4 Jenis Investasi Ini Wajib Dimiliki Mahasiswa Biar Kaya Pas Tua

Di era modern seperti sekarang ini, semakin banyak jenis investasi yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai sumber pendapatan.

Gak cuma beragam, kini juga udah banyak investasi yang menawarkan modal awal dengan jumlah yang kecil. Oleh karena itu siapa aja bisa gabung, termasuk para mahasiswa.

Ya, investasi emang sebaiknya udah dilakukan sejak muda. Pasalnya, investasi itu jangka panjang. Jadi, hasilnya baru bisa benar-benar dirasakan setelah beberapa tahun lagi.

Buat para mahasiswa yang gak pengin di masa tua nanti hidup susah, berikut ini adalah empat jenis investasi yang harus kamu miliki:

1. Reksadana

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang kini banyak dilirik orang. Pasalnya, dengan uang kecil kamu udah bisa ikutan. Gak sedikit yang menawarkan modal awal cuma Rp 100 ribu.

Selain jumlah investasinya kecil, cara bermain reksadana juga terbilang mudah karena danamu gak dikelola sendiri, tapi oleh manajer investasi.

Jadi, kamu cuma perlu menyetor dana dan perusahaan manajer investasi yang bakal bertanggung jawab mengelolanya buat mendapatkan return setinggi mungkin.

Manajer investasi juga bertugas mencari instrumen reksadana yang menguntungkan. Kamu tinggal duduk manis dan uangmu bakal beranak pinak. Enak kan?

2. Investasi saham

Investasi emang dikenal dengan high risk high return, alias risiko dan keuntungannya sama-sama gede.

Banyaknya minat masyarakat buat terjun ke investasi saham bikin banyak sekuritas yang menawarkan dana investasi dengan jumlah yang relatif kecil, yaitu Rp 2 juta. Bahkan ada sekuritas yang menawarkan jumlah investasi mulai dari Rp 500 ribu.

Buat yang satu ini emang khusus buat mahasiswa..

Buat yang pengin nyemplung ke jenis investasi yang satu ini, kamu bisa memilih investasi di saham BUMN dan saham-saham blue chip. Kenapa? Karena saham-saham ini pergerakannya lebih stabil dan likuid, sehingga risikonya pun lebih kecil.

3. Emas batangan

Emas batangan juga merupakan salah satu jenis investasi yang bisa jadi pilihan buat para mahasiswa yang masih mengandalkan uang dari orangtua.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Buat terjun ke jenis investasi yang satu ini kamu gak membutuhkan banyak uang. Pasalnya kini udah ada tabungan emas, salah satunya besutan Pegadaian.

Meski namanya tabungan, tapi bukan berarti kamu menyetor dalam bentuk emas ya. Di sini malah kamu menabung buat membeli emas. Setoran awalnya cuma Rp 7 ribu aja lho.

4. P2P

P2P Lending atau peer to peer lending merupakan jenis investasi baru di Indonesia. Jenis investasi yang satu ini tengah dilirik oleh banyak orang.

Skema P2P Lending adalah, kamu diwajibkan buat meminjamkan modal atau uang ke pelaku bisnis atau masyarakat secara umum. Nantinya kamu bakat dapat return.

Salah satu hal yang bikin investasi P2P Lending ini menarik adalah adanya timbal balik dari besaran pergerakan harga dari waktu ke waktu yang kompetitif. Jadi, return-nya bisa lebih tinggi dari deposito.

Dengan uang Rp 100 ribu kamu udah bisa jadi investor di P2P Lending lho. Cocok kan buat mahasiswa?

Itu dia empat jenis investasi yang harus dimiliki oleh mahasiswa kalau pengin kaya raya saat tua nanti. Yuk, mulai investasi dari sekarang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →