Berlibur ke Magelang? Yuk, Kunjungi 25 Tempat Wisata yang Keren dan Murah Meriah Ini!

Candi Borobudur, tempat wisata di Magelang (Shutterstock).

Masih sedikit orang yang tahu kalau tempat wisata di Magelang banyak yang bagus dengan bujet gak bikin kantong jebol. Salah satunya adalah objek wisata yang sangat terkenal yaitu Candi Borobudur.

Ya, Candi Borobudur memang identik dengan kota Yogyakarta itu lebih tepatnya berada di Kabupaten Magelang. Orang yang berkunjung ke Yogya, pasti menyempatkan waktu untuk datang ke objek wisata yang pernah masuk dalam deretan keajaiban dunia ini.

Padahal selain Candi Borobudur, masih banyak banget lho tempat wisata di Magelang yang gak kalah keren dan wajib banget kamu kunjungi.

Baca juga: Menapaki Objek Wisata Yogyakarta yang Selalu Berhasil Bangkitkan Kenangan

Alasan wisata ke Magelang

Gereja Ayam (Shutterstock).
Gereja Ayam (Shutterstock).

Meski menawarkan objek wisata yang gak kalah keren dari Yogyakarta, sayangnya masih banyak orang yang memang tidak khusus berlibur ke Magelang.

Padahal, tempat wisata yang berada di utara Gunung Merapi itu memiliki kekayaan alam dan pemandangan alam yang sangat memesona. Mulai dari perbukitan yang indah, aliran sungai yang unik dan tentunya panorama alam cantik yang akan memanjakan matamu.

Nah, buat kamu yang ada rencana berlibur ke Magelang. Kali ini Lifepal Media ingin memberikan rekomendasi tempat wisata Magelang yang wajib banget kamu kunjungi.

1. Candi Borobudur

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Candi Borobudur menjadi salah satu objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi saat datang ke Magelang.

Kamu akan disuguhkan dengan 1460 relief dan 504 stupa dengan bentuk bangunan punden berundak-undak yang terdiri dari 10 tingkat.

Selain bentuk arsitekturnya yang indah, relief yang ada di candi ini juga mencerminkan ajaran Buddha. Makanya gak heran kalau UNESCO menobatkan Candi Borobudur sebagai daftar peninggalan sejarah dunia (World Wonder Heritages).

Candi Borobudur buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 17.00. Harga tiketnya sebesar Rp 13.500 per orang untuk pelajar, sedangkan umum dibanderol dengan harga Rp 32.500 per orang.

2. Bukit Rhema

Bukit Rhema menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi karena film “AADC2”, di mana Rangga membawa Cinta ke puncak Gereja Ayam untuk menyaksikan pemandangan sekitar Candi Borobudur saat pagi hari.

Untuk masuk ke Gereja Ayam, kamu diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk wisatawan lokal, turis Rp 10 ribu dan Rp 2 ribu untuk biaya parkir.

3. Bukit Grenden

Kamu juga bisa banget berkunjung ke Bukit Grenden saat di Magelang. Di sini kamu akan disuguhkan dengan kerimbunan hutan pinus berkabut dan melihat puncak Merbabu dari kejauhan.

Gak cuma itu aja, hutan pinus tersebut juga dilengkapi dengan berbagai titik foto, mulai dari gardu pandang, rumah kurcaci serta gazebo dengan pernak-pernik unik. Untuk harga tiketnya dibanderol sebesar Rp 7.500 untuk Senin hingga Jumat dan Rp 12.500 untuk Sabtu dan Minggu.

4. Pinusan Kragilan

Selanjutnya ada tempat wisata yaitu Pinusan Kragilan yang menyuguhkan atmosfer asri nan sejuk dan menjadi tempat berfoto ria yang menarik. Bahkan bisa dibilang tempat ini sangat cocok buat para wisatawan yang mencari spot foto yang instagramable.

Sebenarnya harga tiket masuk Pinus Kragilan tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi ada beberapa biaya yang dibebankan kepada pengunjung, yaitu:

  • Masuk lokasi hutan pinus: Rp 12 ribu per orang
  • Parkir mobil: Rp 10 ribu
  • Parkir motor: Rp 3.000
  • Naik ke spot foto: Rp 5.000 hingga Rp 20 ribu per orang
  • Jasa tukang foto: Rp 2.500 per foto.

Baca juga: Mulai dari Pantai Sampai Mata Air, Ini Deretan Objek Wisata di Malang yang Kekinian Banget

5. Candi pawon

Candi Pawon atau yang sering disebut dengan Candi Brajanalan merupakan sebuah peninggalan sejarah budaya Budha di Magelang.

Kamu akan disuguhkan dengan relief seperti di Candi Borobudur. Tak sebesar Borobudur, luas bangunan Candi Pawon terbilang tidak begitu besar. Untuk harga tiket masuknya terbilang murah yaitu sebesar Rp 4.000 saja.

6. Punthuk Setumbu

Berkat film “AADC2”, objek wisata Punthuk Setumbu juga banyak dikunjungi orang dari seluruh penjuru. Bukit dengan ketinggian 400 mdpl ini menawarkan panorama matahari terbit yang sangat cantik.

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Punthuk Setumbu, disarankan untuk tiba sekitar pukul 5 pagi. Di sekitar lokasi juga terdapat kursi-kursi, gazebo dan rumah panggung yang bisa kamu gunakan untuk menanti mentari terbit dari timur. Harga tiket masuknya dibanderol sebesar Rp 15 ribu.

7. Telaga Bleder

Telaga Bleder juga wajib banget nih masuk ke dalam daftar objek wisata yang harus kamu kunjungi saat di Magelang. Meski terbilang baru, namun tempat ini menawarkan fasilitas yang menarik banget lho.

Selain dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan teduh. Kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Andong yang sangat indah dan juga berbagai wahana permainan air. Harga tiket masuknya sendiri dipatok sebesar Rp 7 ribu. Murah kan?

8. Ketep Pass

Objek wisata Ketep Pass terletak di Bukit Sawangan yang langsung berhadapan dengan Gunung Merapi dan Merbabu. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan gardu pandang luas dan juga teropong yang membuat suasana menjadi romantis.

Jangan lupa untuk berkunjung ke Museum Vulkanologi yang menyimpan miniatur Gunung Merapi lengkap dengan foto-foto letusannya dari masa ke masa dan bahkan juga tersedia bebatuan letusan Gunung Merapi yang asli lho. Harga tiketnya yaitu sebesar, Rp 8 ribu per orang.

9. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong menawarkan pemandangan indah saat matahari terbit dan terbenam dari ketinggian yang ditemani dengan keindahan Candi Borobudur.

Objek wisata ini juga menyediakan jembatan kayu berbentuk V yang menjadi spot sempurna untuk koleksi foto Instagram kamu. Harga tiket masuknya sebesar Rp 3.000 per orang.

10. Goa Slandak

Goa Slandak juga menjadi salah satu tempat wisata di Magelang yang wajib kamu datangi lho. Saat memasuki area goa, kamu harus melalui hutan pinus yang dipenuhi dengan patung landak dan gorila raksasa.

Kamu juga akan disuguhkan dengan air terjun yang berada berdampingan dengan Goa Slandak. Tiket masuk per orangnya dibanderol sebesar Rp 3.000 saja lho.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Mampu Sempurnakan Pelesiranmu di Jepang

11. Gunung Tidar

Gunung Tidar memang identik dengan tempat latihan akademi militer dan ziarah. Namun, gunung tersebut juga menjadi tempat yang asik untuk jalan-jalan, ditambah dengan suasana yang sangat teduh. Kamu diharuskan membayar sebesar Rp 3.000 untuk bisa menikmati keindahan Gunung Tidar.

12. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit berada cukup dekat dengan Gunung Merapi dan Merbabu. Jadi, sudah pasti menawarkan pemandangan yang sangat memesona dengan udara yang masih sejuk. Harga tiket masuk ke objek wisata yang satu ini yaitu sebesar Rp 3.000 per orang.

13. OHD Museum

OHD Museum merupakan milik seorang kolektor seni bernama Oei Hong Djien yang memiliki lebih dari 2.000 karya seni, mulai dari lukisan, patung, pahatan hingga new media art.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 50 ribu, kamu bisa menikmati museum seni terlengkap di Indonesia ini lho.

14. Gunung Andong

Gunung Andong merupakan gunung mungil yang memiliki ketinggian 1.726 meter di atas permukaan laut dan membutuhkan waktu 2 jam untuk dapat berada di puncak.

Setelah sampai di puncaknya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Merbabu yang begitu indah. Untuk dapat menikmati fasilitas alam ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000 saja per orang.

15. Alun-Alun Magelang

Alun-alun Magelang menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk bersantai saat berlibur ke kota yang satu ini. Pasalnya, tempat tersebut masih sangat kental dengan peninggalan Belanda yaitu air mancur menari. Kamu juga gak perlu mengeluarkan uang untuk bisa bersantai di tempat tersebut.

16. Balkondes Ngadiharjo

Balkondes Ngadiharjo harus banget nih dikunjungi saat kamu berlibur ke Magelang. Tempat tersebut menawarkan fasilitas menawan yaitu bangunan megah dengan pilar-pilar yang unik ala Romawi kuno.

Gak cuma itu aja, kamu juga akan disuguhkan pemandangan indah deretan pegunungan dan pendopo khas Jawa. Menariknya, kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk berkunjung ke tempat ini lho.

17. Air Terjun Kedung Kayang

Sama halnya dengan air terjun lainnya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan cantik dan menakjubkan saat berada di Air Terjun Kedung Kayang. Kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 saja kok.

18. Candi Selogriyo

Untuk dapat menikmati keindahan Candi Selogriyo memang butuh perjuangan ekstra. Pasalnya, kamu harus melakukan pendakian sejauh 2 km. Tapi selama mendaki, kamu akan disajikan dengan hamparan sawah dan pegunungan yang indah. Tiket masuknya dibanderol sebesar Rp 3.000 per orang.

19. Air Terjun Grenjengan Kembar

Tempat wisata di Magelang yang satu ini memang sangat pas buat kamu yang ingin menyatu dengan alam. Ya, Air Terjun Grenjengan Kembar ini menawarkan panorama alam yang indah dengan debit air yang cukup deras dan bersih. Harga tiket masuknya yaitu sebesar Rp 5.000 per orang.

20. Omah Pring

Omah Pring merupakan kumpulan rumah-rumah bambu yang unik dan berada di sisi tebing Kali Progo. Tak hanya menikmati pemandangan yang indah, banyak juga kegiatan menarik yang bisa kamu coba seperti membatik, bermain bambu dan lainnya.

Harga tiket masuk ke Omah Pring tersebut juga termasuk terjangkau yakni hanya sekitar Rp 10.000 saja.

21. Bukit Gunung Gono

Objek wisata yang satu ini merupakan destinasi sejarah yang ada di Magelang. Kamu akan melihat dua gunung fenomenal, Merapi dan Merbabu disini. Juga, kamu bakalan melihat hamparan sawah yang luas dengan peninggalan bersejarah agama Hindu berupa Arca Ganesha dan Yoni.

Selain itu, di atas sini juga terdapat makam Kyai Mukri yang konon membawa ajaran Islam masuk ke wilayah Magelang dan sekitarnya. Tempat ini sangat cocok untuk berburu sunrise maupun sunset dengan landscape alam yang sangat indah.

22. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur ini juga menjadi destinasi wisata kekinian yang baru saja dibuka pada pertengahan tahun 2017. Lokasi ini tepat berada di kaki Gunung Sumbing. Kamu bakalan melihat panorama alam sekitar dengan latar belakang Gunung Sumbing ini.

Bila cuaca cukup bersahabat, kamu akan melihat hamparan awan tipis dari sini. Jangan lewatkan pemandangan seindah ini ya. Foto dan abadikan dalam koleksi album perjalanan kamu.

23. Punthuk Sukmojoyo

Dengan ketinggian diatas 1000 meter dari permukaan laut, Punthuk Sukmojoyo merupakan destinasi baru yang ada di Magelang. Seperti wisata bukit lainnya, hamparan pepohonan hijau tersaji indah di depan mata dengan view sunrise maupun sunset bila cuaca mendukung. Tidak jarang kabut tipis akan nampak di area sekitar.

Suasana sejuk nan syahdu ini selalu ramai dikunjungi pengunjung baik weekend maupun libur panjang lainnya. Disini kamu bisa mencoba berbagai spot menarik seperti rumah pohon maupun jembatan yang menjorok ke jurang.

24. Gardu Pandang Cepogo

Buat anak muda di Girimulyo, objek wisata ini sendang hits dan kekinian. Gardu Pandang Cepogo merupakan lokasi berfoto bagi para muda mudi dengan ikonnya yang khas yakni I Love You di kawasan ini. Meski begitu, untuk berfoto disini dikenakan biaya Rp 5000. Gak jauh dari lokasi, kamu juga bisa berkunjung ke air terjun delimas.

25. Balkondes Wringin Putih

Balkondes Desa Wringinputih berada sekitar 2,3 km dari komplek Candi Borobudur. Di tempat ini kamu bakalan dimanjakan dengan pemandangan pedesaan yang masih sangat alami. Latar belakang Bukit Menoreh jadi melengkapi pemandangan di kawasan ini tentunya.

Desa Wisata Wringinputih mengembangkan Bale Bambu Klatakan sebagai destinasi unggulan. Awalnya, bale ini merupakan perkebunan bambu liar yang dikembangkan menjadi taman bambu yang cantik.

Biaya liburan ke Magelang

Candi Borobudur (Shutterstock).
Candi Borobudur (Shutterstock).

Untuk biaya berlibur ke Magelang sebenarnya tergantung alat transportasi apa yang kamu gunakan. Jika menggunakan bus tentu lebih murah tapi memakan waktu yang cukup lama.

Tapi buat kamu yang gak memiliki banyak waktu, bisa memilih untuk menggunakan pesawat terbang dengan konsekuensi mengeluarkan dana yang lebih besar.

Coba kita estimasikan ya. Misalnya, melakukan perjalanan ke Magelang dari Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang, kereta dan juga bus.

  • Tiket pesawat PP Jakarta-Yogyakarta, sekitar Rp 1,5 juta per orang.
  • Tiket kereta PP Jakarta-Yogyakarta, sekitar Rp 500 ribu per orang.
  • Tiket bus PP Jakarta-Yogyakarta, sekitar Rp 300 ribu per orang.
  • Bus dari Jogja ke Magelang, sekitar Rp 35 ribu
  • Hotel per malam di Yogyakarta, sekitar Rp 300 ribu per malam.
  • Biaya makan, Rp 15 ribu untuk sekali makan.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Magelang yang wajib kamu kunjungi serta kisaran biaya yang akan kamu keluarkan untuk dapat berlibur di sana. Gimana, tertarik untuk liburan kesana? (Editor: Winda Destiana Putri).