Cara Membuat Kartu Kredit BRI Biar Cepat Di-approved

cara membuat kartu kredit bri

Cara membuat kartu kredit BRI (Bank Rakyat Indonesia) terbilang gampang-gampang susah. Kalau lihat syaratnya sih mudah, tapi pada kenyataannya cara membuat kartu kredit BRI cukup sulit dapat persetujuan.

Cara membuat kartu kredit BRI termasuk yang banyak ditanyakan orang. Pasalnya, di zaman sekarang, semua orang inginnya serbamudah dan serbacepat. Termasuk, dalam urusan transaksi dan pembayaran sehari-hari yang direspon industri perbankan lewat fasilitas kartu kredit. 

Dengan kartu kredit, kita bisa melakukan transaksi di manapun meski sedang tidak membawa uang cash. Fungsinya mirip dengan kartu debit. Hanya saja, kartu kredit memungkinkan kita melakukan transaksi dengan limit yang sudah disepakati dengan bank. 

Dengan memiliki kartu kredit, maka kita bisa membeli produk-produk yang sedang diinginkan seperti tas, baju, sepatu, atau produk lain hingga jumlahnya menyentuh limit yang disepakati pihak bank. 

Yang perlu dipahami, tidak ada saldo nominal uang dalam kartu kredit yang kita miliki. Sederhananya, kita melakukan pembayaran dengan meminjamnya dari bank. Nilai pinjaman kita selanjutnya akan ditagihkan kepada kita selaku pemegang kartu kredit. Setiap bulan, kita harus membayar tagihan tersebut. 

Pembayaran tagihan harus rutin dilakukan bila kamu tidak mau dikenai bunga yang mencekik. Besaran bunga ini berbeda-beda untuk setiap bank. Yang pasti, hindari tunggakan kartu kredit agar tagihan tidak membengkak. 

Nah, salah satu bank yang menyediakan fasilitas kartu kredit adalah BRI. Salah satu keunggulan dari bank pelat merah ini adalah jaringannya yang paling banyak di Indonesia. Tertarik membuat kartu kredit BRI? Simak tahapan di bawah ini. 

Cara membuat kartu kredit BRI

Secara umum, ada dua cara untuk mengajukan kepemilikan kartu kredit di Bank BRI. Apa saja?

Permohonan secara online

Untuk pengajuan pembuatan kartu kredit BRI secara online, maka kamu dapat mengunjungi situs resmi BRI di https://britouch.bri.co.id/. Melalui situs tersebut kamu akan diberi petunjuk pengajuan kartu kredit secara lengkap. Kamu juga tinggal memiliki jenis kartu kredit BRI yang akan kamu gunakan. 

Permohonan kartu kredit BRI secara offline

Selain secara online, pembuatan kartu kredit BRI juga dapat dilakukan secara offline. Mungkin cara ini menjadi yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat kita. 

Melalui pengajuan offline, kamu juga bisa bertatap muka langsung dengan petugas layanan pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa deh puas-puasin bertanya tentang pilihan produk kartu kredit yang disediakan BRI. 

Yang perlu diperhatikan, lengkapi seluruh persyaratan dan bawa seluruh dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kartu kreditmu. 

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu ketahui dan persiapkan ketika mengajukan kepemilikan kartu kredit.

  • Minimal usia 21 tahun
  • Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi tabungan (3 bulan terakhir)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi slip gaji yang dilegalisir dengan minimal gaji Rp3 juta per bulan. Jika tidak memiliki slip gaji, maka dapat digantikan dengan surat keterangan penghasilan.
  • Surat Keterangan Penghasilan (SKP) dari kantor tempat kamu bekerja dengan ditandatangani oleh atasan kamu.

Kalau semua syarat dan dokumen sudah dipenuhi, maka kamu harus mengisi formulir pengajuan. Setelahnya, berikan formulir tersebut kepada petugas layanan pelanggan. Seluruh dokumen dan formulir pengajuan ini akan dikirim ke kantor pusat BRI untuk diverifikasi. 

Kamu akan diminta untuk menunggu konfirmasi dari pihak BRI. Siap-siap untuk diwawancara ya. Biasanya, setelah dilakukan verifikasi dan kamu dinyatakan lolos, maka pihak bank akan menelponmu untuk diwawancara. 

Isi pertanyaannya nggak akan jauh-jauh dari data pribadi, nama orang tua, dan riwayat tentang pekerjaanmu. Prinsipnya, pihak BRI akan memastikan bahwa kamu layak dan memiliki kemampuan untuk membayar tagihan kartu kredit nanti. 

Pihak bank BRI pusat kemudian akan melakukan konfirmasi dengan kantor cabang tempatmu mengajukan kartu kredit. Lalu, kamu akan dihubungi apakah pengajuan kartu kreditmu lolos atau enggak.

Pilih jenis kartu kredit BRI sesuai kebutuhan

Kartu kredit BRI enggak cuma satu jenis lho. Biasanya memang setiap bank memiliki produk kartu kredit yang bermacam-macam dengan limit dan fasilitas yang bervariasi pula. Karenanya, penting bagimu untuk tahu jenis kartu kredit BRI mana yang paling cocok dengan kebutuhanmu. 

Nah, apa aja sih jenis kartu kredit yang diterbitkan BRI? Berikut ini jenis-jenis kartu kredit BRI dikutip dari situs resminya:

  1. BRI Easy Card
  • Limit awal: Rp3 juta sampai Rp24.999.999 juta
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp3 juta
  • Annual fee basic: Rp250.000
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp50.000
  • Biaya penagihan: gratis.
  1. BRI Platinum
  • Limit awal: Rp25 juta sampai Rp49.999.999 juta
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp8,5 juta
  • Annual fee basic : Rp600.000
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp50.000
  • Biaya penagihan: gratis.
  1. BRI JCB Platinum
  • Limit awal: Rp15 juta sampai Rp75 juta
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp5 juta
  • Annual fee basic: Rp300.000
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp50.000
  • Biaya penagihan: gratis.
  1. BRI Wonderful Indonesia
  • Limit awal: Rp15 juta sampai Rp999.999.999
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp5 juta
  • Annual basic fee: Rp600.000
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp125.000
  • Biaya penagihan: gratis.
  1. BRI World Access
  • Limit awal: Mulai Rp50 juta
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp30 juta
  • Annual basic fee: Rp1 juta
  • Maksimal penarikan  tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp200 ribu
  • Biaya penagihan: gratis.

Jenis kartu kredit BRI lainnya

  1. BRI Touch
  • Limit awal: Rp5 juta sampai Rp50 juta
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp3 juta
  • Annual basic fee: gratis apabila nasabah memiliki kartu kredit BRI lain yang aktif
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp100 ribu
  • Biaya penagihan: gratis.
  1. BRI Bussiness Card
  • Limit awal: Rp8 juta 
  • Penghasilan minimum per bulan: Rp5 juta
  • Annual basic fee: gratis
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp125 ribu
  • Biaya penagihan: gratis.
  1. BRI Infinite
  • Limit awal: Rp150 juta sampai Rp999.999.999
  • Penghasilan minimum per bulan: Nasabah Prioritas BRI dengan minimum AUM Rp500 juta
  • Annual basic fee: Rp2,4 juta
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari sisa limit
  • Biaya over limit: Rp250 ribu
  • Biaya penagihan: Rp12.500.
  1. BRI Corporate Card
  • Limit awal: Rp5 juta sampai Rp999.999.999
  • Penghasilan minimum per bulan: –
  • Annual basic fee: Rp250 ribu annual fee & Rp200 ribu joining fee
  • Maksimal penarikan tunai: 60 persen dari limit total kartu kredit atau maksimum Rp10 juta per hari
  • Biaya over limit: Rp75 ribu
  • Biaya penagihan: – 
  1. Traveloka Paylater Card
  • Limit Awal: sampai dengan Rp49.900.000
  • Penghasolan minimum per bulan: Rp3.000.000
  • Annual basic fee: gratis iuran tahunan seumur hidup
  • Biaya over limit: Rp125 ribu
  • Biaya penagihan: –

Fasilitas dan fitur unggulan kartu kredit BRI

BRI memberikan fasilitas dan fitur unggulan kepada pemilik kartu kreditnya. Beberapa di antaranya adalah installment plan 0 persen hingga 24 bulan. Setiap kartu kredit BRI juga memiliki fasilitas perlindungan asuransi maksimal yang diberikan BRI. 

BRI juga menyediakan layanan 24 jam call center melalui Halo BRI di 14017 atau 1 500 017. Setiap jenis kartu kredit yang diterbitkan BRI juga memiliki fasilitas promo-promo yang menarik dan memberikan keistimewaan maksimal bagi sebuah nasabahnya.

Trik cerdas pengajuan kartu kredit BRI cepat di-approved

Cara membuat kartu kredit BRI terbilang gampang-gampang susah. Kalau lihat syaratnya sih gampang tetapi pada kenyataannya cukup sulit dapat persetujuan.

Daripada bingung dan kecewa di kemudian hari, coba deh lima trik berikut biar kartu kredit BRI kamu di-approved. Kadang kala bisa jadi kita yang melupakan beberapa syarat tertentu.

1. Punya tabungan di bank BRI

Buat bikin kartu kredit di satu bank, emang sih kamu gak selalu disyaratkan buat buka rekening di bank tersebut. Akan tetapi, bila kamu punya tabungan di bank tersebut, hal tersebut bakal menaikkan kemungkinan pengajuan kartu kredit disetujui.

Pihak bank bakal mudah memantau aktivitas rekening tabungan kamu. Dengan gitu, pihak bank bakal bisa melihat kemampuan kredit kamu.

Jadi, kalau bisa mulai sekarang mulai deh buka tabungan di Bank BRI. Kemudian, kamu bisa transfer seluruh gaji ke rekening tersebut biar menguatkan kalau kamu punya penghasilan tetap.

2. Isi formulir dan lengkapi syarat yang diminta

Gimana mau dapat persetujuan kalau kamu aja gak melengkapi dokumen yang diminta? Nah, oleh karena itu, siapkan dari jauh-jauh hari bila ingin bikin kartu kredit.

Yang pertama bisa kamu lakukan adalah mengetahui syarat buat cara membuat kartu kredit BRI. Beberapa syarat tersebut biasanya adalah:

  • Kartu tanpa penduduk
  • Nomor pokok wajib pajak
  • Slip gaji
  • Rekening tabungan 3 bulan terakhir

3. Angkat telepon dan jawab pertanyaan verifikasi dengan benar

Sesudah kamu selesaikan proses administrasi pengajuan kartu kredit, sekarang saatnya menunggu.

Kamu harus bersiap-siap buat ditelepon oleh pihak BRI. Usahakan ponsel kamu selalu berada di dekat kamu. Kemudian, jawab pertanyaan dengan benar.

Buat memudahkan kamu, kamu bisa catat seluruh data yang kamu masukkan di formulir pengajuan.

Dengan gitu, kamu gak bakal lupa mengenai alamat lengkap rumah, alamat kantor dan sebagainya. Kamu pun bakal lebih percaya diri buat menjawab seluruh pertanyaan tersebut. Jangan lupa ingatkan saudara gak serumah pun lakukan hal yang sama.

Nah, sekarang, kamu tinggal tunggu kabar baik dari BRI deh. Selama data yang kamu ajukan valid dan memenuhi syarat, kartu kredit BRI kamu bakal jadi, kok.

Gampang kan cara membuat kartu kredit BRI? Sebelum memutuskan, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu kondisi keuanganmu secara online di Lifepal financial checker(Editor: Chaerunnisa)