Duluan Dibeli Lion Air, Ini 4 Fakta Garuda Airbus yang Angkut Harley dan Brompton

pesawat garuda airbus

pesawat garuda airbus

Penyelundupan komponen Harley Davidson dan beberapa sepeda Brompton dengan menggunakan pesawat Garuda Airbus yang baru tampaknya bakal masih menjadi berita terhangat beberapa hari ke depan. Kabar terakhir nih Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara diberhentikan Menteri BUMN Erick Thohir gara-gara skandal tersebut.

Dalam konferensi pers yang digelar di Kementerian Keuangan pada Kamis (5/12), Menteri Erick telah  mengambil keputusan buat memberhentikan Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara. Sebab kasus penyelundupan yang melibatkannya telah merugikan negara sekitar Rp 532 juta – Rp 1,5 miliar sebagaimana yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Rupanya gak cuma Dirut I Gusti Ngurah Askhara yang kena pecat. Menurut informasi yang beredar, sejumlah direksi Garuda Indonesia yang terlibat dalam skandal tersebut juga diberhentikan dari jabatannya. Tercatat, ada empat direksi Garuda, termasuk I Gusti Ngurah Askhara yang ikut menjemput pesawat airbus Garuda terbaru, Airbus A330-900 Neo.

Usut punya usut, keempat direksi Garuda Indonesia tersebut ternyata gak dapat izin dinas lho buat menjemput Airbus A330-900 Neo di Prancis. Seperti yang diberitakan Katadata, Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan penjemputan pesawat yang dilakukan direksi Garuda Indonesia tersebut sebagai bentuk pelanggaran.

Padahal, udah jelas-jelas pesawat Garuda Airbus yang baru ini nantinya digunakan buat mengangkut penumpang, tapi malah disalahgunakan buat angkut Harley Davidson dan Brompton secara ilegal. Bicara soal pesawat Garuda yang baru ini, ada sejumlah fakta menarik di balik datangnya Airbus A330-900 Neo. Apa aja fakta-faktanya?

Baca juga: Salah Satunya Tersandung Kasus Korupsi, Ini Daftar Dirut Garuda yang Diterpa Isu Negatif

1. Jadi pesawat Garuda Airbus terbaru, Airbus A330-900 Neo dijual dengan harga US$ 296,4 juta

pesawat garuda airbus
Airbus A330-900 Neo. (Airbus.com)

Harga jual Airbus A330-900 Neo gak murah. Dilansir dari website resmi Airbus, harga jual satu unit pesawat Garuda Airbus terbaru ini mencapai US$ 296,4 juta atau sekitar Rp 4,16 triliun.

Maskapai Garuda Indonesia diketahui memesan pesawat Airbus A330-900 Neo sebanyak 14 unit dan pengirimannya dilakukan secara bertahap hingga tahun 2020. Pengiriman pertama pun telah sampai ke Indonesia pada 27 November 2019.

Baca juga: Ini Dia Sosok Pengganti Dirut Garuda Indonesia yang Dipecat Erick Thohir

2. Pesawat Garuda Airbus A330-900 Neo punya daya jelajah hingga 13.400 km dan bisa mengangkut 300 penumpang

Pesawat garuda airbus
Bagian dalam Airbus A330-900 Neo. (Airbus.com)

Menurut spesifikasinya, pesawat Garuda Airbus A330-900 Neo ini memiliki panjang keseluruhan 63,66 m, tinggi 16,79 m, dan lebar sayap 64 m. Pesawat ini mampu mengangkut hingga 300 penumpang dalam sekali terbang.

Airbus A330-900 Neo sendiri punya keunggulan dalam pemakaian bahan bakar. Pesawat ini diklaim bisa menghemat bahan bakar sampai 25 persen. Terus ada fasilitas in-flight entertainment, email, dan Wi-Fi bagi para penumpang.

Baca juga: Segini Harta 7 Direksi Garuda Indonesia, Ada yang Punya Kekayaan Sampai Rp 49 M!

3. Menawarkan desain baru yang membuat para penumpang semakin nyaman dan menikmati penerbangan

pesawat garuda airbus
Bagian dalam Airbus A330-900 Neo. (Airbus.com)

Kalau menengok ke dalam pesawat, Airbus A330-900 Neo benar-benar pengin memberikan pengalaman terbaik bagi para penumpangnya. Kombinasi pencahayaan lampu LED penuh warna diharap dapat menciptakan suasana yang hangat buat setiap orang di dalam pesawat.

Selain itu, pesawat Garuda Airbus terbaru ini juga menyediakan ruang tambahan buat barang bawaan penumpang. Malahan nih, penumpang bisa menaruh barang bawaan mereka di atas kursinya sendiri.

4. Sebelum Garuda Indonesia, maskapai milik konglomerat Kirana bersaudara lebih dulu beli Airbus A330-900 Neo

pesawat garuda airbus lion air
Airbus A330-900 Neo milik Lion Air. (Airbus.com)

Sayangnya, maskapai BUMN Garuda Indonesia kalah cepat dalam membeli Airbus A330-900 Neo. Maskapai swasta Lion Air telah lebih dahulu memboyong Airbus A330-900 Neo ke Indonesia.

Airbus dalam rilisnya bahkan menyebut maskapai milik konglomerat Kirana bersaudara ini sebagai pembeli pertama pesawat Airbus A330 di kawasan Asia-Pasifik. Lion Air sendiri diketahui telah memesan sebanyak 10 unit pada tahun 2018.

Nah, itu tadi beberapa fakta mengenai pesawat Garuda Airbus A330-900 Neo yang disalahgunakan buat selundupkan Harley Davidson dan sepeda Brompton. Semoga kejadian ini cukup sekali terjadi dan mudah-mudahan di bawah kepemimpinan Dirut yang baru, gak ada lagi deh skandal penyelundupan barang apa pun lewat pesawat Garuda. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis