Turun Drastis, Harga 4 Motor Sport Second Ini Jadi Murah Banget!

Kawasaki Ninja RR Mono (kawasaki-motor.co.id)

Bagi para cowok, punya motor keren yang gagah, besar, dan cepat bisa jadi kebanggaan tersendiri. Meski, gak sedikit juga cewek yang punya pemikiran serupa.

Memang sih tiap motor punya kelebihannya masing-masing. Kayak motor bebek yang lebih hemat bahan bakar atau motor matik yang mudah digunakan.

Tapi, bagi sebagian orang, motor bukan sekadar tunggangan. Motor juga bisa jadi representasi karakter pemiliknya. Contohnya, motor sport mungkin akan membuat rider-nya merasa lebih gagah dibanding motor matik.

Ngomong-ngomong soal motor sport, motor ini punya kelebihan yang bikin dia setingkat lebih unggul dari jenis motor lainnya. Pertama, motor sport punya tarikan dan kecepatan di atas rata-rata. Motor ini emang identik dengan kapasitas mesin yang besar dan akselerasi yang mantap. Cocok banget buat kamu yang suka memicu adrenalin.

Kedua, motor ini punya ketahanan yang bisa diandalkan. Untuk menempuh jarak jauh, motor sport lebih stabil dan tangguh. Motor ini mampu bermanuver dengan kecepatan tinggi, melintasi tikungan, tanjakan, hingga turunan yang curam. Semua bisa dilakukan dengan tetap stabil dan seimbang. Bagi kamu yang suka touring, cocok banget deh.

Meski motor sport tidak seirit motor bebek, tapi perawatan yang dibutuhkan cukup praktis. Pemeliharaan yang perlu dilakukan umumnya hanya seputar mengganti suku cadang fast moving, kayak oli, kampas rem, dan filter udara.

Kelebihan terakhir barulah soal tampilan. Motor sport punya desain dan ukurannya yang bisa menonjolkan sisi maskulinitas. Gak bisa dipungkiri tampilan motor sport bisa meningkatkan kepercayaan diri pengendaranya.

Motor Sport Tunggangan Impian

Dengan sejumlah kelebihan di atas, gak heran kalau motor sport jadi tunggangan incaran banyak orang. Sayangnya, sejalan dengan kelebihan yang dimiliki, motor ini juga dibanderol harga yang tinggi. Alhasil, bagi kamu yang berdana minim mungkin mengurungkan niat untuk membeli.

Tapi, tenang. Punya motor sport gak sesulit yang dibayangkan kok. Jika kamu memang mau punya motor keren ini, membeli motor sport bekas bisa jadi solusinya.

Udah tahu belum kalau beberapa motor sport bekas harganya anjlok di pasaran? Munculnya motor keluaran baru bisa jadi salah satu sebabnya.

Tapi meski harganya anjlok, kualitas dan spesifikasi motor-motor ini tetap bandel dan awet. Oleh sebab itu, buat beberapa jenis motor sport, mending beli bekasnya aja karena bisa hemat hampir setengah harga.

Mantap kan?

Mau tahu motor keren apa aja yang harga bekasnya turun drastis? Berikut ini daftarnya.

1. Kawasaki Ninja RR Mono

motor keren
(Image: otomotifkompas)

Siapa yang gak kenal sama ketangguhan motor Kawasaki? Sebagai rajanya motor sport, Kawasaki terkenal dengan kualitas yang baik di dunia. Nah, Kawasaki Ninja RR Mono ini adalah salah satu produknya yang punya performa mesin cukup tangguh.

Motor berkapasitas 250 cc ini sempat laris manis pada 2016 lalu. Gak kayak motor ninja RR versi biasa, versi mono menggunakan satu silinder sehingga akan terasa lebih ringan saat dikendarai. Saat ini Kawasaki Ninja RR Mono baru dibanderol sekitar Rp 44 jutaan.

Untuk motor second-nya kamu bisa dapat hanya dengan setengah harga tersebut. Kawasaki Ninja RR Mono second bahkan lebih murah dibanding motor sport kapasitas 150 cc baru. Saat ini pasaran Ninja RR Mono second berada pada rentang Rp 25-27 jutaan.

2. Yamaha Xabre 150 cc

motor keren
(Image: autonetmagz)

Yamaha Xabre diluncurkan awal 2016 lalu. Motor keluaran asal Thailand ini sempat jadi idola pada awal kemunculannya. Yamaha Xabre memiliki desain yang lebih agresif dibanding motor sport produk Yamaha lainnya. Motor ini berada pada kelas setingkat lebih tinggi dibanding Yamaha Vixion.

Pada desain body, bentuk jok belakang Yamaha Xabre terpisah layaknya motor sport modern. Penumpang juga lebih nyaman karena posisinya gak terlalu tinggi dan dekat dengan rider. Tampilan semakin kekar dan mewah dengan suspensi tipe up side down. Lekuk body motor ini juga mirip dengan motor moge 250 cc ke atas.

Yamaha Xabre dibanderol sekitar Rp 30,3 jutaan untuk produk barunya. Sedangkan, motor untuk second-nya sudah bisa kamu dapatkan dengan Rp 21 jutaan.

3. Honda CBR250R CBU

motor keren
(Image: tabitaskincarekrim)

Honda CBR 250R diluncurkan di Indonesia pada 2011 lalu. Motor ini tampil dengan desain sporty full fairing yang terinspirasi dari motor balap Honda CBR1000RR. Sebagai salah satu motor terbaik yang pernah dimiliki Honda, motor ini punya body dan tenaga yang gak bisa disepelekan.

Honda CBR 250R hadir setelah seri sebelumnya yang berkapasitas 150 cc. Dengan spesifikasi yang motor ini miliki, ia layak dianggap sebagai saingan terberat Kawasaki Ninja 250.

Harga motor keren ini jatuh di pasaran karena spare part-nya kian langka. Beberapa suku cadang bahkan hanya bisa dibeli secara inden.

Meski begitu, kualitasnya tetap bisa diacungi jempol. Jadi, buat kamu yang mau upgrade dari motor 150 cc, Honda CBR 250 R CBU ini bisa jadi pilihannya.

CBR250R second bisa kamu dapatkan dengan bujet sekitar Rp 20 jutaan. Sementara untuk barunya harganya masih di angka Rp 50 jutaan ke atas.

4. Yamaha Byson

motor keren
(Image: motorSEO.wordpress)

Yamaha Byson sempat jadi primadona pada pertengahan 2010 lalu. Motor ini jadi pelopor motor lokal dengan velg dan ban besar, dengan desain menyerupai moge.

Sayangnya, motor ini punya kemampuan berlari yang kurang mantap dibanding motor sport lainnya. Hal ini disebabkan oleh karburator yang masih bertipe vakum serta intake panjang yang bikin bahan bakar gak cepat mengaliri ruang bakar.

Meski begitu, harga Byson second cukup menggiurkan. Harga baru motor ini sekitar Rp 21 jutaan sedangkan harga bekasnya bahkan lebih murah dibanding motor matik baru di pasaran. Untuk Byson tahun awal (2010) harga second-nya mulai Rp 9 jutaan, sementara untuk tahun 2014 sekitar Rp 12 jutaan.  

Dengan tampang gahar dan tenaga yang ditawarkan, Byson bekas ini tetap layak dijadikan pilihan.

Cara Cek Motor Second

Itulah motor-motor keren yang harga bekasnya terjun bebas. Harga deretan motor bekas di atas emang menggiurkan banget kan? Nah, kamu yang minat beli motor sport bekas, perhatikan beberapa hal di bawah ini biar gak berujung kecewa yah.

Pertama, jangan tertipu dengan penampilan bodinya aja. Tampilan luar bisa jadi menarik tapi berkat polesan doang. Bagian terpenting tentu kondisi mesinnya. Sebelum sampai memeriksa bodi, pastikan juga kamu mengecek seluruh bagian mulai dari yang terkecil kaya ban, piringan rem, suspensi, dan seterusnya.

Cek juga bagian speedometer untuk tahu kilometer penggunaan. Untuk tahu apakah pengguna sebelumnya merawat motornya dengan baik atau gak, kamu bisa juga memeriksa riwayat servisnya. Dari sini dapat diketahui juga apakah motor pernah jatuh atau mengalami kecelakaan.

Supaya lebih aman lagi, jangan lupa cek nomor rangka dan mesin motor. Karena penampilan luar bisa menipu, namun kalau dalam tidak. Selain harga pasaran, kamu juga harus memperhatian kondisi fisik, lalu oli motor, perpindahan gigi, kelistrikan, roda, apakah ada kebocoran atau tidak.

Usahakan Anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.

Jangan lupa untuk coba dihidupkan dan lakukan test ride. Mintalah kepada si penjual agar anda bisa mencoba mengendarai motor tersebut. Anda tentu akan bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dan lain sebagainya.

Meski terlihat detil dan banyak, namun lebih baik teliti daripada menyesal. Bahkan untuk sebagian orang sampai ada yang mengecek rangka dan sasis motornya.

Mereka memperhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.

Itulah beberapa tips untuk memilih motor bekas. Jangan lupa sesuaikan harga yang ditawarkan oleh penjual dengan kondisi motor yang akan dijual tersebut. Karena setiap motor tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Gimana? Udah tahu mau pilih motor keren yang mana?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →