3 Peluang Bisnis yang Lagi Trend, Padahal Sempat Dipandang Sebelah Mata

Setiap saat, ada aja inovasi produk dihasilkan orang-orang kreatif buat dijadiin peluang bisnis. Maka jangan heran kalau sekarang banyak bisnis yang gak biasa malah jadi trend.

Contohnya bisa dilihat di sekitar kita. Banyak banget bisnis yang dulunya biasa aja, eh sekarang jadi booming banget. Bahkan banyak orang pada ikut-ikutan bikin usaha serupa.

Emangnya apa aja bisnis yang dulunya biasa aja tapi sekarang jadi trend? Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang patut dilirik di Indonesia.

1. Barbershop modern

peluang bisnis
Presiden Joko Widodo aja dicukurnya di barbershop modern (Tempo)

Perbedaan antara pangkas rambut dulu dengan yang modern ini bisa dilihat dari pemilihan interior dan desain. Tempat pangkas rambut modern ini lebih artistik. Pemilihan kursi, cat tembok, ruang tunggu, ditata sedemikian rupa buat bikin pelanggan lebih betah dan nyaman.

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga sempat lho dicukur di tempat pangkas rambut modern di Kota Bogor beberapa waktu lalu.

Nah, kalau udah didatengin orang nomor satu di Indonesia, udah yakin deh peluang bisnis ini bakal positif dan lebih rame. Apalagi cowok-cowok zaman now ini udah mulai fashionable dan metroseksual banget ya kan?

Tertarik bikin bisnis barbershop moderen? Yuk kita analisa dulu apa aja modal awal yang harus dipersiapkan.

– Sewa tempat = Rp 5 juta per tahun

– 2 kursi pangkas rambut = Rp 800.000 x 2 = Rp 1,6 juta

– 2 cermin dua sisi = Rp 500.000 x 2 = Rp 1 juta

– 1 AC = Rp 2,5 juta

– 1 meja penyimpanan dan laci = Rp 1,5 juta

– 1 set peralatan cukur = Rp 2 juta

– Peralatan pendukung = Rp 1 juta

– Biaya promosi = Rp 300.000

Total investasi awal yang harus dipersiapkan adalah = Rp14,9 juta

Nah, gambaran modal awal yang harus disiapin buat buka usaha barbershop di atas adalah sekitar Rp14,9 juta. Itu adalah hitungan kotor. Jika usaha barbershop modern kamu pengin lebih komplit, tentu ada banyak biaya tambahan lainnya.

Lalu bagaimana potensi omzetnya?

Taruhlah misalnya setiap hari pelanggan yang dicukur ada 20 orang. Biaya pangkas rambut per orang beragam. Mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 60.000. Tergantung jenis model dan usia.

Tapi mari rata-ratakan saja. Biaya pangkas rambut per orang misalnya Rp 50.000. Itu berarti omzet kita per hari sebesar Rp 1 juta. Dalam sebulan, omzet yang didapat mencapai Rp 30 juta.

Nah, setelah itu tinggal hitung lagi deh biaya pengeluaran dan gaji pegawai berapa. Untuk tahap awal, mending maksimalkan dulu potensi diri sendiri buat jadi tukang cukur. Ini buat meminimalisir pengeluaran bulanan biar gak terlalu gede.

[Baca: Gak Pengin Usahamu Kebobolan, Coba Mulai Mengurangi Biaya Operasional Bisnis Deh]

Jadi gak usah nge-hire orang buat jadi pemangkas rambutnya. Makanya, ada baiknya kursus pangkas rambut dulu deh biar jago.

2. Bisnis waralaba

peluang bisnis
Mau usaha dengan modal minim, coba waralaba aja (Franchiseglobal)

Bisnis waralaba atau franchise saat ini juga sedang digandrungi banyak orang. Waralaba menjadi peluang bisnis menggiurkan dengan modal yang cukup terjangkau.

[Baca: Simak 6 Bisnis Waralaba Ini Kalau Mau Nambah Penghasilan Bulanan]

Waralaba di bidang kuliner bisa dibilang usaha yang lagi trend. Usaha waralaba sebelumnya tidak terlalu dilirik orang buat dijadiin peluang bisnis. Tapi karena makin banyak yang sukses, sekarang banyak banget yang kepincut berbisnis waralaba ini.

Jika kamu tertarik ikutan berbisnis waralaba, baiknya pilih usaha waralaba yang mudah dijalankan sesuai kemampuan. Misalnya waralaba di bidang kuliner. Selain banyak konsumennya, usaha kuliner juga relatif mudah dijangkau oleh semua kalangan.

Sebagai contoh, kamu berencana membuka usaha waralaba Sabana Fried Chicken. Merek ayam goreng satu ini sudah punya nama cukup terkenal di kota-kota besar. Berikut modal yang harus dipersiapkan dari awal:

– Modal awal Rp 17 juta

Rincian:

– Gerobak = Rp 5,3 juta

– Kompor = Rp 1,78 juta

– Peralatan penunjang = Rp 2,9 juta

– Modal bahan = Rp 1,1 juta

– Survey training = Rp 5,8 juta

Estimasi omzet:

Katakanlah harga ayam per ekor yang dibeli dari Sabana Rp 28.000. Per ekor ayam bisa dibagi menjadi 8 potong dengan harga jual Rp 7.000.

Ini artinya kamu punya untung Rp 28.000 dari seekor ayam. Kalau misalnya per hari bisa habis 10 ekor, maka kamu bisa dapat Rp 280.000. Dan sebulan bisa meraup omzet Rp 8,4 juta.

Jika tertarik, mending buruan deh kamu cari lapak yang sekiranya strategis buat buka waralaba ini. Jangan lupa isi formulir aplikasi yang diberikan oleh pihak Sabana.

3. Bisnis kuliner kekinian

peluang bisnis
Martabak pizza bikin menggoda (Gnews)

Selain waralaba, ada peluang bisnis lain yang lagi ngetrend juga, yaitu bisnis kuliner kekinian. Contoh bisnis kuliner kekinian yang lagi nge-hits, di antaranya martabak pizza, banana nugget dan olahan mangga.

Bisnis kuliner kekinian di atas bisa kamu jadikan inspirasi buat buka usaha. Karena orang lagi doyan-doyannya berburu jenis kuliner yang fresh dan unik.

Martabak pizza misalnya, bisa jadi bisnis yang lagi naik daun banget. Modal usahanya cukup terjangkau dan untungnya lumayan. Tertarik buka usaha martabak pizza? Berikut beberapa hal yang perlu disiapin:

– Sewa tempat per tahun = Rp 5 juta

– Pengadaan gerobak atau etalase = Rp 2 juta

– Perlengkapan masak = Rp 1 juta

– Meja dan kursi untuk pelanggan = Rp 2 juta

Total investasi awal = Rp 10 juta

Estimasi omzet:

Misalnya penjualan pizza martabak per hari 20 buah, dengan harga jual per porsi adalah Rp 40.000. Omzet per hari = Rp 800.000

Artinya, dalam sebulan kamu bisa dapat omzet: 800.000 x 30 (hari) = Rp 24 juta

Itu baru perkiraan omzet ya, bukan laba. Untuk menghitung laba, kamu mesti menghitung juga biaya operasional tiap bulan. Oleh karena itu, baiknya tekan biaya operasional dulu seminim mungkin selama bulan-bulan awal supaya laba kamu besar.

[Baca: 5 Usaha Sampingan Anak Muda Paling Populer di Indonesia dan Berapa Modal yang Dibutuhkan]

Nah itulah beberapa peluang bisnis yang dulunya mungkin kurang banyak dilirik orang. Sekarang bisnis-bisnis tersebut lagi trend. Ada baiknya kamu coba salah satunya. Kenapa? Karena kata pepatah, peluang tidak akan datang dua kali.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →