4 Hal Baik yang Bisa Diperoleh dari Berlibur Sambil Bekerja

Dirusuhin kerjaan saat liburan? Bukan situ aja yang ngalamin. Derita liburan sambil kerja juga dialami sama yang lain. Percaya deh. Sudah ada buktinya dari survei Tripadvisor kepada pekerja di Asia Tenggara.

67 persen dari 618 partisipan yang disurvei bilang tetap bekerja sekalipun lagi liburan. Alasannya rada sepele sih. Mereka bakal merasa bersalah kalau tidak selesaikan pekerjaan meski lagi libur.

Padahal teorinya, berlibur itu sama artinya merdeka dari urusan kantor. Berlibur itu momen di mana pikiran bisa bebas dan menjaga jarak dari rutinitas pekerjaan.

Faktanya enggak seperti yang diharapkan. Merdeka dari urusan kerjaan saat liburan itu mirip pepatah ‘bagai punuk merindukan bulan’!

Mau liburan ke ujung dunia pun, kerjaan tetap saja ngikut. Selalu buntuti kemana pun pergi. Itu pekerjaan kayaknya berat banget move on.

Enggak usah menggerutu. Enggak ada yang perlu disalahkan ketika tuntutan bekerja menggerus waktu liburan. Ini soal perspektif saja kok. Woles aja.

Berlibur Sambil Bekerja 1
Porsi bekerja mungkin bisa dikurangin selama kerja. (vacation/ghiboo)

Enggak selamanya bekerja selama liburan banyak mudharatnya. Tetap ada sisi positifnya kok yang bisa diambil. Apa aja tuh? Langsung cekidot nih.

1.Dapetin suasana baru

Pijit-pijit keyboard laptop dengan view pantai dengan deburan ombak atau ditemani angin sejuk di pegunungan. Seru pastinya. Kapan lagi kerja begini.

So, sudah pasti kerja sambil liburan bakal menciptakan suasana baru. Beda jauh kalau kerja di kantor yang view-nya itu-itu aja. Apalagi berurusan sama kolega kerja yang betein.

2. Lebih produktif

Kenapa bisa lebih produktif? Karena ini soal mindset aja. Kerja remote dari kantor kemungkinan bakal bebas tekanan, enggak perlu ribut-ribut, enggak ada distorsi yang bikin mood berantakan.

Itu bisa didapat karena suasana sekeliling mendukung banget. Belum lagi bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dalam bekerja. Praktis, pikiran lebih fokus.

3. Jaring ide-ide segar

Enggak jarang lho kerja pas liburan malah mengundang ide-ide segar datang tanpa diundang. Secara tak langsung, liburan bikin pikiran lebih rileks. Otak jadi lebih lempeng.

Situasi ini mendukung banget ide-ide baru tercetus tanpa permisi. Ketika ide brilian itu diolah dan dikembangkan, siapa tahu membuat bos terpana. Eh, sepulang liburan dihadiahi promosi. Dah kebayang segrambreng tambahan bonus di slip gaji. Apa enggak asyik tuh?

4. Cobain gaya bermalas-malasan sambil kerja

Sudah sering kan kerja sambil malas-malasan. Coba sekarang dibalik. Gantian bermalas-malasan sambil kerja. Ketika biasanya otak dibuat full konsentrasi kerja, kali ini beda.

Ketika biasa mencuri-curi kesempatan buat malas-malasan saat kerja, sekarang curi-curi waktu liburan buat kerja. Bisa jadi ini bakal menambah skill multitasking.

Sedikitnya empat manfaat itu bisa didapat. Hanya jangan terlalu asyik sama kerjaan sampai lupakan liburan. Tetap ingat dong. Judulnya kan liburan.

Berlibur Sambil Bekerja 2

So, sebelum putuskan kerja sambil liburan, pastikan dulu perhatikan hal-hal ini.

  • Jangan bawa banyak-banyak materi pekerjaan

Camkan sejak awal, ini liburan. Beda sama full day work. Jadi bawalah berkas pekerjaan secukupnya. Jangan sampai bawa sekoper penuh berisi materi pekerjaan. Repot dong.

  • Atur waktu

Bikin porsi waktu kerja yang enggak ganggu masa liburan. Usahakan porsinya lebih kecil. Kalau gede, ya sama aja boong. Itu namanya tetap saja kerja. Cuma pindah tempat aja.

  • Pilih lokasi yang kondusif

Pilihlah lokasi liburan yang tetap asyik sambil kerja. Misalnya saja suasana yang tenang, koneksi internet yang stabil, dan lain-lain.

  • Hindari kerjaan yang menguras pikiran dan tenaga

Ingat sejak awal, kan lagi liburan. Jadi jauhi deh pikiran buat memforsir tenaga sama pikiran untuk bekerja. Tujuan utama liburan kan buat rileks dan menghilangkan penat dari aktivitas rutin.

Akhir kata, enggak perlu lagi alergi isi liburan sambil kerja. Sepanjang luwes mengatur waktu, pekerjaan dan liburan bisa berdampingan kok. Oh ya, hindari pasang status di sosial media yang mencak-mencak kerja sambil liburan. Bahaya kalau yang di kantor sampai baca!

 

Yang terkait artikel ini:

Masih Mau Kerja Seumur Hidup?

10 Cara Balikin Semangat Kerja Usai Liburan

Apakah Bijak Utang ke Bank Buat Biayai Liburan?

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →