Ini Lho 3 Pilihan Investasi yang Dilakukan Sejak Muda Bisa Bikin Kaya Saat Tua

Pilihan Investasi untuk anak muda (Pexels).

Berinvestasi itu sebaiknya dilakukan selagi masih muda dan ada beberapa pilihan investasi yang bisa kamu miliki. Mulai dari investasi jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang.

Sebagaimana yang kamu tahu, investasi itu memberi banyak manfaat. Kekayaanmu bisa berlipat karena investasi. Hari tuamu bisa aman berkat investasi. Kamu bisa terhindari dari inflasi karena investasi.

Karena itulah, mulailah berinvestasi sejak muda dan berpenghasilan. Sebab di masa-masa seperti itulah investasi penting dilakukan. Lalu, apa saja pilihan yang bisa diambil? Cek daftarnya berikut ini.

Pilihan investasi jangka pendek

Ada tiga pilihan yang selama ini berlaku, yaitu investasi jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang. Tiap-tiap investasi berbeda menurut waktu penempatan dananya.

Dari ketiga pilihan berinvestasi tersebut, investasi jangka pendek menjadi pilihan dengan waktu yang singkat. Umumnya jangka waktu investasi ini dari 3-12 bulan. Apa aja pilihannya?

1. Reksa dana

Dengan seluruh pengelolaannya dilakukan langsung oleh manajer investasi kamu jadi gak perlu lagi pusing-pusing melihat grafik dan mikirin gimana cara dapat keuntungan yang optimal. Di reksa dana, kamu tinggal mempercayakan uang kepada manajer investasi dan keuntungan akan didapat.

Reksa dana terbagi menjadi empat jenis, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Jika niatnya ingin investasi jangka pendek, maka lebih baik memilih reksa dana pasar saham karena investasi akan disalurkan dalam instrumen berjangka pendek seperti obligasi dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

2. P2P Lending

Di P2P Lending, kamu berperan sebagai pemberi pinjaman untuk usaha UMKM dengan keuntungan yang didapat berasal dari suku bunga pinjaman dengan besaran mulai dari 15% hingga 25% per tahun.

Gak cuma bisa dapat keuntungan dalam jangka waktu yang pendek, di P2P Lending kamu juga jadi turut serta membantu perekonomian UMKM Indonesia.

3. Deposito

Selain kedua investasi di atas, deposito juga bisa jadi pilihan investasi jangka pendek untuk kamu pertimbangkan. 

Di deposito berjangka, kamu tinggal menyimpan uang dalam waktu mulai dari 3 bulan, 6 bulan, ataupun satu tahun dan kamu bisa mendapatkan bunga mulai dari 5% hingga 8%.

4. Saving Bond Ritel (SBR)

Investasi Saving Bond Ritel (SBR) ini diterbitkan oleh negara, jadi instrumen ini dijamin memiliki risiko yang lebih kecil. Dengan modal investasi cuma Rp100 ribu dan lamanya investasi dua tahun, kamu bisa mendapatkan bunga 6,3%. Belum lagi, kamu bisa mencairkan dana lebih awal dengan memanfaatkan fasilitas early redemption.

Pilihan investasi jangka menengah

Kalau investasi jangka menengah, waktu penempatannya dimulai dari 2-6 tahun.  Berikut adalah jenis investasinya.

1. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) termasuk jenis investasi jangka menengah sebab dengan modal Rp1 juta dan jangka kontrak 4 tahun, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari bunga dibayarkan secara reguler dan dihitung sesuai persentase nilai nominal obligasi yang akan dibeli. Belum lagi keuntungannya dijamin oleh undang-undang sehingga meminimalisasi risiko yang bakal terjadi.

2. Sukuk Ritel Indonesia (SUKRI)

Mau investasi jangka menengah dengan prinsip syariah? Tenang, kamu bisa melakukannya melalui Sukuk Ritel Indonesia.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Produk ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp5 juta dan kamu akan mendapatkan keuntungan tetap dari fixed coupon setiap bulannya. Belum lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan melalui penjualan efek di pasar sekunder berbentuk capital gain.

3. Investasi emas

Selain dua produk di atas, kamu juga bisa investasi jangka menengah dengan emas, lho. Sebab, harga emas selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya bahkan ketika krisis ekonomi terjadi. Fluktuasi emas juga berkaitan dengan kurs Dollar, Yuan, dan Euro.

4. Reksa dana campuran

Kalo di jangka pendek menggunakan pasar uang, di jangka menengah kamu bisa menggunakan reksa dana campuran. Di investasi ini dana akan dikelola oleh manajer investasi dalam waktu sekitar tiga tahun dan setelah itu kamu akan mendapatkan pengembalian maksimal.

Pilihan investasi jangka panjang

Sementara pilihan buat investasi jangka panjang dilakukan selama 7 tahun atau lebih. Dengan kata lain, selama 7 tahun lebih kamu menempatkan dana buat diinvestasikan. Berikut ini pilihan-pilihannya.

1. Investasi emas

Gak cuma bisa investasi jangka menengah aja, investasi emas pun cocok buat kamu yang ingin investasi jangka panjang sebab harganya yang terus mengalami kenaikan.

Berdasarkan data GOldprice, harga emas tahun 2010 sekitar Rp 300 ribuan. Enam tahun kemudian atau tepatnya 2016 harganya telah menjadi Rp 500 ribuan, menggiurkan ya.

Kini investasi emas pun bisa dilakukan di mana aja baik konvensional dengan datang ke toko emas atau membeli di e-commerce.

2. Properti

Investasi properti terbukti bisa kasih keuntungan di masa depan sebab harga tanah maupun properti selalu mengalami kenaikan bahkan hingga 20% tiap tahunnya. Belum lagi jika lokasi properti berada di lingkungan yang strategis, tentunya cuan-cuan udah gak sabar masuk ke rekening kamu.

Sayangnya masih sedikit orang yang mau berinvestasi di sini sebab modalnya yang besar hingga ratusan juta.

3. Saham blue chip

Saham blue chip merupakan jenis saham papan atas dengan angka kapitalisasi di atas Rp40 triliun. Biasanya saham ini berasal dari perusahaan dengan reputasi tinggi dan memiliki pendapatan stabil.

4. Tabungan berjangka

Sesuai namanya, investasi satu ini menuntut kamu untuk menabung secara rutin dalam jangka waktu yang sudah disetujui. Tapi tenang, bunnya yang akan didapat gak akan sama dengan tabungan biasa karena tabungan berjangka memiliki bunga yang lebih tinggi bisa mencapai 4,5% per tahun.

5. Reksa dana saham

Jenis investasi jangka panjang terakhir adalah reksa dana saham. Sebab, dengan adanya manajer investasi yang akan membantu kamu memilih produk saham terbaik.

Tapi perlu digaris bawahi ya investasi ini juga memiliki risiko yang tinggi jadilah bijak sebelum berinvestasi.

Dari jenis-jenis investasi di atas, mana nih yang kiranya ingin kamu coba terlebih dahulu? Tapi pastikan dana yang kamu miliki tidak mengambil dana dari pos-pos dana kebutuhan lainnya ya. Supaya investasi tenang dan biaya sehari-hari pun aman.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →