30 Inspirasi Bisnis Makanan Unik Dijamin Mendatangkan Untung Tebal

bisnis makanan unik

Bisnis makanan unik masih menjadi salah satu usaha yang populer dan menjanjikan. Peluang yang diberikan jenis usaha ini memang sangat menggiurkan untuk untungnya apalagi dikemas dengan begitu apik, misalnya mulai dari menu hingga kemasannya. 

Melirik usaha makanan sebagai ladang bisnis memang tidak ada matinya. Seiring berjalannya waktu, usaha ini selalu mengalami perkembangan agar dapat menarik perhatian pelanggan.

Bisnis ini pun kini sudah sangat menjamur, berlomba-lomba pengusaha makanan memberikan pelayanan yang terbaik. Mulai menyajikan menu yang tidak mungkin hingga sangat mungkin dihidangkan dan akhirnya menghasilkan keuntungan cukup lumayan. 

Misalnya menu minuman boba adalah salah satu yang kini sangat menjanjikan sebagai salah satu ladang usaha. Saat ini penjual minuman boba dituntut untuk memberikan menu yang berbeda sehingga dapat bersaing di pasaran. 

Menjalankan bisnis ini memang tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Memiliki rasa yang pas serta penyajiannya yang apik menjadi salah satu daya tarik minuman ini banyak diburu oleh orang lho, belum lagi segudang promo. 

Tak hanya minuman boba, menu makanan khas Indonesia pun kini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelaku bisnis makanan unik. Melakukan inovasi terhadap menu makanan Indonesia, saat ini menjadi hal yang baru lho untuk dilakukan. 

Sebut saja martabak manis yang saat ini banyak disajikan dengan taburan keju mozarella, martabak telor dengan bumbu rendang atau seblak dikombinasikan aneka seafood atau fishcake. Nah, kira-kira bisnis makanan unik dan kreatif apa saja yang bisa dilakukan? Yuk simak deretan menu menarik yang bisa dijadikan ladang usaha.  

Makanan unik yang laris di pasaran

Pernahkah kamu mengantre panjang demi untuk membeli makanan yang unik dan kebetulan lagi viral di media sosial? Walaupun antreannya panjang, tak sedikit konsumen rela menunggu demi mencicipi dan menjawab rasa penasaran. 

Gak salah sih kalau sampai seperti itu, namanya juga manusia, berjuang demi hal yang diinginkan. Selain minuman boba, makanan unik yang laris manis di pasaran belakang ini apa saja ya?

Es krim cheetos

Umumnya es krim memiliki aneka rasa yang manis mulai varian cokelat, stroberi, vanila hingga oreo. Namun bagaimana nih jika rasa es krim ini memiliki cita rasa asin, memangnya ada?

Jangan salah, ternyata ada lho es krim rasa manis dan asin. Inilah Ezo Cheesecake yang beberapa waktu yang lalu mengeluarkan es krim dengan remah-remah cheetos di atasnya. Kebayangkan bagaimana rasa es krim ini, pasti lezat dan gurih. Buruan dicoba!

Sate telur indomie

Setelah donat indomie ada nih menu makanan unik lainnya berbahan dasar indomie? Seperti gak kehabisan akal, sekarang muncul lagi makanan unik dari indomie yaitu sate telur indomie. 

Sensasi apa yang diberikan ketika menyantap sate dengan rasa telur indomie ini? Tentu saja rasanya seperti makan sate pada umumnya, tapi yang membuat spesial adalah teksturnya yang renyah dan gurih.

Boba brown sugar

Boba termasuk bisnis yang populer sampai saat ini dengan macam kreasinya.  Salah satu kreasi dari bisnis ini yang punya tempat di hati pembelinya adalah boba brown sugar. 

Campuran gula merahnya memberikan sensasi rasa manis dan gurih yang khas. Gak sampai di situ, boba dengan aneka topping pun kini masih bermunculan.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Baso aci

Setelah makanan yang manis-manis di atas, kini kita beralih ke makanan asin dan pedas yang disukai banyak orang, baso aci. Makanan unik baso aci ini juga lagi populer di kalangan para foodies walaupun kehadirannya sudah lama ada di jagat bisnis kuliner.

Baso aci kini juga hadir dalam bentuk kemasan yang menarik serta varian rasa yang beragam. Jadi kamu tinggal menyeduhnya dengan air panas tanpa perlu repot mengantre di lapak penjual baso aci.

Salted egg chicken

Menu makanan unik ini termasuk yang banyak digemari karena rasanya yang gurih, praktis, dan harganya sesuai kantong mahasiswa. Menu yang dihidangkan gak cuma ayam saja, ada juga ikan dan daging dengan lumuran saus salted egg yang enak dan gurih. 

Ayam geprek

Makanan ini sudah familiar di kalangan masyarakat. Popularitas ayam geprek seakan tidak pernah turun. 

Rasanya yang pedas dan enak membuat banyak orang memilih ayam geprek sebagai pilihan menu makan siang atau makan malam. Hadirnya level kepedasan bisa dijadikan alternatif buat orang yang tidak dapat menyantap pedas. 

Dessert box oreo

Dessert box saat ini cukup laris di pasaran lantaran kemasan yang unik dan menggemaskan menjadi magnet tersendiri bagi konsumen membelinya. Salah satunya dessert box buatan Bittersweet by Najla yang cukup digemari banyak orang hingga rela antre panjang. Rasanya yang manis dan lembut membuat dessert box disukai oleh semua umur. 

Tren makanan unik di 2020

Jika kamu berniat mengantongi cuan di dunia kuliner, bisa lho mempertimbangkan beberapa bisnis makanan unik yang diperkirakan akan terus meningkat popularitasnya di 2020 ini. Apa saja?

Es kopi susu gula aren

Popularitas kopi gula aren sejak akhir 2019 terus meningkat. Benar saja, menurut data dari IDN Times, 32,2 persen orang saat ini mengkonsumsi 3-5 gelas kopi per hari. 

Kamu bisa pertimbangan es kopi gula aren sebagai bisnis yang menjanjikan. Selain karena fakta di atas, es kopi susu gula aren buatan kamu juga bisa menjadi alternatif para foodies yang gak bisa minum kopi yang terlalu kuat.

Boba milk tea

Popularitas boba diprediksi bakal tetap terus naik dan stabil. Coba saja lihat antrean yang kadang masih membludak tak heran kalau menu minuman ini masih memiliki penggemar. Kamu juga bisa mencoba peruntungan dengan berjualan boba. Cobalah dengan menambah rasa baru seperti green tea, taro, klepon, hingga tiramisu.

Martabak rasa Samyang

Martabak termasuk salah satu kuliner yang tidak ada matinya dan selalu mengalami perkembangan mulai dari rasanya. Seiring perkembangan zaman, banyak pelaku usaha martabak yang berkreasi menciptakan topping yang unik seperti Samyang. Rasanya pasti gurih apalagi dicampur dengan rasa pedas yang khas.

Kamu juga bisa lho mencobanya dengan membuat toping varian lain, misalnya toping bulgogi.

Ayam geprek

Bisnis panganan yang satu ini masih populer di mana-mana. Inilah kesempatan kamu buat kreasi ayam geprek dengan berbagai varian sambal dan toping yang unik. 

Beberapa ide sambal yang bisa kamu coba, seperti sambal cumi, sambal bulgogi, hingga rica-rica. 

Puding regal

Rasa biskuit regal yang manis dan renyah memang cocok dipadukan dengan puding, apalagi saat bercampur dengan siraman saus vla yang creamy. Banyak orang yang menyukai karena tekstur dan rasanya unik. 

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kalau kamu berniat mengembangkan bisnis makanan unik ini, kamu bisa menjualnya dengan berbagai varian rasa puding, seperti tiramisu, coklat, hingga green tea.

Pancake boba

Lagi-lagi boba, ini adalah bukti kalau boba memang tidak ada matinya nih menu yang terbuat dari tepung tapioka dengan campuran gula aren. Gak hanya menu minuman, ternyata boba juga bisa dipadukan dengan pancake. 

Rasanya lembut ditambah dengan siraman toping boba yang manis, pasti disukai oleh berbagai kalangan dari anak kecil hingga orangtua.

Bakso konro

Bakso adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia, apapun olahannya pasti digemari. Untuk menjadikan bakso sebagai bisnis, kamu harus kreatif dengan mengolahnya menjadi makanan unik seperti bakso konro. 

Bisa dibayangkan kan perpaduan cita rasa unik antara bakso dengan makanan konro khas Makassar ini?. 

Katering makanan sehat

Beberapa orang kini mulai peduli sama kesehatan. Dari sini, cobalah membuat katering makanan sehat seperti Yellow Fit dengan rasa yang enak. Bisa makan sehat dengan rasa yang enak tentu menjadi nilai tambah bisnis kamu.

Sebagai contoh kamu bisa memasukkan menu fast food seperti burger atau spaghetti dengan jumlah kalori yang sudah diperhitungkan.

Inspirasi bisnis makanan unik dan kreatif

Bgai kamu yang tengah mencari inspirasi bisnis makanan, berikut deretan rekomendasi menu untuk memulainya. Unik dan kreatif, deretan menu makanan ini dijamin bisa menjadi mesin uang kamu untuk menambah penghasilan. 

1. Tahu kribo

Namanya saja sudah unik, apalagi bentuknya. Tahu kribo punya peluang dijadikan sebagai bisnis makanan terlepas dari namanya yang unik. 

Tahu kribo mempunyai proses pembuatan yang berbeda jika dibandingkan dengan tahu biasa. Tahu kribo dibuat dengan menghancurkan tahu terlebih dahulu sebagai bahan utama, kemudian dicampur dengan tepung beras, tepung kanji, dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Setelah itu, baru digoreng. Modal yang dikeluarkannya gak sampai Rp100 ribu, lho.

2. Belalang goreng

Makanan yang satu ini termasuk unik dan sedikit ekstrem. Siapa bilang gak ada yang berminat sama makanan ini. Cukup banyak kok orang yang pengin tahu rasa dari belalang goreng yang rasanya gurih.

Disamping punya peluang dijadikan usaha, belalang goreng punya manfaat mencerdaskan otak, memiliki khasiat untuk kulit, hingga menjaga kesehatan tulang. Kabarnya omzet bisnis belalang goreng bisa mencapai Rp400 ribuan hingga Rp1 jutaan. Mantap banget, kan!

3. Burger hitam

Warnanya yang hitam membuat orang penasaran dengan rasa satu potong burger. Resepnya mudah kamu jumpai di ulasan-ulasan online. Modal yang diperlukan diperkirakan mencapai Rp5 jutaan, sedangkan omzetnya bisa mencapai Rp10 jutaan per bulan.

4. Asinan rambutan kiamboy

Rambutan punya potensi bisa dijadikan sebagai ide bisnis makanan dengan mengolahnya menjadi asinan. Cara membuatnya terbilang mudah dan modal yang mesti disiapkan gak terlalu besar. Cocok buat kamu yang pengin punya usaha tanpa keluar modal banyak.

Berhubung rambutan itu buah musiman, kayaknya kamu bakal lebih leluasa buka usaha ini saat musim rambutan. Soalnya, bahan baku lebih gampang didapat dan harganya murah.

5. Semangka goreng

Pernah mendengar menu semangka goreng? Menu yang satu ini terdengar aneh dan diluar dugaan, karena biasanya buah semangka dimakan begitu saja sebagai pencuci mulut. 

Ide bisnis semangka goreng tergolong unik. Proses pembuatannya mirip dengan proses pembuatan pisang goreng. Dana yang dihabiskan juga gak terlalu banyak, kok. Pas banget buat kamu yang pengin buka usaha dengan modal minim!

6. Es krim goreng

Bisnis es krim goreng berpeluang jadi usaha makanan unik nan kreatif. Kabarnya usaha ini bisa mencetak omzet hingga Rp20 juta per bulan.

Cukup dengan modal mulai dari Rp7 jutaan, kamu sudah bisa menjalin kemitraan dengan sejumlah franchise es krim goreng. Dari modal segitu, kamu bakal menerima booth, perlengkapan jualan, pelatihan, dan bahan baku.

7. Dadar gulung cokelat

Dadar gulung ini lain dari yang lain apalagi karena ada cokelatnya. Pasti banyak pembeli yang tergiur. 

Modalnya mulai dari Rp3 jutaan dengan potensi mencetak omzet hingga Rp9 jutaan tiap bulan. Di internet banyak lho yang mengulas dan membuat tutorial dadar gulung cokelat.

8. Keripik tempe

Omzet bisnis keripik tempe mencapai Rp10 juta per bulannya. Seperti yang diberitakan Detik.com, seorang wirausahawan bernama Widiatmoko membuka usaha keripik tempe yang dinamakan Tempe King dengan modal Rp5 juta. 

Ia mengaku bisa meraup penghasilan Rp10 juta tiap bulannya. Nah, sekarang giliran kamu buka usaha keripik tempe.

9. Ramen burger

Kreativitas di bidang kuliner terus bermunculan. Salah satunya, membuat burger yang rotinya pakai mie ramen. Bayangin, mie ramen yang disantap begitu saja sudah enak, apalagi dijadikan roti burger? Bisnis ini bisa memberi omzet lumayan besar dengan modal dimulai dari Rp5 juta.

10. Cokelat dodol

Makanan lainnya yang bisa dijadikan bisnis adalah cokelat dodol yang ternyata bisa datangkan kesuksesan. Adalah Kiki Gumer, CEO PT Tama Cokelat Indonesia, yang sukses menekuni usaha cokelat dodol. 

Seperti yang diberitakan Liputan6, Kiki mampu mendatangkan omzet hingga Rp4,5 miliar tiap tahunnya.

11. Oreo goreng

Pada dasarnya oreo sudah enak, tapi pasti lebih enak kalau dibuat menjadi makanan olahan seperti oreo goreng dan mendatangkan cuan. Kabarnya oreo goreng dalam sebulan bisa hasilkan omzet hingga Rp10 juta!

12. Puding roti

Gimana ya jadinya kalau puding dan roti dikombinasikan sebagai makanan? Ternyata, keduanya bisa menjadi kombinasi makanan yang nikmat lho! Kamu patut mencobanya dengan menjadikan puding roti ini sumber penghasilan.

13. Seblak seafood

Usaha kuliner ini punya peluang datangkan keuntungan. Proses pembuatan makanan ini termasuk mudah apalagi bahan-bahannya masih terjangkau. Gak usah khawatir gak laku, masih banyak lho orang-orang yang menyukai menu seblak.

14. Cheese tea

Menjual minuman ini berpotensi memberikan untung, walaupun di luar sana sudah ada beberapa yang berjualan minuman serupa. Kamu bisa menjalin kemitraan dengan waralaba yang udah ada. 

Modal usaha yang perlu dipersiapkan mulai dari Rp10 jutaan dengan omzet per bulannya bisa mencapai Rp13 juta.

15. Steak tempe

Dari namanya pasti bakal membuat orang penasaran untuk mencoba. Steak tempe gak kalah enak dari steak daging, lho. 

Menu olahan berbahan kacang kedelai, salah satunya steak tempe saat ini memang tengah tren nih dikalangan masyarakat yang melakoni hidup sehat. Berbagai restoran yang menyajikan menu vegan atau vegetarian, tengah beramai-ramai nih menyediakan steak tempe sebagai menu.

Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan dan memiliki harga terjangkau. Usaha steak tempe berpeluang mencetak untung. Nah, itu tadi daftar bisnis makanan unik dan kreatif yang bisa kamu jadikan inspirasi buat jalankan usaha. Semoga bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →