31 Ide Bisnis Kreatif dan Kekinian yang Menjanjikan untuk Kantong

ide bisnis

Ide bisnis memiliki banyak pilihan untuk dilakoni demi mendapatkan uang setiap penjualannya. Beberapa di antaranya bisa dilakukan tanpa modal dan hanya menggunakan laptop atau handphone saja. 

Tapi, sayang banget masih ada orang yang belum mengetahui atau tidak terpikirkan dengan jenis-jenis bisnis kreatif. Nah, kamu wajib tahu nih alih-alih jadi ide bisnis yang mendatangkan keuntungan.

31 ide bisnis kreatif yang gampang dilakukan

Memiliki ide bisnis kreatif memang nilai plus buat orang yang terpikirkan untuk menghasilkan uang tanpa harus bekerja kantoran. Bagi orang kantoran sebenarnya sah-sah juga memiliki pemikiran untuk membangun sebuah bisnis, tapi apakah punya waktu yang cukup? 

Soal waktu mesti dipikirkan oleh karyawan kantoran yang ingin memulai sebuah bisnis. Jika kamu pandai dalam mengatur waktu atau memiliki strategi yang jitu untuk mengelolanya, boleh saja dilirik nih deretan ide bisnis kreatif di bawah ini. 

Travel Planning

zaman sekarang banyak platform menjual tiket secara online. Kondisi tersebut membuat siapapun bisa berlibur kapan saja lantaran hanya tinggal sekali ‘klik’ tiket dapat dipesan melalui gadget di tangan. 

Selain itu harga tiket yang ditawarkan setiap platform beraneka ragam demi menggaet user atau pelanggan . Maka dari itu, banyak orang mencari harga terbaik.

Kondisi inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menjadi seorang travel planning. Tawarkan jasa kamu ke orang yang ingin berlibur tapi gak punya waktu luang buat pesan tiket dan gak tahu platform mana yang menawarkan harga terbaik. Selain itu, kamu harus punya ketrampilan organisasi yang bagus.

Bisnis camilan unik

Memang sih bisnis ini terdengar umum tapi jangan salah setiap tahunnya pasti ada saja bisnis camilan yang bermunculan dengan rasa dan bentuk yang unik. Inilah kuncinya, buatlah usaha cemilan berbeda dengan yang ada di pasaran pada umumnya.

Usaha roti dan kue

Sama dengan usaha cemilan unik di atas, usaha ini sudah banyak dilakukan. Walaupun demikian, ada banyak celah untuk menjadikannya lebih bervariasi dengan kreasi yang kamu buat sendiri. 

Menjual sayuran dan buah siap masak

Gak semua orang punya waktu untuk belanja dan menyiapkan makanannya sendiri karena kesibukan. Atas dasar inilah, menjual sayuran dan buah siap masak bisa dijadikan alternatif usaha.

Katering

Jangan anggap sepele bisnis yang satu ini. Tantangan usaha yang satu ini gak kalah sama usaha lainnya lho, bayangkan saja kamu harus memenuhi selera orang yang berbeda.

Maka dari itu, gunakan kreativitas kamu kalau ingin terjun dalam usaha ini. Cobalah untuk meramu berbagai menu yang bisa dinikmati oleh semua orang dari berbagai kalangan. 

Kalau berhasil, kamu bakal direkomendasikan oleh pelanggan yang sudah terpuaskan.

Membuat kerajinan dari rotan

Rotan adalah komoditas yang menjanjikan, apalagi kalau dibuat kerajinan dan menjualnya. Memang sih menjadikan rotan sebagai kerajinan bukan hal yang baru.

Peralatan rumah tangga berbahan rotan banyak dicari masyarakat, lho. Salah satu alasannya adalah karena tahan lama. Agar nilai jualnya lebih tinggi, desain kerajinan yang kamu jual bisa diberi sentuhan sekreatif mungkin, contohnya dengan membentuknya menjadi karakter-karakter yang lucu.

Menjadi dropshipper

Semakin banyak e-commerce, makin banyak pula tawaran untuk menjadi dropshipper. Tahukah kamu kalau usaha ini sangat minim risiko. Alasannya adalah tidak adanya modal yang harus kamu keluarkan. Kamu cukup bermodalkan internet dan ponsel.

Fotografer

Saat ini banyak orang membutuhkan jasa seorang fotografer, baik untuk acara wisuda, pernikahan, launching produk hingga acara keluarga. Modalnya memang terbilang gak sedikit. Kalau belum punya kamera, kamu bisa memulainya dengan meminjam atau menyewanya.

Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan fotografi kamu biar makin handal.

Penyewaan perlengkapan fotografer

Gak semua fotografer punya perlengkapan memotret yang lengkap, dari sinilah bisnis sewa perlengkapan fotografer bisa dimulai. Kebutuhan akan karya fotografi terutama kaum muda meningkat untuk memberikan kesan visual yang ciamik di platform sosial media mereka. 

Agar lebih maksimal dalam memotret, dibutuhkan perlengkapan yang mumpuni, tapi sayang harganya cukup mahal. Nah, dari sinilah kamu buat penyewaan perlengkapan fotografer buat mereka.

Videografer

Sama seperti fotografer, videografer banyak dicari untuk mengabadikan momen penting seperti pernikahan, acara tertentu hingga pembuatan profil perusahaan. Tentu saja kemampuan dalam videografer sangat dibutuhkan di samping kelengkapan alatnya.

Sewa kostum

Gak cuma saat hari-hari besar saja, sewa kostum juga bisa laku saat musim orang-orang menikah, sebab mereka butuh busana yang cantik agar momen bahagia pernikahan semakin melekat dan gak terlupakan.

Sediakan berbagai macam kostum agar semakin banyak orang menyewa.

Desainer pakaian

Beberapa orang tidak mau tampil sama ketika menghadiri suatu acara. Kalau sudah begini, biasanya mereka akan menggunakan jasa desainer pakaian agar bisa tampil beda. 

Inilah kesempatan kamu untuk memanfaatkan bakat di bidang desain pakaian menjadi bisnis yang menguntungkan.

Bisnis kreasi mahar

Musim menikah memang tidak kenal waktu, setiap bulannya ada saja yang melangsungkan acara pernikahan. Kalau kamu termasuk orang yang kreatif, manfaatkan momen ini untuk berbisnis kreasi mahar. 

Gak perlu modal besar, barang-barang bekas pun bisa didaur ulang menjadi mahar yang lucu dan mengesankan.

Desain uang mahar

Siapa sih yang gak ingin desain mahar saat pernikahannya terlihat unik? Hal tersebutlah yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain mahar uang yang menarik.

Dibutuhkan keterampilan dalam usaha ini seperti menggulung, menyusun, melipat dan menempel uang hingga kain sebagai hiasannya. Oh iya, walaupun namanya mahar uang, bukan berarti uangnya harus asli, kamu bisa siasati dengan uang mainan.

Bisnis souvenir

Souvenir biasanya lekat dengan toko oleh-oleh dan ciri suatu daerah. Bisnis ini bisa kamu jalankan dengan membuat souvenir dan menitipkannya ke toko oleh-oleh. Biar makin cuan, jual juga hasil karyamu di toko online yang jangkauannya lebih luas.

Florist

Walaupun bisnis ini bisa ditemukan di mana saja, tapi permintaannya gak pernah sepi, lho. Apalagi saat musim wisuda dan pernikahan. Pasti bisnis ini banyak dicari pelanggan.

Oh iya, usaha terbilang menjanjikan kalau kamu gak hanya menjual bunga utuh, tapi membuat dan mendesainnya menjadi karangan dan buket yang indah. 

Scrap Frame

Apakah kamu pernah mendengar ide bisnis ini? Mungkin yang melekat di kepala kamu adalah pigura kayu yang biasa dijual di pinggir jalan.

Jadi, bingkai ini lebih dari bingkai biasanya yang isinya hanya foto atau lukisan. Scrap frame lebih memadukan gambar dengan kertas atau kain yang unik dan dijadikan bentuk tiga dimensi.

Clothing line

Ide bisnis ini termasuk yang sudah umum dilakukan. Jangan salah, jadikan hal itu sebagai kesempatan. Karena sudah banyak, tugas kamu adalah menjadi yang berbeda dari bisnis clothing line kebanyakan.

Lihatlah selera fashion kawula muda saat ini, jangan lupa lihat juga latar belakang ekonomi mereka. Dari sini, kamu bisa memulainya dengan memproduksi model pakaian yang sedang digemari dengan harga yang disesuaikan dengan kondisi konsumen.

Menjual barang mantan

Terdengar kreatif tapi juga menyedihkan. Eitss, siapa sangka dari kesedihan ditinggal mantan, bisa muncul ide bisnis yang menguntukan. 

Ya, benar banget, caranya dengan berjualan barang dari mantan alih-alih biar lupa dengan kenangan yang melekat di barang tersebut. Mulailah dengan membuat forum jualan barang mantan. 

Kumpulkan orang-orang yang sudah mulai move on dan rela barang dari sang mantan dijual. Perhatikan kondisi barangnya, apakah masih layak atau tidak.

Menjual barang dari orang yang gagal nikah

Dibandingkan ide bisnis di atas, ide yang satu ini lebih menyedihkan. Bagi sebagian orang, kesedihan bisa menjadikan keuntungan.

Daripada membuangnya, mending kamu menjualnya di marketplace. Pasti banyak orang yang membutuhkannya. Gak cuma cincin saja, tapi kamu bisa jual barang lain seperti jas dan gaun pengantin, mahar, atau oper gedung yang tidak jadi disewa.

Desain grafis

Ide bisnis desain grafis cocok buat kamu yang punya keahlian di dunia desain. Bergabunglah dengan sebuah agensi atau merintis sebagai desainer lepas. 

Keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya, kalau memilih untuk menjadi freelancer, tentu segala hal ada di tangan kamu dari jam kerja, klien, revisi sampai pembayaran.

Animator

Banyak brand berlomba-lomba mencari seorang animator yang mampu menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan ke target. Tentu saja, pesan itu, agar lebih menarik dan mudah dipahami, dikemas dalam bentuk animasi.

Untuk menunjang bisnis ini, kamu perlu peralatan yang gak main-main, mulai dari komputer hingga alat khusus yang harganya lumayan.

YouTuber

Bosan jadi penonton dan subscriber salah satu akun YouTuber? Yuk, ini adalah waktu yang tepat buat kamu menjadi seorang YouTuber. 

Unggahlah konten-konten yang menarik agar banyak penonton dan pengikut. Gak harus melulu tentang hal-hal yang serius, bahkan hobi saja bisa dijadikan konten dan bermanfaat buat viewers kamu.

Blogger

Punya hobi nulis? Mungkin kamu tertarik menjadi seorang blogger. Ide bisnis ini gak hanya sekadar buat menyalurkan hobi saja tapi juga bisa dijadikan mata pencaharian.

Perlu diketahui kalau pendapatannya nanti didapatkan dari Google AdSense yang merupakan platform untuk meletakkan banner iklan di titik tertentu di blog kamu.

Influencer media sosial

Influencer bisa dibilang mereka yang punya pengikut berlimpah di berbagai media sosial. Mereka sering digaet oleh pebisnis untuk memasarkan produk mereka. Banyak figur berpengaruh punya penghasilan yang banyak melalui endorsement.

Agar bisa menghasilkan, kamu butuh self-branding, artinya adalah bangun citra diri yang unik di media sosial tanpa ada yang dibuat-buat dan disembunyikan. Maka, dengan sendiri nanti orang akan tertarik dan membeli produk yang kamu tawarkan.

Terrarium

Ide bisnis yang satu ini datang dari dunia agribisnis yaitu terrarium. Namun, belum banyak orang menggeluti bisnis ini. 

Terrarium adalah wadah kaca atau plastik yang diisi media tanah atau tanam lain dan satu atau lebih jenis tanaman. Kata lain terrarium adalah akuarium tanaman. 

Terrarium bisa dijual dalam bentuk jadi, sehingga bisa menjangkau pembeli yang jauh. Terrarium diminati masyarakat dengan tempat tinggal yang tidak memungkinkan untuk memelihara tanaman secara konvensional.

Desain case handphone

Banyak orang ingin menggunakan case yang lucu dan unik untuk mempercantik tampilan ponselnya. Selain untuk bergaya, case ini punya fungsi untuk melindungi ponsel.

Gak cuma yang polos, case ponsel juga tersedia dalam berbagai warna dan bahkan bentuk yang ternyata bisa dipesan. Ya, namanya custom case handphone. 

Biasanya bisnis ini dilakukan dengan sistem pre order. Pemesan yang memberi desainnya untuk kemudian kamu mencetak di case yang sudah dipilih.

Alat cetak sublimasi dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Harganya mencapai belasan juta rupiah. 

Untuk bisnis awal, kamu gak perlu alat itu, cukup jadi dropshipper atau pakai jasa printing pihak lain. Kalau uangnya sudah terkumpul, bisa deh kamu beli alat tersebut.

Desain interior

Bisnis desain interior termasuk bisnis yang paling dicari karena banyaknya perkantoran dan toko yang kian menjamur. Bisnis ini membutuhkan tenaga dan logistik. 

Tenaga adalah orang yang bekerja sebagai desainer dan kontraktor, sedangkan logistik adalah pengerjaan desain, perangkat lunak dan workshop.

Produk daur ulang

Sampah masih jadi permasalahan lingkungan yang kian mengkhawatirkan. Siapa sangka, salah satu cara mengurangi sampah adalah dengan mendaur ulangnya dan dijadikan sebagai sumber rejeki.

Ada banyak produk daur ulang yang bisa dihasilkan dari beragam jenis sampah. Gak harus menjadi produk yang sama, kamu bisa membuatnya menjadi benda atau barang tepat guna yang punya ciri khas.

Jual barang antik

Siapa bilang barang antik sudah kehilangan pasar. Masih banyak lho orang-orang yang butuh barang antik untuk sekadar koleksi atau memang dipakai kegunaan secara utuh.

Modalnya gak terlalu besar, kamu dapat memulainya dengan menjual barang yang tidak terlalu mahal. Kemudian, bisa menambahnya kalau sudah berkembang pesat dengan berbagai jenis ukuran dan harga.

Bisnis thrift shop

Termasuk usaha yang lagi naik daun, bisnis thrift shop punya banyak peminat yang ternyata gak cuma dari mereka yang sudah tua, tetapi juga mereka kawula muda.

Cobalah dengan mulai menjual baju dan sepatu bekas yang masih punya nilai jual tinggi. Jangan lupa beri harga yang rasional dan ramah di kantong.

Kursus online

Di masa pandemi seperti sekarang, pembelajaran online sedang naik daun. Kesempatan ini bisa dijadikan bisnis apalagi kalau kamu punya kemampuan di bidang tertentu. Bagaimana caranya?

Kursus biasanya mengharuskan kamu menyediakan tempat dan keperluan lainnya. Nah, beda dengan kursus online, kamu cukup duduk manis di depan laptop dan manfaatkan aplikasi tatap muka agar penyampaiannya jelas. Cobalah dengan menawarkan ke teman-teman terdekat kamu.

Rekomendasi di atas adalah beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan oleh milenial. Beberapa di antaranya adalah ide bisnis kreatif yang lagi booming. Kalau kamu ingin sukses, yuk kembangkan ide bisnisnya. Jangan lupa manfaatkan sosial agar bisnismu makin dikenal dan datangkan keuntungan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →