17 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Mudah

cara mendapatkan uang dari youtube

Di masa pandemi ini, mencari kegiatan berfaedah di rumah sudah paling benar dan asik apalagi menghasilkan uang. Salah satunya adalah menjadi YouTuber yang ternyata menghasilkan cuan. 

Walau hanya membuat video, menjadi seorang YouTuber bisa menghasilkan uang dari YouTube. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat konten yang keren dan ciamik agar mendapatkan uang atau penghasilan dari YouTube. 

Banyak lho yang sudah mengunggah video di YouTube tapi belum mendapatkan apa-apa alias belum membuahkan hasil dari kerja kerasnya. Nah, jika kamu mau memulai sebagai content creator atau memiliki impian menjadi YouTuber kondang, Lifepal akan membantu kamu. 

Yuk! Intip belasan cara bagaimana menjadi seorang YouTuber agar kamu dapat menghasilkan uang. 

1. Membuat nama channel yang unik dan ciamik

Sudah memiliki akun YouTube? Jika belum, maka ini adalah langkah awal menjemput rezeki menjadi YouTuber. Gampang kok, kamu yang sudah punya akun Google biasanya tinggal masuk aja buat channel sendiri. 

Bocoran nih, pikirkan nama channel yang unik dan mudah diingat. Ini akan menjadi karaktermu sendiri nanti dan siapa tahu kamu bahkan bisa jadi trendsetter akun YouTube unik dengan nama ciamik.

2. Pilih jenis konten yang sesuai

Nah, setelah menemukan nama yang bagus. Selanjutnya sebagai cara mendapatkan uang dari YouTube, kamu harus tentukan konten yang cocok dan sesuai dengan market. 

Konten selain harus menarik, tentunya memiliki ciri khas sesuai dengan kepribadian. Misalnya kamu jago masak, memiliki hobi melihara ikan cupang, atau kegiatan lainnya yang sehari-hari rutin kamu lakukan. Ingat, konten yang baik adalah kunci untuk sukses menghasilkan uang dari YouTube.

3. Mencari keyword yang worth it

Setelah memiliki akun pribadi dan menentukan konten apa yang bakal kamu angkat atau ulas. Agar hasilnya semakin maksimal dan dicari orang, maka kamu harus menentukan atau mencari kata kunci yang bakal dilirik dan banyak dicari penonton. 

Kamu juga bisa memanfaatkan prediksi pencarian YouTube. Coba aja ketik kata atau kalimat di pencarian YouTube, nanti search engine bakal memberikan prediksi kata kunci. 

Misalnya, cara merawat ikan cupang blue rim, maka nantinya YouTube akan memunculkan beberapa prediksi keyword yang ramai dan paling dicari.

4. Bikin high retention video

Awam banget ya dengan istilah kata ini, pernah mendengar sebelumnya? Jadi high retention video itu adalah rata-rata persentase video yang ditonton. 

Misalnya, kamu upload video berdurasi 15 menit, ternyata yang ditonton rata-rata cuma 5 menitan saja. Hah itu artinya tingkat retensi video kamu adalah 30 persen. 

Oleh karena itu YouTube ini senang banget, dengan video yang memiliki retensi tinggi. Semakin lama orang duduk menonton videonya, maka semakin besar konten kamu muncul di pucuk pencarian YouTube.

Oleh karena itu usahakan membuat video yang menarik. Alangkah baiknya kamu membuat kerangka atau storyboard yang dalam setiap scene-nya terdapat kejutan untuk penonton. Sehingga daya tarik videomu terbagi-bagi, jadi gak keburu bosan di menit-menit awal tayangan. 

5. Kepoin faktor ranking YouTube

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menjadi seorang YouTuber pemula. Mendapat banyak perhatian tentu jadi banyak cuan yang masuk ke rekening. 

Kita bedah caranya yuk satu persatu bagaimana caranya agar konten YouTube kamu menarik banyak orang. Mulai dari komentar, biasakan untuk meminta penonton untuk meninggalkan komentar, mintalah saran, kritik atau ajukan pertanyaan agar ada feedback dari penonton. 

Hal tersebut akan membantu akun YouTube kamu semakin banyak dihujani komentar sehingga ranking channel milikmu otomatis menjadi populer. Selain komentar, ajak juga penonton untuk subscribe channel YouTube kamu.  

Di awal kamu memang sangat effort banget nih untuk membangun channel sendiri. Tidak ada salahnya selalu mengingatkan penonton untuk subscribe. Ini bisa jadi tanda-tanda bahwa channel YouTube kamu disukai dan menarik.

Kemudian jumlah reshare juga berpengaruh pada ranking. Ini juga menandakan bahwa konten kamu menarik, lantaran penonton gak mau menontonnya sendirian, kebahagian harus dibagikan biasanya. Untuk itu, kamu juga bisa meminta penonton untuk membagikan video kamu. 

Terakhir adalah, strategikan pula durasi videonya. Jika mau mendapatkan berapa lama durasi orang menonton channel kamu mau tidak mau harus membuat video padat akan ceritanya. Belum ada patokan angkanya sih, namun untuk membuat video yang lumayan panjang. 

Kamu butuh ide yang sangat bagus dan segar sehingga tidak hanya panjang, tayangan video juga dinikmati tiap menitnya.

6. Pilih judul dan deskripsi yang eye catchy

Seperti jatuh cinta, menonton video YouTube juga harus ada efek cinta pada pandangan pertama. Untuk itu, buatlah judul dan deskripsi yang menarik dan enak dibaca. 

Buatlah rangkuman yang cuma sinopsis video standar, buatlah penonton suka akan alurnya, buat seolah penonton seakan pernah merasa di kisah yang sama. Dengan tambahan judul yang klik bait, maka videomu bakal siap ditonton banyak orang dan cuan pun datang. 

7. Menaruh link video lain di bagian deskripsi

Setelah menulis deskripsi yang menarik dan ciamik. Ada baiknya kamu juga menulis link video mu yang lain di deskripsi tersebut. 

Ini akan menjadi ebih baik jika kontenmu itu discontinue, artinya berlanjut atau berseries kaya di Netflix. Jika mau lebih diperhatikan, kamu bisa pakai cara call to action jadi ajak langsung aja penonton buat melihat video lainnya. 

Misal kamu upload video ternak ikan cupang blue rim, maka sebisa menaruh link video yang berhubungan pula. Misal memilih ikan cupang blue rim terbaik, atau cara memberi makan cupang blue rim.

8. Wajib menyertakan tag

Tag ini mungkin kalau di Instagram fungsinya sama kaya tanda pagar, bukan buat spam aja lho. Tag ini juga membantu Google dan YouTube untuk memahami konteks video kamu. 

Selain kata kunci tag juga sama pentingnya untuk membantu kamu muncul di pencarian yang serupa.

9. Harus selalu kreatif

Ini sebenarnya modal dasar buat cari uang dari YouTube. Bersaing di industri digital kreatif tentu saja menuntut kita untuk terus berpikir maju dan dinamis. 

Hal ini karena kemauan pasar, masyarakat akan konten ini tidak dapat diprediksi. Bisa jadi yang receh bisa lebih menarik ketimbang konten edukasi yang bikinnya mengeluarkan bujet luar biasa. 

Atau dialog dengan bintang tamu yang viral. Semua tidak dapat diprediksi dengan selera penonton saat ini. Oleh karena itu, tetaplah menjaga kepala tetap dingin agar bisa selalu kreatif.

10. Promosikan video di media sosial

Manfaatkan media sosial pribadimu, agar semua orang dapat melihat video sebanyak mungkin dengan memperkenalkan atau promosikan video sendiri. Hal ini juga bisa menarik, tombol share dan subscribe di videomu. 

Jika kamu lakukan hal Ini bakal menjadi modal untuk menaikan ranking pencarian di YouTube. 

Jadi cek ada berapa banyak media sosial yang ada di gadgetmu? Kamu bisa manfaatkan semuanya mulai dari Grup Whatsapp, Twitter, Facebook, Instagram, LINE, hingga Telegram.

11. Mudah diakses di mana-mana

Misalkan kamu gemar menulis seperti di blog atau di website bisa lho memilih medium ini untuk promosi akun atau channel YouTube. Kamu bisa menaruh link video YouTube ke website atau blog. 

Dengan begitu maka penikmat blog atau website kamu akan bisa langsung mengklik video tersebut. Jika perlu taruh pula di caption Instagram kamu, jika senang membuat kata-kata indah di caption Instagram atau saat bikin thread di Twitter. 

12. Ajak brand untuk tampil di channel YouTube

Buat kamu yang sudah banyak upload video menarik di YouTube dan memiliki banyak viewers serta subscribers perlu melakukan hal yang satu ini. Guna meningkatkan engagement dan penghasilan dari YouTube, ada baiknya kamu bekerja sama dengan brand atau perusahaan. 

Istilah kekiniannya adalah endorsement gitu. Kamu bisa mereview produk atau brand tersebut sambil mencari audiens untuk brand tersebut. 

Selain dapat uang dari kerjasama ini, kamu juga akan bisa mendapatkan produk endorse secara gratis, kupon diskon dll. 

13. Affiliate marketer

Cara mendapatkan uang dari YouTube yang paling jitu tentu gunakan cara Affiliate Marketer. Beda dengan sebelumnya yang pake sistem endorse, Affiliate Marketer memakai skema komisi dari perusahaan yang kamu ajak kerjasama. 

Kamu bisa dong, menggunakan berbagai platform untuk mempromosikan kode referral program afiliasi yang kamu ikuti.

14. Monetisasi channel YouTube

Cara ini juga mampu mendapatkan uang dari YouTube, kamu bisa melakukan monetisasi channel. Jadi nanti video yang sudah dimonetisasi akan muncul iklan biar penonton ini nonton. Walau mengganggu yang nonton, namun ini jadi salah satu cara mendapatkan uang instan. 

Tapi gak sembarangan pake monetisasi, kamu harus memenuhi beberapa syaratnya sebagai berikut:

  • Jangan tampilkan video tentang hal kontroversial, yang sensitif, yang membawa ujaran kebencian, mengandung narkoba atau perilaku menyimpang.
  • Kamu harus targetkan sudah memiliki lebih dari 4000 jam waktu ditonton publik selama 12 bulan terakhir, kudu kuat ya!
  • Syarat terakhir kamu harus lebih dari 1000 subscriber.
  • Memiliki akun AdSense yang ditautkan.

15. Jualan produk sendiri

Selain endorse produk orang, agar cuan bisa dapat lebih banyak lagi, kamu bisa sekalian juga nih menjual produk sendiri di YouTube. Kamu dapat berjualan apapun di akun sendiri. 

Tidak ada salahnya nih kamu menyelipkan trik marketing dalam berjualan di dalam konten agar lebih menarik penonton. Jualan ini bisa jadi tambahan cuan juga jadi tambahan konten biar menarik perhatian penonton.

16. Jangan terburu-buru ingin viral

Untuk mendapatkan uang dari YouTube, kamu fokuslah jadi content creator yang bermutu. Jangan melulu fokus untuk viral, perbaiki terlebih dahulu kualitas dari konten. 

Menjadi terkenal memang tidak salah, namun jangan jadikan itu sebagai target utama. Karena biasanya terkenal secara instan, masa-masa kejayaan kamu pun akan pudarnya begitu cepat. Sebaliknya maksimalkan bakatmu, karena bakat bisa terus menerus tajam menjadi pusat perhatian atau viral biasanya jadi bonus. Jangan sebaliknya yaa. 

17. Live streaming

Kamu pun harus berani narsis total saat memiliki channel YouTube sendiri. Salah satunya membuat live streaming sekali-kali untuk mendekatkan dirimu dengan fans mu di YouTube. 

Penggemar menjadi semakin mengenal sosok kamu sebagai YouTuber, maka kedepannya konten yang ada akan ditunggu-tunggu oleh penonton.  Jika memiliki modal lebih, kamu bisa menggelar live streaming seraya memberikan give away. Tentunya ini bakal lebih banyak menarik penggemarmu. 

Itu tadi  17 cara mendapatkan uang dari YouTube. Semua hal itu harus dilakukan dengan konstan dan terus menerus agar pemasukan yang didapat pun stabil. Konten yang rutin tayang juga mampu membuat daya imajinasi dan kreatifitas terasah terus. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →