4 Aktivitas Akhir Pekan yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar dan Bikin Boros

Setelah lelah bekerja selama 5 hari dalam satu minggu pasti membuat kamu membutuhkan waktu untuk me time. Me time, atau memanjakan diri sendiri memang laik dilakukan untuk memberikan reward terhadap tubuh.

Bentuknya juga beragam, ada yang seharian di rumah maraton nonton film atau drama Korea, memasak bersama keluarga, bahkan hangout dengan sahabat. Semua itu dilakukan demi menjernihkan kepala dari rutinitas pekerjaan selama lima hari lalu.

Sah-sah aja kok kalau kamu memberikan sedikit waktu dan ruang untuk dirimu bersantai sejenak. Melakukan hal menyenangkan yang sudah lama ingin dilakukan, atau apapun itu.

Tapi ingat, aktivitas akhir pekan kalau gak dikontrol bisa membuat pengeluaranmu bengkak lho. Kok bisa? Bisa kalau kamu gak berfikir panjang atau tanpa memiliki perencanaan yang matang mau menghabiskan akhir pekan dengan cara seperti apa. Iya kan?

Nah berikut ini beberapa aktivitas yang seringkali bikin kamu tekor tanpa disadari. Apa aja sih? simak yuk.

1. Makan di restoran

Makan di restoran mahal bersama sahabat (Shutterstock).

Saat akhir pekan biasanya kamu ingin makan di restoran bersama kerabat atau sahabat. Pasalnya, setelah lima hari bekerja dan makan masakan rumahan, kamu pasti kepengin dong makan di restoran sekali-kali? Nah, kalau agenda ini gak direncanakan dengan baik, atau tanpa bujet yang disiapkan sebelumnya, anggaran keuanganmu pasti bakal jebol.

Karena untuk kegiatan seperti itu, kamu pasti bakal mengeluarkan uang dengan jumlah cukup besar. Gak ada salahnya kegiatan ini dilakukan asalkan sebelumnya kamu sudah memiliki perencanaan keuangan yang baik. Dan jangan sampai kamu lakukan setiap akhir pekan ya! Cukup satu bulan sekali aja kok.

2. Hangout di kafe

Hangout di kafe biasanya dilakukan di hari menuju akhir pekan seperti Jumat sore.

Hangout di kafe biasanya dilakukan di hari menuju akhir pekan seperti Jumat sore. Dan biasanya kamu lakukan ini dengan teman-teman kantor sebelum pulang bekerja. Memang betul alasan kamu untuk menyegarkan pikiran setelah lelah dengan rutinitas kantor, tapi ingat, jangan jajan terlalu mahal ya.

Jangan sampai kamu keasikan nongkrong sampai lupa bahwa ada pengeluaran yang sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Kebiasaan tersebut malah akhirnya merusak perencanaan keuangan yang sudah kamu buat sebulan sebelumnya kan. Boleh nongkrong asal tetap sesuai bujet ya.

3. Menikmati hobi mahal

Bermain golf, hobi mahal di akhir pekan (Shutterstock)

Akhir pekan juga menjadi salah satu agenda yang tepat untuk menikmati hobi. Apalagi jika selama satu minggu kamu gak bisa melakukannya karena bekerja. Gak masalah jika hobinya hanya menulis, kamu cuma cukup duduk depan jendela dengan notes.

Tapi kalau hobi kamu itu mahal seperti mengoprek kendaraan, atau mendatangi toko buku dan membeli banyak bacaan untuk dibawa pulang ke rumah, lebih baik jangan sering-sering ya. Apalagi jika kamu punya hobi ke mall.

Awalnya memang hanya berjalan-jalan, tapi kalau menemukan barang lucu dan menarik, kamu pasti gak segan keluar uang. Lebih baik hal seperti ini di maintenance dengan benar, jangan sampai membuat pengeluaranmu bengkak.

4. Nonton di rumah tapi banyak camilan

Menghabiskan akhir pekan dengan menonton serial di Televisi.

Kalau kamu memilih berakhir pekan di dalam rumah, itu memang lebih menghemat anggaran, asalkan jangan terlalu banyak membeli sesuatu. Misalnya saja kamu berencana menghabiskan akhir pekan dengan nonton drama atau film di channel berlangganan, silahkan saja.

Asalkan di malam sebelumnya kamu jangan belanja makanan terlalu banyak untuk kegiatan esok hari. Ada baiknya kamu buat sendiri camilan yang bahan-bahannya memang sudah ada di dalam kulkas.

Menikmati aktivitas akhir pekan yang menyenangkan sekaligus hemat

Kalau kamu sedang berhemat, tapi juga ingin melakukan aktivitas akhir pekan seperti jalan-jalan, makan di restoran, atau pergi ke bioskop, pastikan anggaran tersebut memang ada. Jangan sekali-kali kamu malah menggunakan anggaran yang sebetulnya untuk keperluan lain demi memenuhi hasrat tersebut.

Gak heran kalau banyak orang mengeluh soal keuangan mereka yang menipis meski tanggal gajian masih jauh, kalau empat hal diatas tadi sering dilakukan tanpa disadari. Ada baiknya semua hal yang berhubungan dengan keuangan perlu dianggarkan dengan cermat.

Kamu bisa menikmati akhir pekan yang nyaman tanpa kepikiran akan jatuh miskin sebelum tanggal gajian tiba dengan aktivitas sederhana saja. Selamat berakhir pekan ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →