di kawasan superstrategis di tengah Kota Batam. Mal terbesar di Batam ini pernah terbakar pada 2013, tapi kini sudah kembali berbenah.

Salah satu mal terbesar di Indonesia ini terletak di jantung kota Batam. Berkonsep dasar superblock, mal ini dikelilingi pertokoan, office park,  hotel berbintang, hingga apartemen. Nagoya Hill Shopping Mall dilengkapi dengan ratusan gerai yang terbagi menjadi dua lorong utama, yaitu lorong selatan untuk gerai fesyen dan lorong utara untuk wisata kuliner, yakni Nagoya Hill Food Street. 

Sedangkan lantai basement diperuntukkan sebagai gerai gadget. Tak heran jika mal ini menjadi one stop shopping bagi para pengunjungnya.

5. Palembang Indah Mall (Palembang)

Palembang Indah Mall
Palembang Indah Mall, Palembang

Mal yang populer di kalangan anak muda Palembang dengan sebutan PIM ini adalah mal yang mengusung konsep e-lifestyle. Tak hanya ABG, keluarga pun kerap refreshing di mal ini saat akhir pekan.

Selain itu, eksekutif muda Palembang juga sering menyambangi mal ini untuk sekadar nongkrong ataupun meeting. Mal ini sangat menyerupai mal di Jakarta yang komplet dan penuh hiburan.

6. Botani Square (Bogor)

Mal yang beroperasi sejak pertengahan tahun 2006 ini mengusung sistem square yang pertama di Kota Bogor. Memiliki luas sekitar 42.000 m², Botani Square sangat strategis karena  berada di akses pintu masuk keluar Jalan Tol Jagorawi dan dekat dengan Pool Bus DAMRI. Pusat perbelanjaan ini juga terintegrasi dengan Hotel Santika Bogor dan IPB Convention Hotel.

7. Taman Anggrek (Jakarta)

mal taman anggrek
Mal Taman Anggrek, Jakarta

Bicara soal mal di Jakarta, pilihannya buanyaaak buanget. Tapi yang terbesar adalah Mal Taman Anggrek di Jakarta Barat. Bahkan tak hanya di Jakarta, tapi Indonesia.

Saat didirkan pada 1996, TA adalah mal terbesar di Asia Tenggara. Lokasi mal ini sangat strategis, dekat dengan kawasan Segitiga Emas di Jakarta dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

8. Supermal Karawaci (Tangerang)

supermal karawaci tangerang
Supermal Karawaci, Tangerang

Tangerang punya mal yang lebih besar ketimbang tetangganya, Jakarta. Supermal Karawaci namanya. Mal ini berdiri pada 1992 dengan nama Lippo Supermall dan sempat dijarah serta dibakar dalam kerusuhan 1998.

Setelah direnovasi, mal ini berubah nama dan semakin luas. Lippo sebagai pengembang mal ini berencana membangun Lippo Grand Mall yang bakal menjadi mal terbesar se-Nusantara.

9. Summarecon Mall Bekasi (Bekasi)

Sumareccon Mall Bekasi
Sumareccon Mall, Bekasi

Summarecon Mall cabang Bekasi ini baru dibangun, bersamaan dengan kawasan perumahan elite di sana. Yang paling keren dari mal ini adalah foodcourt-nya yang sampai ada tiga. Dua menjual makanan modern, satu makanan tradisional.

Mal ini gampang banget diakses karena dekat dengan Stasiun Bekasi. Pengembang mal ini bahkan niat membangun jalan layang sendiri agar mempermudah akses menuju mal dan perumahan.

10. Trans Studio Mall (Bandung)

trans studio mall bandung
Trans Studio Mall, Bandung

Dibangunnya Trans Studio Mall dari Bandung Supermal membuat mal lain di Bandung kalah populer. Sebab, ada wahana Trans Studio yang menyajikan banyak hiburan buat keluarga.

Mal ini memang membawa konsep mal yang ramah buat keluarga. Lokasi mal ini pun sangat strategis, yaitu di kawasan Jalan Jenderal Gatot Subroto.

11. Trans Studio (Makassar)

trans studio makasar
Trans Studio Makassar

Trans Studio Mal di Makassar mirip dengan Trans Studio di Bandung. Kalau kamu bosan ketemu suasana yang sama dengan mal di Bandung itu, ada sejumlah pilihan lain. Salah satunya Mal Panakkukang.

Setelah 3 tahun dibangun dari 2003-2006, Mal Panakkukang menjadi mal terbesar di Makassar. Mal ini terhubung dengan Panakkukang Square.  Lokasinya sangat strategis karena berada di kawasan paling ramai di tengah Kota Makassar.

12. Hartono Lifestyle Mall (Yogyakarta)

hartono lifestyle mall yogyakarta
Hartono Lifestyle Mall, Yogyakarta

Mal terbesar di Indonesia selanjutnya ini dibuka sejak Mei 2015. Keberadaannya menjadi yang terbesar di Jawa bagian tengah karena terhubung dengan Hotel JW Marriott. Kalau kamu di Yogyakarta sebelum Mei 2015, bisa kunjungi Plaza Ambarukmo. Mal ini juga mudah dijangkau, apalagi dari Bandara Adisutjipto.

13. Hartono Mall Solo (Sukoharjo)

Bergeser sedikit dari Kota Solo, ada Hartono Mall Solo yang berada di Kabupaten Sukoharjo. Mulai beroperasi sejak 2012, pusat perbelanjaan terbesar di Sukoharjo ini memiliki luas mencapai 100.000 m2 dan terdiri dari sembilan lantai. Lokasinya berada di Jl. Ir. Soekarno, Solo Baru, Madegondo, Grogol, Sukoharjo.

14. Solo Paragon Mall (Solo)

Mal seluas 60.000 m2 ini berada di kawasan Superblok Solo Paragon yang memiliki total luas hingga 4,1 hektar. Letaknya yang strategis di pusat kota, tepatnya di Jalan Yosodipuro No. 133, Mangkubumen, Banjarsari, Solo membuat mal ini selalu ramai dikunjungi. 

Berkonsep “shopping, dining, entertainment”, Solo Paragon Mall juga dilengkapi dengan ratusan tenant yang lengkap.

15. Grand City (Surabaya)

grand city surabaya
Grand City, Surabaya

Selain bergelar mal terbesar di Surabaya, Grand City adalah mal termewah di ibu kota Provinsi Jawa Timur ini. Grand City Surabaya dibangun dengan inspirasi Suntec Singapura.

Ga heran kalau mal ini dipenuhi tenant yang terkenal dengan barang mewahnya serta punya tempat pertemuan yang amat luas.  Mal ini lokasinya berdekatan dengan Stasiun Gubeng dan gampang diakses dari mana saja.

16. Mal Bali Galeria (Bali)

mal bali galeria
Mal Bali Galeria, Bali

Siapa bilang berwisata ke Bali hanya bisa menikmati pantai atau persawahan? Setelah puas main air di Pantai Kuta, kamu bisa langsung menuju Mal Bali Galeria yang terletak di kawasan Simpang Dewaruci.

Mal Bali Galeria sangat lengkap dalam soal produk untuk anak kecil hingga dewasa. Mal ini bisa jadi dimasukkan dalam paket wisata ke Bali karena daya tariknya. Soalnya, kerap ada pameran produk UKM di sini, terutama yang berkaitan dengan kesenian.

17. Big Mall (Samarinda)

Big Mall Samarinda
Big Mall, Samarinda

Sesuai dengan namanya, Big Mall ini memang sangat besar. Bahkan Big Mall bukan hanya terbesar di Samarinda, tapi juga kawasan Indonesia timur. Mal yang dibuka pada tahun 2014 ini sudah penuh dengan penyewa. Ada juga bioskop The Studio Premiere yang menjadi bioskop Premiere pertama di Samarinda.

18. Mall Olympics Garden/MOG (Malang)

Mal terbesar di Kota Malang ini sudah berdiri sejak pertengahan tahun 2008. Letaknya strategis, dekat dengan berbagai fasilitas umum, seperti hotel, rumah sakit, kolam renang, dan stadion tepatnya di Jalan Kawi No. 24 Kauman, Klojen, Malang. Pusat perbelanjaan ini mengusung konsep family mall yang cocok dikunjungi oleh semua anggota keluarga.

19. Mal Jayapura (Jayapura)

mal jayapura
Mal Jayapura, Jayapura

Keliru kalau kamu mengira di Jayapura tidak ada mal seperti di Jakarta. Mal Jayapura yang didirikan pada 2012 punya konsep yang serupa dengan mal di Ibu Kota. Keberadaan mal ini bahkan menyejajarkan posisi Papua dengan provinsi lain. Mal ini rajin menggelar event setiap bulan dan sangat ramai dikunjungi warga setempat.

20. Semarang Town Square/Setos (Semarang)

Mal yang berlokasi di Jalan Petempen 294 Semarang ini memiliki luas 25.000 m2, tinggi 10 lantai, dan berada satu area dengan Apartemen Mutiara Garden. Pusat perbelanjaan yang berkonsep Entertainment & Lifestyle Plaza ini memadukan entertainment, lifestyle, hangout, cinema, dining, dan gym dalam satu bangunan. Ada juga Indoor Theme Park pertama di Semarang dan Jawa Tengah seluas 6.500 m2.

Itulah 20 mal terbesar di Indonesia yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke sana. Saat shopping, ingat kreditan di rumah, ya, biar uang saku ga abis buat belanja.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →