Hati-hati! 4 Aplikasi Ponsel Ini Justru Bisa Bikin Hidup Kamu Makin Boros

aplikasi ponsel

aplikasi ponsel

Siapa sangka kalau aplikasi ponsel yang pernah kita unduh itu bisa menjadi biang keladi pemborosan. Beberapa aplikasi bukannya membuat kita lebih produktif, tapi ternyata justru menimbulkan hasrat untuk mengeluarkan uang secara berlebih. 

Kalau gak bijak, penggunaannya justru bisa menggerus kondisi finansialmu. Padahal, tujuan utama aplikasi tersebut untuk memberikan kemudahan bagi kamu. Bila kamu orangnya sangat boros, lebih baik hapus sekarang juga aplikasi tersebut. 

Kira-kira aplikasi ponsel apa saja yang cenderung membuat kita menghambur-hamburkan uang dalam jumlah banyak? 

Baca juga: Tanpa Modal! Ini 8 Aplikasi yang Menghasilkan Uang

1. Aplikasi toko online 

aplikasi ponsel online shopping
Aplikasi toko online. (Shutterstock)

Coba lihat di ponsel masing-masing, pasti ada deh salah satu aplikasi toko online yang nangkring. Nah, kalau gak bijak digunakan, aplikasi macam ini malah bikin kamu lebih impulsif, terutama buat mereka yang shopaholic

Awalnya sih cuma iseng-iseng liat-liat, terus tiba-tiba nemu yang menarik dan harganya pas di kantong, langsung deh latah beli. Padahal, barang tersebut sebenarnya gak benar-benar dibutuhkan.

Kecenderungan impulsif juga semakin meningkat karena kemudahan yang ditawarkan dari aplikasi toko online. Tinggal modal ponsel dan jempol, barang bisa sampai di depan rumah tanpa harus pergi jauh-jauh. 

Baca juga: 5 Aplikasi Pengelolaan Keuangan Ini Bakal Bikin Dompet Makin Aman

2. Aplikasi ponsel food delivery

aplikasi ponsel food delivery
Aplikasi food delivery. (Shutterstock)

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi pesan antar makanan. Sebenarnya, aplikasi ini sangat memudahkan kita dalam membeli makanan dari gerai makanan yang jauh sekalipun.

Sayangnya, harga yang tertera di aplikasi tersebut biasanya lebih mahal daripada kamu beli langsung ke tokonya. Bedanya bisa mencapai Rp 5-10 ribu per menu. Bayangkan kalau kamu beli banyak, lumayan menguras uang bukan? 

Gak cuma kenaikan harga menunya, kamu juga harus menanggung biaya ongkir yang tarifnya gak menentu. 

Tapi kalau ada promo, ya sikat aja, gak perlu pakai mikir! Karena biasanya harga promo itu jauh lebih murah dari harga biasanya. 

3. Aplikasi mobile banking

aplikasi ponsel mobile banking
Aplikasi mobile banking. (Shutterstock)

Nyaris semua transaksi keuangan kini sudah serba digital, termasuk bertransaksi jual beli sudah bisa kamu lakukan hanya bermodalkan ponsel pintar. Metode pembayarannya juga bisa digital kok, yakni dengan menggunakan bantuan mobile banking atau internet banking

Faktanya, kemudahan itu justru membuat pengguna mobile banking lebih boros. Hal ini didukung oleh hasil riset McKinsey & Company tahun 2019. Seperti dikutip dari CNBC, riset itu menyebutkan kalau konsumen Indonesia yang aktif menggunakan mobile banking lebih banyak melakukan pembelian dibanding yang tidak menggunakan.

4. Aplikasi ponsel game berbayar 

aplikasi ponsel game
Aplikasi game berbayar. (Shutterstock)

Game berbasis ponsel sudah marak saat ini. Penikmatnya pun dari beragam kalangan, gak cuma anak-anak, tapi juga orang dewasa. 

Buat yang kecanduan, mereka rela untuk mengeluarkan uang yang gak sedikit untuk membeli item khusus bagi karakternya, seperti misalnya baju, senjata, dan lain-lain. Oleh sebab itu, aplikasi seperti wajib digunakan secara bijak.

Aplikasi game tersebut sejatinya untuk menghilangkan penat. Tapi kalau sampai harus beli-beli item digital yang gak sungguh-sungguh kamu butuhkan, malah bisa bikin kondisi finansialmu berantakan, penatmu gak hilang. 

Itulah deretan aplikasi ponsel yang mungkin secara gak kamu sadari udah bikin kamu mengeluarkan uang lebih dari yang semestinya. Jadi, sekarang semua terserah kamu, apakah mau menghapusnya dari ponselmu atau membiarkannya tetap ada namun selalu berusaha menggunakannya sebijak mungkin.

Kalau mobile banking atau food delivery kayaknya memang sayang banget kalau dihapus. Sebab, kamu pasti akan membutuhkannya lebih sering, bahkan bisa dibilang setiap hari. Tapi, kalau kayak aplikasi game dan toko online, gak perlu ragu buat dihapus segera.(Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis