4 Batu Permata Bernilai Tinggi Plus Batu Ruby Terbaik dan Termahal

Demam batu permata atau batu mulia pernah melanda Indonesia beberapa tahun lalu. Kamu tentu gak asing melihat banyak orang yang mengenakan aksesoris dengan atribut batu.

Berbagai jenis batu permata pun menjadi incaran masyarakat Indonesia. Euphoria tersebut nyatanya membuat harga batu, termasuk yang bukan tergolong permata, meningkat drastis.

Bahkan gak sedikit orang yang rela merogoh duit besar untuk memiliki batu mulia yang ia inginkan.

Kini demam batu mulia pun telah usai, batu yang dulu harganya puluhan juta dan jadi rebutan banyak orang, mungkin kini kamu perlu effort yang sangat besar untuk menjualnya dan bahkan terpaksa harus melepas dengan harga yang rendah.

Tapi gak perlu khawatir, karena ternyata masih ada lho beberapa jenis batu permata yang tetap memiliki nilai jual tinggi. Apa saja itu? Berikut ini empat di antaranya.

1. Zamrud (Emerald)

Batu permata zamrud. (Shutterstock)
Batu Zamrud

Zamrud merupakan salah satu jenis batu permata pertama yang masih memiliki nilai jual tinggi. zamrud memiliki ciri khas yang membedakannya dengan batu mulia lainnya yaitu warnanya.

Ya, zamrud memiliki warna hijau hingga hijau tua yang terbentuk karena hasil dari kelumit kromium sehingga menghasilkan warna yang sangat cantik.

Bisa dibilang, tak ada yang bisa menandingi keindahan Zamrud Colombia. Warna hijaunya yang sangat tajam tapi bening seperti kristal membuat batu pertama yang satu menjadi buruan para kolektor perhiasan dari berbagai negara.

Hal itulah yang membuat batu mulia zamrud memiliki harga selangit. Untuk ukuran kecil saja harganya bisa mencapai ratusan miliar rupiah. Fantastis banget bukan?

2. Safir (Sapphire)

Batu permata Safir. (Shutterstock)
Batu Safir

Batu permata lainnya yang memiliki nilai jual tinggi adalah batu safir yang di Indonesia sering disebut dengan batu nilam.

Batu safir memiliki beberapa macam seperti safir biru dan safir hitam. Warnanya yang cantik dan memberikan kesan mewah membuat batu mulia yang satu ini memiliki harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Batu safir terbaik disebut-sebut berasal dari Srilanka dan India. Nah, buat kamu yang memiliki batu Safir sebaiknya segera cari kolektor batu dan raup pundi-pundi rupiah.

3. Ruby (Batu Merah Delima)

Batu permata ruby. (Shutterstock)
Batu Ruby

Batu permata selanjutnya adalah batu ruby atau yang juga dikenal dengan batu merah delima.

Ya, seperti namanya, batu ruby memiliki warna yang unik, mulai dari merah delima hingga merah darah. Batu Ruby yang memiliki kualitas terbaik konon katanya berasal dari Myanmar.

Karakter batu yang solid dan memiliki corak khas kemerahan, membuat jenis batu mulia yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu menyentuh harga ratusan juta rupiah per bongkahannya.

4. Berlian

Berlian. (Shutterstock)
Berlian

Batu permata berlian tetap menjadi primadona untuk kebanyakan orang terutama kaum wanita. Gak heran tuh kalau banyak wanita tak terkecuali para selebriti yang memamerkan perhiasan berliannya.

Gimana gak, soalnya jenis batu mulia yang satu ini terbilang sangat mahal. Bahkan, harganya bisa mencapai miliaran rupiah per karat lho.

Pasalnya, secara karakteristik, berlian bisa dibilang merupakan batu mulia yang paling keras, solid dan memiliki kualitas terbaik dibanding dengan batu mulia lainnya.

Selain itu, berlian juga memiliki kilauan cahaya yang sangat indah, batunya pun tergolong sangat langka. Jadi, gak heran kalau berlian didapuk sebagai batu mulia termahal di dunia.

Itu dia empat jenis batu mulia termahal di dunia yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah. Kalau kamu sendiri, apa punya salah satu jenis batu permata di atas?