Iuran BPJS Kesehatan Naik 100 Persen, Begini Cara Hemat Uang Biar Gak Keteteran!

cara hemat uang

Cara hemat uang memang bisa dibilang susah-susah gampang. Meski terkesan sepele, nyatanya masih banyak orang yang mengalami kesulitan untuk melakukan penghematan.

Caranya tuh sederhana banget, tapi sangat berat dilakukan. Ya, apalagi kalau bukan menekan pengeluaran gaya hidup.

Memang, gak bisa dipungkiri, kebutuhan gaya hidup itu bisa membludak kalau kamu gak menahan diri dan mengatur keuangan dengan bijak.

Makanya itu, mulai sekarang sebaiknya kamu bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan biar hidup nyaman di masa tua. Kamu juga perlu memikirkan pengeluaran tambahan di awal tahun 2020 mendatang.

Pasalnya, ada beberapa pembiayaan yang mengalami kenaikan. Salah satunya adalah iuran BPJS Kesehatan.

Seperti yang dilansir dari situs resmi BPJS Kesehatan, per tanggal 1 Januari 2020 iuran akan mengalami kenaikan yang cukup drastis, yakni:

Kelas BPJS Iuran BPJS Kesehatan yang baru
Kelas 1 dari Rp 25.500 menjadi Rp 42.000
Kelas 2 dari Rp 51.000 menjadi Rp 110.000
Kelas 3 dari Rp 80.000 menjadi Rp 160.000

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang mencapai 100 persen memang sangat memberatkan beberapa pihak. Salah satunya adalah para peserta BPJS Mandiri yang harus membayar tiap anggota keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga (KK).

Kita ambil contoh para peserta mandiri kelas 1 yang memiliki dua orang anak. Sebelumnya, mereka hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 80 ribu x 4 yaitu Rp 320 ribu setiap bulan untuk bayar iuran BPJS.

Kini, per Januari 2020, mereka harus membayar iuran dua kali lipat, yakni sebesar Rp 160 ribu x 4, yakni Rp 640 ribu per bulan.

Perlu diingat, iuran BPJS Kesehatan harus terus kamu bayarkan setiap bulan agar bisa menikmati fasilitas berobat gratis. Karena itu, penting buat kamu melakukan trik penghematan biar pembayaran iuran BPJS bisa berjalan lancar.

Lalu, apa saja pengeluaran bulanan yang bisa kamu tekan untuk menghemat uang? Berikut ini adalah empat di antaranya.

Baca juga: Sebelum Iuran Naik Begini Cara Mudah Turun Kelas BPJS Kesehatan Online!

1. Membeli kebutuhan bulanan yang bisa diisi ulang

cara hemat uang
Beli produk refill aja. (Shutterstock)

Bujet untuk membeli segala kebutuhan bulanan tentu gak bisa dikurangi, tapi bukan berarti gak bisa dihemat lho.

Pasalnya, ada beberapa kebutuhan pokok yang bisa kamu siasati dan lumayan banget saving bujetnya. Contohnya saja seperti sampo, sabun mandi, sabun cuci piring dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, produk dengan wadah itu harganya lebih tinggi daripada yang refill. Perbedaan harga seribu hingga lima ribu tentu lumayan banget kan apalagi kalau dibelinya secara rutin dan dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Bayi Baru Lahir Serta Persyaratan yang Diperlukan!

2. Manfaatkan promo untuk makan dan transportasi

cara hemat uang
Manfaatkan promo dari aplikasi. (Shutterstock)

Perkembangan zaman yang kian canggih memang memberikan banyak keuntungan untuk masyarakat. Salah satunya adalah promo yang ditawarkan berbagai aplikasi.

Nah, kamu bisa banget tuh memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan penghematan bujet, seperti membeli makanan hingga ongkos pulang pergi ke kantor.

Contohnya saja Grab yang kerap memberikan potongan diskon makan dan kode promo berkendara. Buat yang intensitas penggunaannya sering, kamu juga bisa berlangganan layanan agar bisa terus menikmati promo.

Jadi, kamu diharuskan membayar sejumlah uang di awal yang akan ditukarkan dengan berbagai voucher, mulai dari promo berkendara hingga promo membeli makanan. Pilihan potongan dan berapa banyak vouchernya juga bisa kamu pilih sesuka hati.

Baca juga: Mulai Hamil Hingga Melahirkan, Ini Layanan Kesehatan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

3. Tahan godaan jajan, termasuk ngopi

cara hemat uang
Kurangin ngopi. (Shutterstock)

Cara hemat uang lainnya yang bisa kamu lakukan biar bisa bayar iuran BPJS Kesehatan adalah dengan menahan godaan jajan, termasuk beli kopi.

Pasalnya, gak sedikit orang yang masih mengeluarkan uang untuk membeli kopi kekinian yang kini memang lagi hits banget.

Harganya memang terbilang murah ketimbang kopi-kopi yang ada mall yakni kisaran Rp 12 ribu hingga Rp 18 ribu. Tapi kalau jajannya setiap hari sih pasti bakal nguras kantong banget.

Kalau biasanya kamu beli setiap hari, mulai sekarang mungkin bisa dikurangi jadi seminggu dua kali. Lumayan banget kan saving bujetnya?

4. Kurangi intensitas nge-mal

cara hemat uang
Jangan sering-sering nge-mal. (Shutterstock)

Waktu akhir pekan umumnya dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga, setelah disibukkan dengan aktivitas di hari Senin sampai Jumat.

Mal menjadi salah satu tempat favorit buat pasangan dan keluarga. Selain bisa cuci mata, kamu bersama keluarga juga bisa makan bersama hingga memanjakan anak dengan melakukan permainan yang ada di mal.

Nah, mulai sekarang kamu sebaiknya mulai mengurangi intensitas ke mal atau mengurangi melakukan hal yang menghabiskan uang.

Misalnya, kalau biasanya kamu selalu makan di restoran yang ada di mal, mungkin sekarang kamu bisa makan terlebih dahulu di rumah. Jadi, gak banyak mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

Itu dia empat cara hemat uang yang simpel dan gampang banget dilakukan agar kamu bisa lancar bayar iuran BPJS Kesehatan. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →