5 Aplikasi Smartphone untuk Bisnis yang Penting Buat Mendongkrak Omsetmu

Punya usaha kalau gak mengikuti perkembangan zaman, siap-siap saja tenggelam. Kemajuan zaman bisa banyak bermanfaat buat usaha kita, lho.

Lihat tuh gimana lahirnya Go-Jek bisa membantu pemilik warung makan memasarkan usahanya. Dulu, orang harus datang untuk membeli makanan di sana.

Kini, orang tinggal buka hape dan pesan lewat aplikasi Go-Jek. Pemilik warung senang usahanya lebih laku, pelanggan juga senang perutnya kenyang tanpa harus keluar rumah.

Pemilik warung itu tinggal mendaftarkan usahanya pada Go-Jek. Dengan begitu, usahanya muncul di aplikasi sehingga orang tinggal memencet pesanan untuk membeli.

Itu baru aplikasi Go-Jek. Masih ada sederet aplikasi smartphone untuk bisnis. Berikut ini contohnya:

 

1. Obrolan

Sekarang sudah zamannya komunikasi lewat hape. Itu pun bukan lagi SMS maupun telepon. Soalnya, hape zaman sekarang sudah terkoneksi dengan Internet.

Maka, ngobrol pun bisa dilakukan lewat Internet. Karena itulah muncul aplikasi messenger alias pesan instan kayak BlackBerry Messenger, WhatsApp, Line, sampai Telegram.

 

aplikasi smartphone untuk bisnis
Cuman pakai SMS doang? Duh, ketinggalan jaman. Pasang aplikasi chatting juga dong!

Lewat aplikasi-aplikasi ini, pelanggan bisa bertanya-tanya tentang produk yang kita jual. Kita pun wajib menjawabnya biar mereka gak kabur.

Selain itu, aplikasi ini bisa menjadi media promosi yang baik. Caranya, add alias tambahkan mereka sebagai teman, lalu kabari jika ada promosi terbaru dari kita.

[Baca: 7 Kesalahan dalam Bisnis Online yang Paling Sering Mommies Lakukan]

 

2. Media Sosial

Saat ini hampir semua usaha punya akun media sosial. Apalagi tujuannya kalau bukan mendekatkan diri kepada pelanggan?

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, dan Instagram, kita bisa mempromosikan dagangan. Tanya-jawab pun bisa dilakukan di sini.

Kalau punya usaha rumah makan, misalnya, rajin-rajin deh pasang foto makanan yang bikin air liur netes. Dijamin akun banyak yang nge-like dan warung sering didatangi pelanggan.

 

3. Kurir

Ini berkaitan dengan aplikasi Go-Jek yang disebutkan di atas. Dengan punya aplikasi semacam ini, kita bisa memenuhi permintaan pengiriman dagangan.

aplikasi smartphone untuk bisnis
Jasa kurir kini makin beragam. Tinggal pilih doang nih

Dengan begitu, pangsa pasar kita lebih luas. Selain Go-Jek, sederet aplikasi dari jasa kurir telah tersedia baik yang resmi maupun gak resmi.

Lewat aplikasi ini, kita bisa mengetahui ongkos kirim ke seluruh daerah di Indonesia. Jadi, kalau ada pelanggan yang nanyain ongkir, kita tinggal klik aplikasi itu.

Ada juga aplikasi semacam Cek Resi, yang bisa kita pakai untuk melacak pengiriman. Dengan begitu, kita bisa ikut memantau barang yang kita kirim agar selamat sampai tujuan.

[Baca: Apa Saja Sih Persiapan Sebelum bisnis Online? 10 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan]

 

4. Toko online

Toko online adalah media perpanjangan usaha yang sangat penting. Kalau ada situs khusus, itu lebih baik.

Tapi, toko online yang dipajang di aplikasi semacam BukaLapak, Tokopedia, OLX, dan Kaskus juga sudah cukup. Dengan memajang toko di aplikasi itu, artinya kita membuka peluang 24 jam mendapat rezeki.

Sebab, aplikasi itu gak pernah tutup, kecuali ada perbaikan teknis dari sononya. Jadi, kalau ada pelanggan yang mau beli baju jam 12 malam pun, misalnya, masih bisa kita layani.

[Baca: 6 Alamat untuk Bikin Website Gratis untuk Bisnis Online]

 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

5. Edit foto

Salah satu modal berjualan di Internet adalah foto yang menarik. Cara bikin foto menarik? Aplikasi edit foto tentunya.

Eits, jangan buru-buru mikir ngedit foto itu susah. Lewat aplikasi seperti Snapseed, Cymera, Aviary, atau Retrica, edit foto cukup dilakukan dengan sentuh sana sentuh sini pada layar hape.

 

aplikasi smartphone untuk bisnis
Kadang foto yang diambil pake kamera smartphone gak maksimal kualitasnya. Edit pakai aplikasi dulu lah ya

Aplikasi-aplikasi itu hanya segelintir dari hasil perkembangan zaman yang bisa kita manfaatkan. Bagusnya lagi, banyak aplikasi itu yang gratis.

Jadi, gak usah keluar modal lagi buat memasarkan produk dagangan. Gimana, mau ikut berkembang bersama zaman atau tenggelam dimakan perubahan?

[Baca: Teknologi Bisa Bikin Prospek Usaha Kecil Cerah, Nih Caranya]

 

 

Image credit:

  • http://www.indogamers.com/system/upload/media/pictures/5192e0135380b1368580115aplikasi-chatting.jpg
  • http://www.parselday.com/blog/wp-content/uploads/2015/11/kurir-motor.png
  • http://www.kabarseluler.com/wp-content/uploads/2015/03/Aplikasi-Editing-Foto-iPhone.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →