Gak Kalah dengan Sepeda Brompton, Berapa Ya Harga Sepeda-Sepeda Lipat Ini?

Sepeda lipat. (Shutterstock)

Sepeda lipat merek Brompton lagi populer saat ini gara-gara dimasukkan secara ilegal ke Indonesia oleh Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara. Barang-barang selundupan ini didapati petugas Bea Cukai saat mengecek hanggar pesawat milik PT GMF AeroAsia pada Minggu (17/11).

Kabar masuknya sepeda lipat Brompton dan beberapa komponen motor Harley Davidson secara ilegal melalui pesawat baru Garuda Indonesia Airbus A330-900 NEO bikin heboh masyarakat. Menteri BUMN Erick Thohir yang juga mendengar kabar ini bereaksi dengan mengambil sikap tegas.

Karena PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. berstatus sebagai BUMN, Menteri Erick menyatakan sikapnya dengan memberhentikan Dirut Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara. Menurut informasinya nih kerugian penyelundupan barang-barang tersebut sekitar Rp 532 juta – Rp 1,5 miliar seperti yang disampaikan Menkeu Sri Mulyani pada Kamis (2/12).

Menariknya, sepeda lipat Brompton ini emang lagi populer lho di Indonesia. Bermula dari anggota Kerajaan Inggris yang berkendara dengan sepeda ini, penggunaan Brompton menjadi tren di Inggris hingga akhirnya di negara-negara lain gak terkecuali di Indonesia.

Walaupun begitu populer, gak semua orang bisa beli sepeda Brompton lho. Asal tahu aja nih, sepeda ini dijual mulai dari harga Rp 50 jutaan. Harga segitu sih di sini udah bisa dapat sepeda motor. Malahan harga per unit sepeda selundupan Dirut Garuda Indonesia ditaksir Rp 50 juta hingga Rp 60 juta.

Sekalipun populer, sepeda Brompton bukannya tanpa pesaing lho. Masih ada sepeda-sepeda lipat lainnya yang gak kalah kece dan mahal dibandingkan Brompton. Sepeda apa aja itu? Berikut ini daftarnya seperti yang dikutip dari The Independent.

Baca juga: Harganya Mencapai Rp 60 Juta! Ini Lima Keunggulan Sepeda Lipat Brompton

1. Hummingbird Single Speed – Rp 64 jutaan

sepeda lipat hummingbird
Hummingbird Single Speed. (Hummingbirdbike.com)

Sepeda lipat gak kalah keren dibandingkan Brompton. Udah gitu harganya juga bukan main mahalnya. Sepeda lipat single speed merek Hummingbird dijual dengan harga 3.495 pound sterling atau sekitar Rp 64 jutaan.

Hummingbird sebagai produsen mengklaim sepedanya ini sebagai sepeda teringan di dunia. Hummingbird sendiri merupakan perusahaan sepeda yang berdiri di London pada tahun 2015. Cukup banyak pilihan sepeda lipat yang ditawarkan dari Single Speed, Multi-Speed, hingga Electric.

Baca juga: Ada yang Rp 7,2 Miliar! Apa Istimewanya 5 Sepeda Termahal di Dunia ini?

2. Riese & Müller The Birdy – Rp 36 jutaan

 

sepeda lipat riese muller birdy
Riese & Muller The Birdy. (r-m.de)

Dari Jerman, ada sepeda lipat merek Riese & Müller yang menjadi kompetitor dari sepeda Brompton. Riese & Müller memperkenalkan model sepedanya, yaitu The Birdy.

Ada tiga tipe dari The Birdy, yaitu Birdy City, Birdy Touring, dan Birdy Rohloff. Soal harga, Riese & Müller menjual Birdy City di angka 2.499 euro atau sekitar Rp 38 jutaan. Birdy Touring dijual di harga 2.349 euro atau sekitar Rp 36 jutaan. Sementara Birdy Rohloff dijual pada harga 3.779 euro atau sekitar Rp 58 jutaan.

Riese & Müller berdiri pada tahun 1993. Selain model sepeda lipat, cukup banyak yang model lain yang ditawarkan pabrikan sepeda asal Jerman ini, mulai dari sepeda gunung hingga sepeda listrik.

Baca juga: Motor Termahal Sejagat Seharga Miliaran Rupiah, Termasuk Harley Davidson?

3. Giant Halfway – Rp 11 jutaan

 

sepeda lipat giant halfway
Giant Halfway. (giant-bicycles.com)

Giant Bicycles adalah produsen sepeda asal Taiwan. Produsen sepeda ini memperkenalkan sepeda lipat Halfway sebagai model sepeda lipatnya di tahun 2019. Sepeda Giant Halfway dijual dengan harga 599 pound sterling atau sekitar Rp 11 jutaan.

Giant Halfway menawarkan keunggulan dari sisi mobilitas sebab sepeda ini dibuat dari rangka aluminium yang ringan. Terus dilengkapi dengan fitur-fitur cerdas yang terintegrasi dan juga memiliki desain yang simpel.

Giant Bicycles diketahui berdiri sejak tahun 1972. Keberadaannya telah diakui sebagai produsen sepeda terbesar di dunia.

4. Dahon Curve i3

sepeda lipat dahon curve
Dahon Curve i3. (eBay)

Begitu pun dengan Dahon Curve i3. Sepeda ini punya harga yang terjangkau dibandingkan dengan sepeda Brompton. Desainnya pun gak kalah modern dan simpel. Harga Dahon Curve i3 berada di angka US$ 656 atau sekitar Rp 9,2 jutaan.

Dahon dikenal sebagai produsen sepeda asal Amerika Serikat. Dahon berdiri pada 1982 dan menawarkan berbagai pilihan sepeda lipat.

Itu tadi beberapa sepeda lipat yang menjadi pesaing sepeda Brompton, baik dari segi harga maupun model. Nah, kira-kira mana yang oke menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →