Mau Investasi Reksadana Online? Ini Rekomendasi Terbaiknya

reksadana online

Reksadana merupakan salah satu instrumen keuangan dari kerja investasi. Tapi, kalau kamu masih belum juga berinvestasi reksadana karena tak mau ribet, reksadana online bisa jadi solusinya. 

Terdapat beragam reksadana online terbaik yang tersedia untuk kamu investasi tanpa perlu ke luar rumah ataupun ke luar kantor.

Sebelum mengetahui lebih lanjut, kamu harus ketahui ada lima jenis reksadana dengan keunggulan masing-masing dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yaitu, reksadana saham, pasar uang, campuran, pendapatan tetap dan indeks.

Di masa serba-online seperti saat ini, mengurus reksadana bisa dilakukan dengan cara digital. Tanpa perlu antre di bank, beli reksadana online bisa dilakukan lewat ponsel. Untuk verifikasi, kamu hanya perlu menyiapkan data berupa nomor KTP, nama, dan nomor rekening.

Nah, untuk mengetahui caranya lebih lengkap dan pilihan tempat reksadana online, ini dia rangkumannya.

Situs penyedia informasi investasi reksadana online terbaik

reksadana online
reksadana online

Sebenarnya, ada empat tempat terpercaya untuk reksadana online ini. Yaitu, reksadana online kategori perbankan; supermarket reksadana non-bank dan lembaga keuangan; reksadana online kategori sekuritas; dan e-market place dengan reksadana online termasuk e-wallet sebagai penjual reksadana online.

Namun, kali ini Lifepal membahas lima kategori reksadana online terbaik yang bisa dibeli sesuai budget kamu:

Bareksa

Dalam perjalanannya, Bareksa telah berdiri sejak awal tahun 2013. Menjadi salah satu pionir yang berhasil memperoleh lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam hal penjualan reksadana melalui internet kepada nasabah.

Perkembangan Bareksa sangat pesat seiring nasabahnya yang semakin bertambah. Sepanjang masa itu, Bareksa sudah menjual beragam jenis reksadana mulai dari konvensional sampai syariah. Produk yang ditawarkan, ada reksadana pasar uang, saham, pendapatan tetap, campuran dan indeks.

Mengenai teknis pembelian, kamu hanya perlu mengisi profil risiko investasi dan biodata diri. Selanjutnya hanya menunggu persetujuan untuk proses transaksi. Proses approval-nya? Gak sampai lebih dari 1X24 jam kok.

Di Bareksa, kamu bisa melakukan investasi mulai dari Rp100 ribu saja. Informasi lebih lanjut mengenai reksadana dari situs resminya, klik saja di sini.

Ipotfund

Diluncurkan pada tahun 2014, Ipotfund yang dibesut oleh PT Indo Premier Securities, diklaim sebagai supermarket reksadana online pertama di Indonesia.

Bisa dibilang, Ipotfund menjadi tempat beli reksadana online terlengkap di Indonesia. Pasalnya, Ipotfund sudah menggandeng 80 manajer investasi dengan jumlah dana pengelolaan mencapai ratusan miliar rupiah.

Ada empat jenis reksadana yang disediakan Ipotfund, yaitu reksadana saham, campuran, pendapatan tetap dan pasar uang.

Seperti halnya Bareksa, mendaftar di Ipotfund pun cukup mudah. Kamu bisa membuka situs resmi Indo Premier lalu mengisi formulir pendaftaran.

Setelah lengkap, isi formulir bisa di-print dan ditandatangani (dengan materai) untuk selanjutnya dikirim ke Indo Premier dengan menyertakan KTP, NPWP, dan fotokopi buku tabungan halaman depan. Dokumen bisa dititipkan ke cabang Indo Premier terdekat.

Proses approval hanya membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak dokumen diterima. Setelahnya, kamu akan mendapatkan user id, password, dan PIN transaksi.

Yang menarik dari Ipotfund yaitu tidak ada biaya bulanan atau administrasi, serta biaya transaksi beli dan jual.

Bukareksa (Bukalapak)

Sepintas kok namanya kayak Bareksa ya? Betul, Bukareksa merupakan hasil kerjasama antara e-marketplace Bukalapak dengan Bareksa itu sendiri. Telah berdiri sejak tahun 2017.

Bukareksa menawarkan user experience yang mudah seperti saat kita berbelanja online. Selain itu, keunggulan menariknya yaitu kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp10 ribu saja. 

Nominal tersebut terbilang sangat murah karena platform lain umumnya mematok harga sebesar Rp100 ribu.

Bukareksa juga terbilang berkembang dengan pesat. Pasalnya, Bukareksa sudah menyediakan 10 manajer investasi dari awal peluncuran yang hanya tersedia satu, yaitu CIMB-Principal Bukareksa Pasar Uang.

Untuk pendaftarannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuka website Bukalapak dan mengikuti arahan selanjutnya.

Tokopedia Reksadana

Mengikuti jejak Bukalapak, Tokopedia juga meluncurkan fitur investasi reksadana online, yaitu Tokopedia ReksaDana yang diluncurkan sejak Februari 2018. Tokopedia Reksadana bekerja sama dengan Bareksa sebagai agen Penjual Efek Reksadana (APERD).

Kini, Tokopedia Reksadana sudah menyediakan dua pilihan reksadana untuk kamu, yaitu Syailendra Dana Kas (reksadana konvensional) dan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra (reksadana syariah). Seperti Bukareksa yang mematok harga sebesar Rp10 ribu saja, Tokopedia Reksadana pun demikian.

Selain prosesnya yang cepat dan mudah, Tokopedia Reksadana juga memiliki layanan dompet elektronik TokoCash. Dengan begitu, kamu bisa berinvestasi reksadana dengan mudah, dan reksadanamu pun nanti bisa dicairkan dengan mudah pula saat dananya ingin digunakan.

Dengan menabung di Tokopedia Reksadana, risiko terbilang sangat rendah dan likuid karena investasi tersebut dapat dicairkan secara instan, kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Tokopedia. 

Bibit Reksadana

Bibit Reksadana adalah aplikasi investasi reksadana online yang membantu kamu memilih produk terbaik. Tujuan aplikasi PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit) ini yaitu membantu investor, terutama pemula, berinvestasi reksadana secara mudah dan sesuai toleransi atau profil risiko dan tujuan keuangan kamu.

Jadi, bisa dibilang bahwa Bibit ini membantu kita yang masih “hijau” di reksa dana agar tidak salah pilih produk.

Bibit merupakan agen penjual efek reksa dana (APERD) yang didirikan pada Januari 2019. Bibit juga telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang melegalkan Bibit sebagai penjual reksadana.

Salah satu keunggulan investasi reksadana secara online adalah biaya administrasi dan fee lainnya lebih sedikit dibandingkan berinvestasi langsung ke manajer investasi. Selain itu, bisa dicairkan kapan saja, dan gratis biaya komisi. 

Untuk berinvestasi di Bibit Reksadana, maka aplikasi ini awalnya akan mempelajari profil risiko nasabah dan merekomendasikan alokasi investasi yang paling optimal. Misalnya, kalau profil kamu agresif, maka Bibit akan menyarankan alokasi dana investasi lebih banyak ke reksa dana saham.

Sebaliknya, jika profil kamu konservatif, maka kamu bakal disarankan mengalokasikan lebih banyak investasi di reksa dana pasar uang dan obligasi. Saran ini bisa disesuaikan dengan tujuan investasi diri kamu sendiri. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya di ulasan Lifepal terkait Bibit Reksadana.

Nah, itu dia lima tempat beli reksadana online yang bisa kamu pilih dan dapat disesuaikan dengan kantongmu. Sudah siapkah kamu untuk berinvestasi?

Sebelum memutuskannya, sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu kondisi keuanganmu secara online di Lifepal financial checker! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →