Hingga Ratusan Juta Rupiah, Ternyata ini 4 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia

Pernikahan adat menjadi salah satu tema yang banyak dipilih orang (Shutterstock).

Tak bisa dipungkiri kalau pernikahan adat menjadi salah satu tema pernikahan yang banyak dipilih orang. Pasalnya, Indonesia itu sendiri dikenal dengan keragaman budayanya yang kental.

Bahkan tak sedikit orang asing yang kerap tertarik mempelajari kebudayaan Indonesia, seperti belajar membatik hingga mengikuti upacara keagamaan di Bali.

Hal itulah yang membuat banyak orang Indonesia yang memilih untuk melangsungkan pernikahan adat ketimbang internasional.

Karena tak bisa dipungkiri kalau upacara adat setiap daerah itu berbeda-beda dan tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari rentetan acara yang cukup panjang, pernak-pernik yang meriah hingga biaya yang cukup fantastis.

Gak tanggung-tanggung, bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah lho. Wah, perlu nabung ekstra nih untuk melangsungkan pernikahan.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa pernikahan adat termahal di Indonesia seperti yang dikutip dari beberapa sumber dan pengalaman banyak orang, berikut ini.

Baca juga: 620 Juta Jiwa Dirugikan! Ini 5 Pemadaman Listrik Terbesar Skala Dunia

1. Bali

Pernikahan Adat
Pernikahan adat di Bali (Shutterstock).

Selain objek wisatanya yang mengagumkan, Bali juga dikenal dengan tradisi adatnya yang masih kental, salah satunya adalah acara keagamaan. Makanya, gak heran kalau saat berkunjung ke Bali, kamu kerap melihat masyarakat asli sana melakukan berbagai upacara keagamaan.

Hal tersebut ternyata juga berlaku jika melangsungkan acara pernikahan adat khas Bali lho. Pasalnya, calon pengantin wajib melalui rentetan prosesi tertentu yang sudah jadi turun menurun.

Dalam proses tersebut dibutuhkan banyak hal, seperti pakaian khusus beserta aksesorisnya. Belum lagi sesajen yang dibutuhkan saat melakukan pesta pernikahan yang juga cukup banyak.

“Harus ada sesajen dan dekorasinya juga menggunakan daun kelapa yang harganya kira-kira Rp 10 jutaan,” ucap Swari yang baru saja melangsungkan pernikahan dengan adat Bali kepada MoneySmart.id.

Makanya gak heran kalau pernikahan adat Bali bisa menghabiskan banyak biaya, di mana calon pengantin bisa menggelontorkan uang hingga ratusan juta rupiah.

2. Jawa

Pernikahan Adat
Pernikahan di Jawa (Shutterstock).

Kamu tentu sudah tahu kalau pernikahan menggunakan adat Jawa dapat menguras banyak biaya karena banyaknya ritual yang harus dilakukan, mulai dari sebelum pernikahan hingga resepsi berlangsung.

Seperti sebelum pernikahan akan ada mandi kembang, di mana pihak calon pengantin akan mengundang kerabat dekat yang tentu saja akan mengeluarkan biaya. Saat acara berlangsung, ada tradisi pecah telur dan lainnya.

“Perintilan-perintilan untuk acara tradisi adatnya lumayan banget menguras uang sih. Bukan cuma pas mandi kembangnya aja, tapi pas hari H berlangsung. Kayak tarik-tarikan ayam dan rentetan tradisi lain. Cuma buat itu aja, saya habis puluhan juta. Belum ditambah dengan pestanya ya,” cerita Vany saat berbincang hangat dengan MoneySmart.id.

Berbagai tradisi yang harus dilakukan oleh pihak pengantin tentu saja menguras bujet yang cukup besar. Karena itu, pernikahan adat Jawa juga dikenal dengan kemahalannya karena bisa menghabiskan dana dengan angka yang sangat fantastis.

Ditambah lagi dengan kebiasaan mereka yang mengundang banyak tamu yang membuat pengeluaran semakin bertambah.

Baca juga: Ini 5 Deretan Gempa Bumi Terbesar Skala Dunia Salah Satunya di Indonesia

3. Karo

Pernikahan Adat
Menikah dengan adat Karo (Shutterstock).

Pernikahan adat termahal di Indonesia selanjutnya adalah berasal dari Karo. Pasalnya banyak prosesi yang harus dilalui pasangan sebelum, hari H pernikahan dan juga setelah pernikahan berlangsung.

Seperti sebelum menikah ada acara Sitandan Ras Keluarga Pekepar, Mbaba Belo Selambar, dan Nganting Manuk. Setelah itu, pada hari H pernikahannya ada acara adat Persadan Tendi.

Gak sampai disitu, usai pesta berlangsung juga masih ada tahapan yaitu Ngulihi Tudung dan Ertaktak.

Rangkaian acara adat tersebut sudah pasti akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal, bahkan bisa menguras dana hingga ratusan juta rupiah.

4. Padang

Pernikahan Adat
Menikah dengan adat Padang, Sumatra Barat (Shutterstock).

Pernikahan adat Padang juga bisa membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena, mereka tak hanya melibatkan keluarga tapi juga warga sekitar dan juga kepala adat.

Sebelum acara berlangsung, ada tradisi yang namanya Malam Bainai yang dilakukan oleh mempelai perempuan, di mana akan berlangsung ritual unjuk kasih sayang oleh para sesepuh sebelum pernikahan yang dengan menghias tangan calon pengantin menggunakan inai (pacar).

“Ada Malam Bainai, itu biasanya tradisi pakai pacar dan meriah banget sih karena semua keluarga kumpul di malam itu,” ujar Geni salah satu pengantin yang menikah menggunakan adat Padang.

Tak hanya itu, ada juga acara Manjapuik Marapulai yaitu parade atau arak-arakan penjemputan pengantin pria ke tempat pernikahannya. Karena memang dalam adat Padang, pihak perempuan lah yang akan mendatangi pihak laki-laki.

“Biayanya lumayan mahal sih, waktu itu saya habis lebih dari Rp 150 juta,” lanjut Geni menerangkan.

Nah, itu dia empat pernikahan adat termahal di Indonesia. Jadi, kalau kamu ingin melangsungkan resepsi pernikahan menggunakan salah satu adat di atas, tentu harus menyiapkan bujet ekstra tak hanya untuk pestanya tapi juga tradisinya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →