4 Bisnis Rumahan Ini Mendadak Laris Manis Jelang Natal

bisnis rumahan

Meski tak semeriah Lebaran, hari raya Natal di sini selalu ramai dan menarik. Salah satu daya tariknya tentu berkaitan dengan bisnis, khususnya bisnis rumahan.

Kira-kira bisnis rumahan jelang Natal yang bakal laris manis apa ya? Mungkin daftar di bawah ini bisa membantu:

1. Kue kering

bisnis rumahan
Jualan kue kering boleh, tapi jangan yang sisa Lebaran yak (komun.id)

Tahu gak, kue-kue khas Lebaran di Indonesia itu sedikit-banyak diadopsi dari kue Natal? Dua yang utama adalah kastengel dan nastar.

Konon, sebelum identik dengan Idul Fitri, kastengel dan nastar adalah hidangan khas Natal pada zaman kolonial Belanda. Dua kue itu pun berasal dari Belanda.

Kenapa gak mencoba jual kue kering ini? Ada dua pilihan untuk menjalankan bisnis rumahan jelang Natal ini: pre-order atau produksi banyak sekaligus.

Bila mau pre-order, tawarkan dulu ke kolega dan kenalan lainnya. Bikin masing-masing satu pak buat sampel saat menawarkan, sehingga mereka tertarik.

Cara ini lebih pasti lakunya. Tapi omzet dan keuntungan lebih terbatas karena produksinya pun terbatas.

Adapun bila pilih langsung produksi, potensi omzet dan keuntungan akan lebih besar. Tapi ada juga risiko kue gak laku sehingga gak sesuai dengan harapan.

[Baca: 6 Pekerjaan Sampingan Ini Bakal Cepat Menghasilkan Uang]

2. Parsel

bisnis rumahan
Gak cuma makanan, barang lain seperti handuk atau pakaian juga bisa dijadiin parsel (tokopedia)

Natal identik dengan hadiah parsel. Kita bisa ikut meramaikannya dengan menawarkan jasa produksi dan pengiriman parsel.

Caranya, bikin dulu jenis parsel yang akan ditawarkan. Misalnya bikin tiga kategori parsel. Detailkan tiap parsel isinya apa saja dan berapa harganya.

Masukkan semua penjelasan itu dalam brosur berwarna agar menarik. Jangan lupa hiasan parsel dibuat sebagus mungkin, bukan asal bungkus.

3. Dekorasi Natal

bisnis rumahan
Bikin pernak-pernik dekorasi Natal gampang sebenarnya, bisa pakai barang bekas lagi (viva.co.id)

Natal gak lengkap tanpa pohon Natal dan dekorasinya. Kita bisa manfaatkan situasi ini dengan menjual dekorasi Natal.

Ada dua pilihan bila mau berbisnis sampingan jelang Natal ini. Yaitu jadi reseller atau produksi sendiri.

Jelas, lebih simpel kalau jadi reseller. Tinggal kulakan dari produsen, lalu tawarkan ke konsumen. Namun keuntungan sebagai reseller lebih kecil ketimbang produsen.

Terlebih bila dari satu produsen itu banyak yang jadi reseller. Kebayang dong ketatnya persaingan.

[Baca: Ingin Jadi Reseller Toko Online? Siap-Siap Tahan Banting sama 13 Problem Ini!]

Nah, kalau produksi sendiri, bisa kita maksimalkan deh margin keuntungan yang mau diambil. Tapi ya itu. Mesti siapkan waktu, tenaga, dan biaya untuk memproduksi semuanya sendiri.

4. Katering

bisnis rumahan
Beberapa orang terlalu sibuk mikir makanan Natal sampai gak sempet masak sendiri (plus.google)

Saat Natal, gak jarang keluarga ingin merayakan dengan makan-makan, namun gak ada waktu untuk masak sendiri. Katering pun jadi pilihan.

Bikin usaha katering bisa jadi bisnis rumahan jelang Natal. Terutama kalau punya ketertarikan pada bidang kuliner.

Caranya, pertama, promosikan dari mulut ke mulut dulu di lingkungan terdekat. Sertakan brosur lengkap dengan jenis masakan yang disediakan plus harganya.

Cara lainnya, manfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan. Di Facebook biasanya ada grup kuliner kota-kota tertentu. Grup itu menyediakan info kuliner plus tempat promosi kuliner lokal.

Gabung dan posting promosi di sana. Jangan lupa aktif menjawab bila ada yang tanya-tanya.

[Baca: Bisnis Ramadan: Cari Usaha yang Gak Cuma Laku Pas Ramadan? Bisnis Katering Rumahan Jawabannya!]

Itulah empat ide bisnis rumahan jelang Natal yang berpotensi laris manis. Meski cuma sampingan, tetap serius menjalankannya ya.

Bikin rancangan bujet dan rencana bisnis dengan matang agar gak malah merugi. Kan lucu niatnya mau cari tambangan penghasilan tapi malah boncos karena mengganggap remeh.

Siapa tahu bisnis sampingan ini justru sukses dan layak dipertahankan atau dikembangkan sebagai bisnis utama. Bisnis katering, misalnya.

Dari cuma melayani pesanan keluarga, bisa menyediakan jasa katering resepsi pernikahan dan rapat-rapat. Tinggal dicari saja celahnya yang enak di mana.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →