Sulit Nabung tapi Pengin Punya Simpanan Uang? Coba 4 Cara Menabung Ini

Cara menabung buat yang merasa susah nabung. (Shutterstock)

Banyak orang malas mulai menabung dengan alasan penghasilannya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya, banyak lho cara menabung yang bisa kamu lakukan, termasuk buat kamu yang merasa gak bisa menabung.

Dipikir-pikir, kalau memang niat mau nabung, sebenarnya uangnya ada saja. Gak percaya? Coba deh kamu hitung, berapa uang yang kamu keluarkan buat nongkrong di akhir pekan?

Ya, sebenarnya sih gak masalah juga mengeluarkan uang buat nongkrong bareng teman-teman di akhir minggu. Tapi, alangkah baiknya kalau uangnya kamu sisihkan juga buat nabung. Toh, itu buat kebaikan kamu juga.

Contohnya, kalau tiba-tiba ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang. Kamu tentu gak mau kan, ribet ke sana-sini mencari pinjaman. Bagus kalau dikasih pinjam, tapi kalau hanya jadi omongan doang kan malas banget. Iya gak?

Tapi, gak perlu khawatir, karena Lifepal akan membagikan beberapa cara menabung yang mudah dan sederhana banget untuk kamu yang gak bisa nabung.

Gimana caranya? Berikut tujuh di antaranya:

1. Celengan

seorang wanita sedang menabung di celengan

Cara menabung pertama yang bisa kamu lakukan adalah menabung dalam celengan. Kamu bisa menyisihkan uang jajanmu setiap hari.

Untuk di awal, gak perlu dengan bujet yang gede. Kamu bisa mulai dengan menabung setiap hari sebesar Rp 10 ribu. Kalau kamu konsisten dan disiplin, maka dalam sebulan kamu akan mendapatkan uang sekitar Rp 300 ribu.

Kalau mau lebih semangat, kamu bisa menabung dalam sebuah wadah yang bening dan kamu tempelkan gambar rumah, mobil atau apapun yang bisa memicu semangatmu untuk menabung.

Selain itu, disarankan agar kamu tidak menghitungnya setiap bulan. Dengan demikian, tahu-tahu uangmu sudah beranak pinak.

2. Arisan

Beberapa orang sedang arisan

Kamu tentu sudah familiar dengan arisan. Ya, hal ini biasa dilakukan oleh para ibu di lingkungan rumah. Terdengar kuno memang, tapi trik menabung arisan bisa dibilang mujarab banget, terlebih buat kamu yang susah nabung.

Mengapa? Pasalnya, dengan arisan kamu mau gak mau harus mengeluarkan uang untuk membayar iuran arisan.

Kamu bisa memulainya dengan ikutan arisan di wilayah rumah kamu atau kamu bisa mengajak teman-teman untuk main arisan. Sembari menabung bisa sekalian menjaga silaturahmi juga kan?

3. Beli barang dengan nilai jual tinggi

Beli barang dengan nilai jual tinggi

Saat dapat rezeki nomplok, jangan habiskan uangmu cuma buat senang-senang saja. Kamu bisa menyisihkan uangmu untuk membeli barang yang memiliki nilai jual tinggi. Salah satu contohnya adalah, emas batangan.

Sebenarnya sih gak ada salahnya juga kalau mau senang-senang. Tapi, jangan sampai kebablasan karena cuma akan bikin kamu susah sendiri ke depannya.

Lantas, bagaimana kalau gak ada rezeki nomplok?

Tenang aja, kamu bisa kok mulai menabung dengan memanfaatkan celengan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Nah, setiap bulannya kamu bisa mengambil uang celenganmu itu, lalu dialokasikan untuk menabung emas yang ada di Pegadaian. Meski sedikit, tapi lama-lama bisa jadi bukit. Setuju?

4. Tabungan berjangka

seseorang menyisihkan uang untuk tabungan berjangka

Cara menabung terakhir yang bisa dilakukan buat kamu yang gak bisa nabung adalah, ikut tabungan berjangka.

Pasalnya, sebagian uang kamu setiap bulan akan ditarik secara otomatis oleh pihak bank untuk dialihkan ke tabungan berjangka.

Untuk nominal dan auto debit-nya bisa kamu tentukan sendiri. Berbeda dengan tabungan yang lain, produk perbankan ini memiliki tenor atau jangka waktu menabung yaitu mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan.

Jadi, selama waktu tersebut, kamu gak bisa menarik tabungan kamu. Kalau pun ingin ditarik, maka akan dikenakan biaya penalti.

Karena itu, tabungan berjangka bisa menjadi salah satu solusi yang tepat buat kamu yang pengin menabung tapi merasa kesulitan.

5. Belanjakan untuk barang produktif

seorang pria berjas sangat produktif

Tahap selanjutnya untuk kamu yang sulit menabung dan hobi belanja ialah, mengalihkan barang belanjaanmu ke arah yang lebih produktif seperti peralatan dagang. 

Dengan begitu, uang yang kamu keluarkan gak hilang begitu aja dan memiliki manfaat lebih.

Contohnya, jika kamu adalah seorang pedagang makanan, bisa menambah peralatan dapur seperti kompor atau wajan supaya produktivitas bertambah. Toh nantinya barang yang kamu beli akan menjadi aset, bukan?

6. Beli barang antik

Beli barang antik

Tanpa kita sadari, berbelanja juga bisa menghasilkan uang yang lebih banyak. Caranya, dengan membeli barang antik. Brand-brand tas mewah seperti Hermes kadang suka memperkenalkan produk eksklusif yang dibuat hanya beberapa unit saja.

Dengan kamu membelinya, nilai dari aset tersebut bisa berlipat ganda dalam beberapa waktu kedepan karena langka diburu peminatnya. Hobi kamu tersalurkan, cuan juga dateng di saat yang bersamaan.

7. Menggunakan produk asuransi

Menggunakan produk asuransi

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih anti terhadap yang namanya asuransi. Ini gak lepas dari stigma negatif yang melekat pada namanya sejak dulu.

Padahal, di zaman yang kompleks seperti hari ini, jaminan akan masa depan yang lebih baik merupakan hal yang vital bagi seseorang pekerja maupun pengusaha.

Karena itu, produk asuransi jiwa bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang sulit nabung tapi tetap punya simpanan uang di masa depan. 

Kalau perlu uang mendesak, kamu bisa mengambil uang yang telah disetorkan kepada pihak asuransi kok. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, ya!

Itulah tujuh cara menabung yang tepat buat kamu yang susah nabung. Gak terlalu sulit kan? 

Bila kamu udah sukses menjalankannya, jangan lupa untuk mencoba metode pengelolaan keuangan 50 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk hiburan dan 20 persen untuk investasi serta tabungan agar dompet kamu selalu terisi sepanjang waktu. Semoga sukses! (Editor: Ruben Setiawan)