PLN Mobile: Aplikasi Cek Tagihan dan Pembayaran Listrik

pln mobile

PLN Mobile menjadi salah satu terobosan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam memberikan layanan yang terbaik buat masyarakat. 

Salah satu manfaat yang ditawarkan aplikasi dari PLN ini adalah cara cek tagihan listrik yang lebih mudah dan cepat. Namun, keuntungan-keuntungan yang diberikan aplikasi ini gak sebatas itu saja. Masih ada keuntungan-keuntungan lainnya yang ternyata gak diketahui banyak orang.

Padahal, keuntungan-keuntungan tersebut bakal membantu banget saat ada persoalan yang nantinya dihadapi para pelanggan.

Memiliki PLN Mobile juga akan membantu kamu mengetahui tagihan listrik agar tidak membengkak yang membuat beban buat keuangan. Karena itu, selain menyisihkan anggaran untuk membayar tagihan listrik dan kebutuhan primer lainnya, penting bagi kamu juga menyiapkan anggaran khusus untuk memiliki asuransi kesehatan

Lalu, apa aja keuntungan-keuntungan lain dari penggunaan PLN Mobile? Simak ulasan dari Lifepal berikut ini! 

Apa itu PLN Mobile?

PLN Mobile adalah aplikasi terintegrasi yang memadukan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). 

Aplikasi ini diluncurkan pada 31 Oktober 2016 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, bertepatan dengan hari Listrik Nasional ke-71 saat itu.

Hadirnya aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan yang selama ini diakses masyarakat. 

Sebagai contoh aja, dulunya masyarakat mesti menghubungi call center PLN di nomor 123 buat mengetahui berapa besar tagihan listrik yang mesti dibayar. Namun, kini cek tagihan listrik lebih praktis dilakukan lewat aplikasi.

Dari aplikasi ini pula, masyarakat bisa mendapat informasi mengenai pemakaian listrik, dari mendapat informasi adanya pemadaman listrik hingga menyampaikan keluhan yang dialami selama menggunakan layanan PLN. 

[Baca: Hati-hati Korsleting Listrik Bisa Sebabkan Kebakaran! Lindungi Rumah Kamu dengan Asuransi Rumah Tinggal Terbaik dan Terjangkau di Sini]

PLN baru luncurkan aplikasi New PLN Mobile

Pada Juni 2020 lalu, PLN baru merilis aplikasi PLN terbaru yang merupakan hasil pengembangan dari aplikasi terdahulunya. 

Adanya aplikasi ini diharapkan para pengguna bisa menikmati pengalaman berbeda saat hendak melakukan segala layanan dan fitur berkaitan dengan penggunaan listrik. 

Mengenai perubahan yang terjadi hanya terlihat dari tampilan aplikasinya, sementara untuk fitur-fiturnya tidak ada yang berbeda dari aplikasi yang lama, yaitu fitur pengecekan tagihan hingga fitur pembayaran. 

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan informasi-informasi mengenai layanan listrik yang ada di Indonesia, termasuk informasi pemadaman listrik bila terjadi gangguan. 

Bila dibandingkan dengan aplikasi yang lama, jelas aplikasi terbaru ini lebih mudah untuk digunakan. 

Cara download New PLN Mobile

Aplikasi PLN terbaru ini sudah bisa diunduh secara gratis di seluruh perangkat iOS ataupun Android. 

Dengan aplikasi ini, diharapkan masyarakat dalam mengetahui layanan mengenai penggunaan listrik dengan cepat dan efisien. 

Adapun tata cara download New PLN Mobile sangatlah mudah: 

  • kamu cukup masuk ke App Store bagi pengguna iOS maupun Google Play Store bagi pengguna Android 
  • lalu search PLN Mobile dan unduh secara gratis. 

Cara login PLN Mobile

Setelah aplikasi terpasang di smartphone, buka aplikasi tersebut buat melakukan cara login PLN Mobile. 

Di halaman aplikasi yang terbuka tersebut nantinya ada pilihan “Daftar” yang harus diklik agar bisa mendaftarkan diri.

Begitu pilihan Daftar diklik, pengguna diminta memasukan:

  • Nama lengkap.
  • IDPEL/Nomor Meter.
  • Lokasi persil (otomatis atau isi sesuai KTP).
  • Nomor handphone yang aktif digunakan.
  • Email atau lakukan integrasi Gmail.
  • Password sebanyak 6 digit.
  • Ketik ulang password yang sebelumnya telah dimasukkan.

Setelah melakukan semua langkah cara login PLN Mobile di atas, pengguna udah bisa sepenuhnya memakai aplikasi PLN. Gimana? Cara daftarnya mudah, bukan?

Cara cek tagihan listrik di PLN Mobile

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, fitur cek tagihan listrik menjadi salah satu keuntungan yang bisa dinikmati masyarakat dengan menggunakan PLN Mobile. Terus gimana cara cek tagihan listrik lewat PLN Mobile?

Berikut ini adalah langkah-langkah cek tagihan listrik di aplikasi milik PLN.

  1. Buka aplikasi PLN Mobile yang telah terpasang di smartphone.
  2. Kemudian pilih menu Informasi.
  3. Selanjutnya, pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda.
  5. Setelah semuanya terisi, pilih Cek Tagihan.
  6. Semua informasi tagihan listrik ataupun transaksi pembelian token ditampilkan PLN Mobile.

Kamu juga bisa mengetahui estimasi penggunaan listrik dengan Kalkulator Tarif dan Biaya Listrik dari Lifepal berikut ini:

Fitur dan layanan yang bisa digunakan di PLN Mobile

Selain cek tagihan listrik yang menjadi lebih cepat dan mudah, banyak keuntungan lainnya yang bisa masyarakat peroleh dari aplikasi keluaran PT PLN ini. 

Keuntungan-keuntungan ini disajikan secara jelas lewat fitur-fitur yang disediakan. Berikut ini sejumlah fitur dari aplikasi PLN yang memberikan banyak keuntungan.

1. Fitur Permohonan

Dalam fitur ini, sejumlah permohonan bisa diajukan ke PLN. Ada tiga permohonan yang sejauh ini bisa diajukan pelanggan, dari permohonan pasang baru, permohonan mutasi tarif/daya, hingga permohonan Penerangan Sementara (PESTA).

2. Fitur Pengaduan

Di PLN Mobile setiap pelanggan dipermudah dalam menyampaikan keluhan yang dirasakan. Kalau dulu menyampaikan keluhan itu mesti menghubungi call center, kini keluhan bisa disampaikan secara online yang notabene lebih praktis lewat aplikasi.

3. Fitur Informasi

Dalam fitur PLN Mobile yang satu ini, banyak sekali hal yang pelanggan bisa dapatkan. Pelanggan dapat peroleh Informasi Tagihan dan Token Listrik, Informasi Tarif Listrik Berlaku, Simulasi Pasang Baru, Simulasi Perubahan Daya, hingga Simulasi Penerangan Sementara.

Ada juga menu Informasi Kompensasi Tingkat Mutu Pelayanan yang diharapkan bisa mempermudah masyarakat buat mengetahui besaran ganti rugi yang diterima akibat padamnya listrik yang menjadi kesalahan PLN.

4. Fitur Pembayaran

Fitur aplikasi PLN ini memberikan manfaat untuk mengetahui besaran biaya yang sebaiknya disiapkan terkait layanan PLN yang dipergunakan. 

Di fitur ini pelanggan bisa mengecek informasi total tagihan dengan memasukkan Nomor Booking yang telah diberikan PLN.

Selain tahu besaran biaya, pelanggan juga diberi petunjuk apa aja metode pembayaran yang bisa dipilih. Sejauh ini pilihan metode pembayaran yang tersedia antara lain Layanan Satu Pintu (LSP), bayar melalui Bank Mandiri, hingga transfer antarbank.

Dengan fitur ini, kamu gak perlu lagi deh antre di kantor PLN untuk melakukan pembayaran tagihan. Cukup bermodalkan ponsel pintar dan jaringan internet, proses pembayaran sudah bisa dilakukan.

Besaran tarif listrik yang berlaku sekarang

Mengetahui besaran tarif listrik yang berlaku sekarang sangat penting agar kita bisa mengatur sampai di batas mana kita memakai listrik. 

Dengan begitu, pemakaian listrik yang boros bisa dihindari demi tercapainya efisiensi pemakaian listrik. 

Tapi untuk melakukan penghematan dalam penggunaan listrik tidak cukup hanya dengan mengetahui tarif listrik saja, kamu juga harus pintar-pintar dalam menggunakan alat-alat elektronik. 

Caranya bisa dengan menggunakan lampu secukupnya di siang hari, tidak menggunakan AC ketika cuaca sedang dingin, dan masih banyak lagi cara menghemat listrik yang bisa kamu lakukan.

Berikut ini adalah besaran tarif listrik resmi dari PLN yang diinformasikan melalui situs resmi Kementerian ESDM. Seberapa besar tarif listrik terbaru dari PLN? Cek daftarnya di bawah ini.

Golongan tarif listrik Range Daya Biaya Pemakaian
R-1/TR 0 – 450 VA Rp169/kWh
R-1/TR 451 – 900 VA Rp274/kWh
R-1M/TR 451 – 900 VA Rp1.352/kWh
R-1/TR 901 – 1.300 VA Rp1.444,70/kWh
R-1/TR 1.301 – 2.200 VA Rp1.444,70/kWh
R-2/TR 2.201 VA – 5.500 VA Rp1.444,70/kWh
R-3/TR > 5.501 VA Rp1.444,70/kWh
B-1/TR 0 – 450 VA Rp254/kWh
B-1/TR 451 – 900 VA Rp420/kWh
B-1/TR 901 – 1.300 VA Rp966/kWh
B-1/TR 1.301 – 5.500 VA Rp1.100/kWh
B-2/TR 5.501 VA – 200 kVA Rp1.444,70/kWh
B-3/TM > 200 kVA Rp1.035,78/kWh
I-1/TR 0 – 450 VA Rp160/kWh
I-1/TR 450 – 900 VA Rp315/kWh
I-1/TR 900 – 1.300 VA Rp930/kWh
I-1/TR 1.301 – 2.200 VA Rp960/kWh
I-1/TR 3.500 – 14.000 VA Rp1.112/kWh
I-2/TR 14.001 – 200 kVA Rp972/kWh
I-3P/TM > 200 kVA Rp1.035,78/kWh
I-3/TM > 200 kVA Rp1.035,78/kWh
I-4/TT > 2.000 kVA Rp996,74/kWh
P-1/TR 0 – 450 VA Rp575/kWh
P-1/TR 451 – 900 VA Rp600/kWh
P-1/TR 1.300 VA Rp1.049/kWh
P-1/TR 2.200 – 5.500 VA Rp1.076/kWh
P-1/TR 5.501 – 200 kVA Rp1.444,70/kWh
P-2/TR > 200 kVA Rp1.035,78/kWh

Itulah informasi singkat mengenai PLN Mobile, semoga dengan adanya aplikasi tersebut, kamu bisa lebih mengontrol penggunaan listrik dan lebih efisien dalam melakukan pembayarannya. 

Apabila kamu memiliki pertanyaan lainnya seputar hal-hal administratif, bisnis, asuransi, hingga keuangan, tanyakan langsung ke para ahli yang telah bekerja sama dengan Lifepal di Tanya Lifepal!

Pertanyaan-pertanyaan seputar PLN Mobile 

Berikut ini sejumlah pertanyaan-pertanyaan seputar aplikasi keluaran PT PLN yang perlu kamu ketahui. 

PLN Mobile adalah aplikasi keluaran Perusahaan Listrik Negara yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan pengecekan terhadap tagihan listrik, pengaduan layanan listrik, sampai pembayaran tagihan listrik.

New PLN Mobile merupakan aplikasi dari PLN terbaru yang fungsinya hampir sama dengan aplikasi yang lama, yaitu sebagai pengecekan tagihan listrik, pengaduan layanan listrik, sampai layanan pembayaran listrik.

Aplikasi ini juga digunakan untuk memberikan informasi-informasi terkini seputar layanan-layanan PLN.

Jika dilihat dari fungsi dan fitur-fiturnya, antara aplikasi yang lama dan yang baru tidaklah berbeda, hanya saja tampilan aplikasinya yang baru lebih modern dan lebih ringan untuk digunakan.

Layanan yang bisa kamu rasakan di aplikasi ini, di antaranya:

  • layanan pengecekan tagihan listrik,
  • pembayaran tagihan listrik,
  • layanan pengaduan,
  • layanan permohonan pemasangan listrik atau menambah daya, dan
  • layanan informasi-informasi seputar PLN.

Pastikan dulu kalau kamu sudah memiliki aplikasinya di ponsel pintar kamu. Kemudian buka aplikasi tersebut dan pilih menu Informasi.

Lalu, pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik, masukkan nomor pelanggan PLN.

Nantinya akan muncul di layar mengenai informasi tagihan listrik beserta jumlah yang harus dibayarkan.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →