25 Aplikasi Keuangan Terbaik di Android dan iOS Tahun 2020

Kebanyakan dari kita mungkin sering ngedumel soal pengelolaan keuangan yang gak pernah tercatat rapi. Bahkan, kita sering lupa uang harian udah habis dipakai buat apa aja. Tahu sih ada aplikasi keuangan yang bisa dimanfaatkan, tapi tetep males karena terkesan ribet.

Bisa sih sebetulnya tiap pengeluaran dicatat dalam buku harian biar kita tahu ke mana aja tuh duit terpakai. Tapi terkadang malas aja kalau ke mana-mana harus bawa buku catatan itu.

Tapi tenang, sekarang udah ada aplikasi keuangan buat mencatat pengeluaran dan pemasukanmu. Aplikasi ini bisa bantu kamu buat mengelola uang tanpa harus menulis di buku catatan.

Nah, ini dia 25 aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa diunduh di Android. Dijamin bakal bikin arus kas kamu lebih teratur tahun ini.

1. Keuangan Keluarga

Aplikasi pengelolaan keuangan pertama yang bisa kamu coba adalah keuangan keluarga yang bisa diunduh di Google Play. Sesuai dengan namanya, piranti lunak ini cocok digunakan oleh kamu yang udah memiliki keluarga sendiri.

Salah satu penyebabnya adalah karena terdapat fitur yang bisa menggabungkan seluruh pengeluaran dan pendapatan sesuai dengan jumlah keluarga yang kamu miliki.

Jadi kamu gak perlu memisah-misahkan lagi anggaran untuk diri sendiri, suami atau istri serta anak.

2. Catatan Keuangan Harian

Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, kamu harus masuk ke menu utama. Di sana ada tombol Tambah untuk memulai aktivitas keuangan kamu.

Jika kamu mau belanja sesuatu, kamu tinggal pilih pengeluaran, masukkan kategori, dan jumlah duit yang dibelanjakan. Aplikasi ini dengan sendirinya akan mencatat riwayat pengeluaran kamu.

Sebaliknya, jika kamu ingin memasukkan jumlah uang yang masuk, kamu tinggal pilih pemasukan dan pilih kategori Gaji, Hasil Usaha, atau Bonus. Masukkan juga jumlah duit yang ingin kamu catat.

Nah, pada tombol laporan, kamu akan melihat apa aja uang yang masuk dan keluar. Laporan bisa dilihat per minggu, per bulan, hingga per kategori. Ini memudahkan kamu dalam mengetahui cashflow per bulan.

Aplikasi Catatan Keuangan Harian bisa kamu unduh di Google Play Store. Aplikasi yang dikembangkan oleh AsyncByte Software di Surabaya, Jawa timur ini udah diunduh oleh 100.000 orang dengan rating 4.6.

3. Monefy

Monefy hadir sebagai aplikasi pengatur keuangan pribadi dengan tampilan yang simple sehingga memudahkan kamu dalam mengatur keuangan. Aplikasi buatan Aimbity ini menjagokan layanan yang dapat dipersonalisasi atau mudah disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Di sini, kamu bisa membuat akun berbeda untuk kategori uang tunai, rekening bank, atau akun buatanmu sendiri yang nantinya dicatat secara terpisah.

Selain itu di Monefy ada beberapa kategori yang bisa kamu gunakan untuk mengatur anggaran seperti makanan, entertain, tagihan atau kategori lain buatan kamu sendiri. Dengan begitu persentase pengeluaran kamu untuk masing-masing kategori setiap hari, minggu, bulan, hingga tahun langsung otomatis dihitung Monefy.

Buat kamu yang tertarik dengan aplikasi ini, ada dua versi yang bisa kamu unduh yaitu gratis atau berbayar (bebas iklan).

4. Pengeluaran bulanan

Aplikasi pengelolaan keuangan yang satu ini memiliki tampilan yang sederhana. Untuk mulai menggunakannya, kamu cuma perlu menekan tombol (+). Kemudian pilih tombol Expense untuk uang pengeluaran dan Income untuk uang yang masuk.

Setelah itu, kamu ketik aktivitas pemasukan dan pengeluaran kamu. Misalnya kamu baru aja beli jaket. Di tombol Expense kamu tulis “Beli Jaket” dengan biaya Rp500.000. Nanti aplikasi akan mencatat aktivitas keuangan kamu berikut pengurangan uang yang udah kamu belanjakan tadi.

Aplikasi ini juga bisa diunduh di Google Playstore. Hingga kini, jumlah pengunduh aplikasi tersebut mencapai 50.000 dengan rating 4.5. Aplikasi ini dikembangkan oleh Gherdianto yang berdomisili di Palembang, Sumatera Selatan.

5. Financisto

Aplikasi multi-akun yang bisa mengatur keuangan dalam berbagai mata uang ini sifatnya seperti detektif lho. Karena Financisto bisa membantu kamu melacak uang yang masuk atau keluar, jika kamu lupa asal uang tersebut. Nah, hasil lacakannya bisa menampilkan jenis pengeluaranmu plus tanggal transaksinya juga lho! Tak salah kalau aplikasi ini bisa mempermudah kamu memantau keuangan harian kamu.

6. Aplikasi Keuangan – SukronMoh

Buat kamu yang susah untuk menabung atau sulit menyisihkan uang setiap bulannya, nih bisa pakai aplikasi keuangan. Dengan aplikasi besutan Sukron Moh ini, kamu bisa mengatur pengeluaranmu selama satu bulan.

Selain itu, aplikasi ini akan memberikan laporan selisih penghasilan dan pengeluaran kamu harian dan bulanan. Dan juga memberi laporan berupa grafik saldo, jadi kamu mudah dalam mengontrol pengeluaran secara berkala.

7. Dompet Manager

Berbeda dengan aplikasi lain, Dompet Manager punya fitur yang bisa menambahkan foto nota transaksi. Jadi nota pengeluaran dan pemasukan kamu bisa tercatat di aplikasi ini.

Untuk memulainya, kamu bisa masuk ke menu Beranda. Kemudian pilih fitur Pengeluaran dan Pemasukan. Masukan jumlah duit yang masuk dan keluar sesuai hari transaksi kamu. Nanti aplikasi dengan otomatis merekam aktivitas keuangan kamu itu.

Aplikasi Dompet Manager dikembangkan oleh ChipBear yang beralamat di Surabaya, Jawa Timur. Hingga saat ini aplikasi tersebut udah diunduh 10.000 orang dengan rating 4.5.

8. Mint

Tahu dong rasa permen mint? Terasa segar di mulut kan. Nah seperti permen, aplikasi Mint hadir untuk membantu kamu menyegarkan kembali siklus keuanganmu. Mint bisa membantu kamu untuk menyusun anggaran tetap terkontrol dan tidak melebih pemasukanmu.

Misalnya, ketika kamu belanja, kamu bisa catat pengeluaranmu itu masuk kategori keperluan sehari-hari, pakaian atau elektronik. Begitu juga saat kamu mengeluarkan uang untuk makan, segera catat pengeluaranmu di kategori Food & Dining.

Serunya memakai aplikasi ini selain mengontrol siklus keuanganmu, Mint juga bisa jadi pengingat tagihan setiap jatuh tempo, jadi kamu gak bakal terlambat lagi bayar tagihan. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang sibuk namun butuh pengontrol keuangan yang otomatis.

9. MoneyWise

Aplikasi pelacak untuk pengeluaran dan pemasukan keuangan ini menawarkan beberapa akun, penyesuaian anggaran, grafik biaya dalam kategori dan waktu, juga penanda biaya, dan manajemen anggaran. Meski didukung dengan beberapa bahasa, sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mata uang USD dan EURO saja.

Kelebihan dari MoneyWise adalah dengan mereview apa saja kebiasaan pengeluaranmu dan mencoba mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Sehingga kamu bisa menyisihkan uangmu untuk tabungan atau investasi.

10. Keuangan Pribadiku

Aplikasi pengelolaan keuangan yang satu ini tampilannya agak menarik. Ketika kamu buka halaman utama, kamu akan melihat fitur Pemasukan, Mutasi, Pengeluaran, Grafik, Riwayat, dan Laporan dengan ikon eye-catching.

Untuk mulai menggunakannya, kamu juga bisa pilih fitur-fitur di atas. Sebagai contoh, kamu baru aja nerima gaji dari tempat kamu kerja sebesar Rp5 juta. Kamu tinggal ketik Gaji di judul Pemasukan, lalu ketik Rp5 juta di jumlah pemasukan.

Setelah itu, aplikasi akan mencatat secara otomatis besaran uang yang masuk tadi. Kemudian jika kamu belanja dengan jumlah Rp500.000 misalnya, maka uang Rp5 juta tadi secara otomatis akan berkurang.

Aplikasi Keuangan Pribadiku ini udah memiliki sekitar 10.000 pengunduh dengan rating 4.5. Aplikasi ini dikembangkan oleh Firdaus Kurniawan dengan alamat di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

11. MoneyWiz

Aplikasi terakhir yang gak kalah saing dengan lainnya adalah MoneyWiz yang cocok buat kamu yang sudah terbiasa dengan aplikasi sejenis. Kurang lebih sama dengan aplikasi lainnya, MoneyWiz bisa mencatat saldo di beberapa rekeningmu, anggaran kebutuhan dan juga tagihan yang harus dibayar dalam satu tempat.

Tersedia dalam versi gratis dan berbayar seharga Rp70 ribu-an (disesuaikan dengan nilai kurs dollar saat ini), MoneyWiz memiliki fitur tambahan seperti sinkronisasi akun berbasis Salt Edge dengan online banking (BCA, Mandiri dan Danamon).

12. Financial Calculator

Keenam, ada aplikasi pengelolaan keuangan yang dibuat oleh developer Bishinews. Di aplikasi ini kamu bisa mencatat berbagai macam transaksi mulai dari pengeluaran hingga pemasukan.

Selain mencatat arus transaksi, Financial Calculator juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti kalkulasi peminjaman uang, konversi kurs mata uang serta pengaturan uang saat pensiun.

13. Aplikasi Keuangan – Pembukuan Keuangan

Aplikasi Catatan Keuangan memberi kemudahan bagi kamu untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan bulananmu. So, dengan aplikasi ini kamu bisa mengontrol setiap pembelanjaan yang disesuaikan dengan pemasukan bulanan kamu.

Nah, buat kamu yang pelupa, gak perlu khawatir karena aplikasi ini juga menyediakan fitur pengingat untuk membayar tagiham. Baik tagihan kartu kredit atau lainnya.

Kelebihan lain yang dimilik Catatan Keuangan adalah kamu bisa mengakses aplikasi ini di mana pun dan kapan pun karena aplikasi ini otomatis tersambung ke semua gadgetmu. Tambahan lagi nih, aplikasi ini menginformasikan nilai tukar mata uang dari seluruh dunia.

14. Money Lover

Selanjutnya, ada aplikasi keuangan Money Lover yang dibuat oleh pengembang Finsify. Aplikasi ini sempat mendapat penghargaan sebagai aplikasi Android terbaik serta Editors Choice.

Fitur utama yang disediakan oleh Money Lover adalah Money Manager, Budget Planner, Goal Wallet, Reporting, Linked Wallet dan Credit Wallet.

15. Uangku

Aplikasi ini memiliki fitur yang sederhana namun rinci dan terstruktur, karenanya buat kamu yang pemula menggunakan aplikasi keuangan, Uangku bisa jadi pilihan. Di awalnya, aplikasi ini meminta kamu untuk membuat target tabungan dan pengeluaran. Nah, nanti secara otomatis aplikasi ini langsung menghitung batas maksimal pengeluaran kamu selama satu hari hingga kamu mampu mencapai target tersebut.

Di Uangku ada fitur kalender dan statistic yang memudahkan kamu dalam melacak keuanganmu. Setiap transaksi harian atau pun bulanan bisa tersaji di fitur tersebut.

16. Finansialku

Ada lagi aplikasi bagus dan aman yang sudah memegang sertifikat CFP (Certified Financial Planner) yaitu Finansialku. Di Finansialku kamu bisa menentukan anggaran berdasarkan dana yang ada di rekeningmu. Jadi, kamu bisa menghubungkan akun aplikasi keuanganmu ini dengan rekening yang kamu miliki.

Selain bisa mengontrol bujetmu, Finansialku juga bisa memberi solusi dengan tips-tipsnya dalam mengatur keuangan secara efektif dan efisien.

17. Cash droid

Gak mau ketinggalan, pengembang aplikasi The Dino membuat app bernama Cash droid. Aplikasi ini menawarkan kemudahan kepada penggunanya tanpa perlu takut banyak iklan dan sistem keamanan yang lemah.

Bahkan kamu juga bisa memasukkan anggaran pembelian rumah di dalam aplikasi ini lho supaya manajemen finansial kamu menjadi lebih baik lagi.

18. Teman Bisnis

Sesuai namanya, aplikasi ini memang diperuntukkan untuk keuangan bisnis, terutama buat kamu yang sedang merintis usaha. Dengan aplikasi Teman Bisnis pemasukan dan pengeluaran usaha dari berbagai sumber bisa tercatat di sini. Dan masing-masing sumber juga dimasukkan dalam kategori yang berbeda, agar kamu mudah melacak transaksinya.

Gak hanya transaksi dalam bentuk tunai, Teman Bisnis juga dirancang untuk mencatat transaksi dalam bentuk kredit atau utang. Namanya usaha, pasti ada laporan untung ruginya. Dan kamu gak perlu khawatir, Teman Bisnis secara otomatis akan menghitung laporan laba rugi, utang piutang dan pertumbuhan kas usahamu secara periodic.

Tak cukup sampai di situ, di Teman Bisnis ada panduan dan informasi singkat mengenai pengelolaan bisnis di konten “kelas mikro”. Tertarik? Kamu bisa mengunduhnya melalui PlayStore.

19. Money Manager

Kalau dilihat dari fungsi dan antarmuka, aplikasi ini cocok buat kamu yang rajin mencatat pengeluaran dan pemasukan harian. Money Manager juga memiliki fitur laporan penggunaan kartu debit ataupun kartu kredit.

Tak hanya di smartphone saja aplikasi ini bisa bekerja, Money Manager bisa terintegrasi dengan PC atau laptop kamu. Aplikasi pengatur keuangan PC ini jadi memudahkan kamu memantau laporan keuangan selain di android. Money Manager ini tersedia dalam dua versi, gratis dan berbayar.

Untuk versi gratis, Money Manager dapat membagi transaksi ke tiga akun, yaitu tunai, rekening, dan kartu pembayaran. Nah, setiap transaksinya, Money Manager akan mendata harta dan utang dari ketiga akun tersebut.

Sedangkan untuk versi berbayar dengan harga Rp63 ribu akan membebaskan kamu dari tampilan iklan dan bisa untuk menambah jumlah akun dan menggunakannya lewat PC.

20. Wallet

Kalau kamu pengin mencari aplikasi keuangan yang menampilkan report yang mudah untuk dibaca serta digunakan, bisa mencoba aplikasi pengelolaan keuangan Wallet.

Fitur unggulan yang ada dalam Wallet adalah update otomatis dari akun rekening bank kamu. Menarik bukan?

21. Daily Expenses License

Meski aplikasi ini berbayar, tapi kamu gak bakalan rugi untuk menggunakannya. Pasalnya, aplikasi yang dibandrol harga Rp50 ribu-an (per Februari 2020) ini bisa memberi laporan segala jenis pengeluaranmu. Dan kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di aplikasi ini tanpa terbatas.

22. Andro money (expense track)

Aplikasi lain yang bisa membantu kamu menentukan anggaran seperti bujet makan, furniture, keperluan rumah tangga, nonton di bioskop sampai traveling bisa gunakan AndroMoney. Software keuangan ini punya tampilan yang simple tapi rinci, dengan fitur kustom anggaran secara rinci, juga grafik yang menunjukkan pengeluaran kamu.

Plus, penyimpanan datamu langsung ke Dropbox dan Google Docs. Jadi kamu gak perlu bingung lagi, karena AndroMoney membuat pemasukan dan pengeluaran keuanganmu jadi lebih rinci dan efisien.

23. Spendee

Terakhir ada aplikasi pengelolaan keuangan bernama Spendee yang dibuat oleh Spendee a.s. Di sini kamu bisa mencatat segala transaksi keuangan pribadi dari yang jumlahnya kecil hingga besar.

Selain sekedar mencatat keuangan, kamu juga bisa dibantu untuk menghemat keuangan pribadi melalui fitur yang disediakan. Penggunaannya juga cukup mudah.

24. Sepran (express manager)

Aplikasi ini dapat membantu kamu dalam membuat catatan pemasukan dan pengeluaran harian secara mudah dan cepat. Input datanya yang sederhana plus adanya fitur pengingat, bisa membuat kamu mencatat laporan keuanganmu secara berkala. Tak hanya itu, kelebihan dari Sepran bisa digunakan tanpa koneksi internet atau aplikasi keuangan android offline. Sehingga kamu bisa akses aplikasi ini kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi Sepran ini bisa dirancang untuk membuat rekapan sesuai keinginanmu, lho! Jadi bisa diatur secara mingguan, bulanan bahkan tahunan. Eits, gak sampai di situ kelebihannya. Sepran menjamin data kamu aman meski kamu gonta ganti handphone. Kok bisa? Ya, karena kamu dapat backup datamu yang ada di aplikasi ini ke Google Drive pribadimu.

Ah, aplikasinya sering dibanjiri iklan! Nah, kalau kamu gak mau iklan seliweran, kamu bis pakai Sepran Versi Pro. Data kamu yang ada di Sepran gratisan bisa kamu restore dengan cepat. So, tunggu apalagi buat pakai Sepran?

25. 1Money

Aplikasi ini bisa memudahkan kamu dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran. Jadi, kamu bisa menentukan anggaran pengeluaran yang bisa disesuaikan dengan pemasukanmu. Fitur lain yang bisa membantu kamu tetap on budget adalah fitur tracking yang berfungsi untuk melacak setiap pemasukan dan pengeluaran secara detil. Selain itu, fitur ini bisa juga kamu gunakan untuk sarana menabung jika ada pemasukan tak terduga. Seru ya!

Tips mengelola keuangan

Percuma aja kamu menggunakan salah satu atau semua aplikasi di atas apabila belum menerapkan pengelolaan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan aplikasi keuangan.

  • Catat semua pendapatan dan pengeluaran
  • Batasi budget bulanan
  • Pahami mana yang kebutuhan dan keinginan
  • Menabung dan berinvestasi

Nah, itulah 25 aplikasi pengelolaan keuangan yang bisa membantu merapikan cashflow kamu. Aplikasi ini sangat membantu buat siapa aja yang ingin pemasukan dan pengeluaran keuangannya tercatat rapi.

Tapi jangan lupa ya, kamu harus rajin mencatat tiap aktivitas keuanganmu dalam aplikasi yang kamu pilih di atas. Kalau gak dicatat ya sama aja bohong. 25 aplikasi tadi hanyalah alat untuk membantumu lho, bukan asisten pribadi yang bisa mikir sendiri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →