3 Pelajaran Keuangan dari Pernikahan Kahiyang Ayu yang Bisa Kamu Tiru

Pernikahan Kahiyang Ayu

Pernikahan Kahiyang Ayu jelas mengundang perhatian masyarakat. Meski dikabarkan bahwa putri pak Presiden itu bakal mengundang banyak tamu, pernikahannya gak serta merta jadi pesta mewah bak Royal Wedding-nya Pangeran William di Inggris.

Ada pelajaran penting seputar keuangan yang bisa kamu petik dari pernikahan Kahiyang Ayu. Pelajaran itu gak hanya seputar berhemat untuk dana operasional resepsi lho, melainkan juga bisa menguntungkan bagi sanak saudara.

Sudah tahu kan tanggal pernikahan Kahiyang? Kalau belum tahu, mereka bakal menikah tanggal 8 November 2017 di Solo. Pernikahannya sama lho seperti Gibran, diselenggarakan saat weekdays, bukan Sabtu atau Minggu.

Penasaran dengan pelajaran keuangan yang bisa dipetik dari pernikahan ini? Yuk disimak lebih lanjut!

1. Kahiyang Ayu menikah di gedung milik sendiri

Gedung yang digunakan untuk resepsi pernikahan Kahiyang dan Bobby Nasution adalah Graha Saba Buana. Alamatnya ada di Letjen Suprapto No.80-B, Sumber, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

pernikahan kahiyang ayu
Nah ini dia mas Bobby dan mbak Kahiyang yang bakal jadi penganten bulan November nanti (Bobby & Kahiyang/Tribunnews)

Graha Saba Buana adalah gedung milik Pak Jokowi sendiri, dan digunakan untuk resepsi pernikahan putra sulungnya. Menurut informasi, pada tahun 2016 gedung yang bisa menampung 2.000 orang itu biasa disewakan di harga Rp 19 jutaan per hari. Dan ada diskon khusus bila si penyewa adalah warga RT setempat.

Kalaupun Graha Saba Buana bukan milik Presiden Jokowi, biaya sewa Rp 19 jutaan tentu masih bisa dikatakan terjangkau. Coba bandingkan dengan harga sewa gedung-gedung pernikahan di Jakarta, kayak Balai Samudera Jakarta Utara yang sampai tembus Rp 67 juta.

Pelajaran yang bisa kita tarik dari poin ini adalah ongkos sewa gedung pernikahan itu gak selamanya mahal kok. Walaupun kamu gak punya gedung pernikahan sendiri kayak keluarga Jokowi, masih banyak pilihan di luar sana yang bisa diambil untuk menghemat bujet. Kuncinya cuma buang gengsi jauh-jauh.

[Baca: Daripada Menghabiskan Uang Buat Pesta Pernikahan Mewah, Alihkan Dananya Buat 5 Hal Ini]

2. Menggunakan katering milik Gibran

Daripada milih katering di luaran yang rasanya belum diketahui, mereka pun memilih katering Chili Pari milik Gibran Rakabuming yang merupakan putra sulung Jokowi. Dan uniknya, Gibran sendirilah yang ditunjuk sebagai kepala kokinya.

Gibran yang juga menjadi jubir pernikahan adiknya pun berkata bahwa konsep pernikahannya adalah tradisional jawa.

pernikahan kahiyang ayu
Gak usah repot-repot cari katering. Pakai punya mas Gibran saja (Gibran Rakabuming/Ayo Berdagang)

Pernikahan Kahiyang tentu jadi momentum emas bagi katering Chili Pari untuk melancarkan promosi. Bayangkan, berapa orang tamu yang bakal hadir di sana? Pejabat-pejabat juga bakal hadir. Tentu gak sedikit yang mencicipi katering Gibran.

Dari sini, pelajaran yang bisa dipetik adalah sebisa mungkin, order katering buat pernikahan dari kenalan atau keluarga aja. Karena pasti bakal dapat harga miring ketimbang nunjuk vendor katering yang gak dikenal. Urusan rasanya pun pasti lebih bisa kompromi, kan?

[Baca: Harga Paket Katering Pernikahan Memang Mahal, Siasati dengan 5 Cara Ini Saja]

3. Bulan madu Kahiyang dan Bobby di dalam negeri saja

Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangareb, menguak rahasia pernikahan kakaknya dan Bobby Nasution lewat sebuah vlog. Dalam vlog itu, Kahiyang menyebutkan bahwa mereka akan berbulan madu di Indonesia saja.

Tapi, Kahiyang maupun Bobby gak menyebutkan destinasinya secara spesifik. Mereka masih merahasiakan tempatnya.

Walaupun bulan madu romantis ke luar negeri bukan hal yang mustahil bagi Bobby dan Kahiyang, tapi mereka justru memilih Indonesia saja. Berbulan madu di Tanah Air jelas lebih hemat ketimbang jalan-jalan ke luar negeri.

pernikahan kahiyang ayu
Nah lewat vlog Kaesanglah rencana bulan madu mereka terungkap (Kaesang, Kahiyang dan Bobby/Tribunnews)

Tiket pesawat gak semahal ke luar negeri, begitu pula dengan biaya hidupnya. Belum lagi, mereka gak perlu keluar duit untuk visa dan lainnya.

Nah, kamu juga bisa niru rencana bulan madu mereka nih. Ngapain jauh-jauh honeymoon ke luar negeri? Udah mahal, belum tentu juga destinasinya lebih menarik dari Indonesia. Di sini banyak lho tempat-tempat cantik yang bisa di-explore!

Itulah tadi tiga pelajaran keuangan yang bisa kamu petik dari pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Bila kamu berniat menggelar pesta pernikahan dalam waktu dekat, gak ada salahnya mempraktikkan strategi menikah hemat ala mereka. Ingat, menikah itu yang penting niatnya, bukan seberapa mewah pesta pernikahannya.

[Baca: Yang Mau Nikah, Be Smart! Ini Biaya-Biaya yang Bisa Dipangkas Saat Menyiapkan Pernikahan]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →