Ini Dia 5 Bisnis Rumahan Modal Kecil, Cuma Rp 3 jutaan!

Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bingung nyari ide bisnis rumahan modal kecil alias yang modalnya di bawah Rp 3 jutaan? Tenang saja, DuitPintar sudah punya daftar bisnis yang bisa kamu geluti di rumah. Tentunya tanpa modal besar.

Kalau judulnya saja bisnis rumahan, pastinya lokasi bisnisnya ya di rumah kamu sendiri. Lantas apa kabar kalau letak rumahmu gak terlalu strategis? Tenang, kamu masih bisa manfaatkan strategi promosi yang efektif. Atau mungkin mencoba model bisnis lain.

Nah, ini dia lima bisnis rumahan modal kecil yang bisa bermanfaat buat mengeruk keuntungan di 2018. Mari disimak ulasannya.

1. Waralaba kudapan murah

bisnis rumahan modal kecil
Waralaba makanan (Kompas)

Kalau yang ini, tentu saja syarat utamanya lokasi rumahmu harus strategis. Atau minimal di depan rumahmu ada lapangan bermain yang dipenuhi anak-anak.

Ada banyak waralaba makanan dan minuman yang modal awalnya di kisaran Rp 2-3 jutaan aja. Kebanyakan makanan dan minuman itu tentu digemari anak-anak kecil.

[Baca: Ini 8 Waralaba Minuman dan Makanan Seharga Rp 2-3 Jutaan Aja]

Sebut saja seperti minuman cokelat, capucino cincau, takoyaki, dan lainnya. Tertarik mencoba?

2. Les pelajaran sekolah SD sampai SMA atau bahasa asing

bisnis rumahan modal kecil
Les privat (Bisnis)

Kalau memang kamu adalah seorang jenius matematika, fisika, kimia, pelajaran sekolah lain, maka membuka kursus privat di rumah adalah solusi. Selain pelajaran, kursus bahasa asing juga boleh. Sebut saja seperti bahasa korea mengingat banyak Kpopers di Indonesia ini.

[Baca: Kpopers, Ini 6 Bisnis yang Layak Dicoba Buat Nambah Uang ke Korea]

Dan cukup menguntungkan tentunya, mengingat kamu gak perlu menyambangi rumah murid. Kamu bisa tetapkan tarif yang bersaing sama lembaga kursus bimbingan belajar di luar. Palingan modalnya hanya:

– Papan tulis: Rp 150 ribu
– Spidol dan penghapus: Rp 40 ribu
– Kursi lipat kuliah Rp 200 ribu x 10 buah = Rp 2 juta
– Modul belajar = Rp 200 ribu

Tantangannya adalah, kamu harus update soal kurikulum di setiap sekolah. So, kamu bisa tahu pelajaran apa yang harus dipelajari murid di rumahmu. Ketika murid sedang memasuki periode ulangan, nah kamu bisa menetapkan metode belajar yang berbeda.

3. Katering

bisnis rumahan modal kecil
Bisnis katering (Liputan6)

Buat yang jago masak, tentu bisnis katering bisa jadi pilihan bisnis rumahan modal kecil tahun ini. Tentu saja, kamu bisa mencari klien yang sedang mengadakan gelaran hajatan, arisan, atau khitanan.

Menu masakannya juga gak perlu yang susah-susah. Intinya yang bisa dijual Rp 15 ribu per porsi saja. DuitPintar juga punya kok daftar resep masakan ala Barat yang harganya Rp 100 ribuan, barangkali bisa bermanfaat buat kamu yang mau buka katering.

[Baca: Moms, Ini 6 Resep Masakan Western dengan Bujet di Bawah Rp 100 Ribu]

Agar kamu gak nombok dalam bisnis ini, tentu saja ada baiknya untuk minta uang muka alias DP dulu ke pelanggan. Nah uang DP itu bisa dibuat belanja kan, keuntungannya bisa didapat setelah pelunasan.

4. Bisnis jahit non-obras

bisnis rumahan modal kecil
Bisnis menjahit (Liputan6)

Tertarik buka tempat vermak Levis alias jahit celana-celana jeans? Buka saja di rumah. Selama gak pakai mesin obras, modalnya cuma Rp 2,5 jutaan. Sementara itu benang, jarum, dan peralatan lainnya bisa dibeli dengan harga Rp 200 ribuan.

Dengan modal sebesar itu kamu bisa beli mesin jahit merek Singer yang bisa digunakan untuk vermak celana jeans. Pelanggannya ya siapa lagi kalau bukan tetangga. Tinggal pasang saja spanduk di depan rumah biar orang-orang tahu kalau kamu terima jahit baju dan celana.

5. Reparasi dan modifikasi arloji

bisnis rumahan modal kecil
Jam tangan (Kompas)

Mungkin sebagian dari kamu yang baca artikel ini adalah pecinta horology alias dunia arloji? Nah kenapa gak manfaatin aja rumahmu untuk jadi bengkel jam atau arloji. Selain reparasi, berikan juga layanan modifikasi.

Harga satu set alat untuk reparasi arloji itu hanya Rp 150 ribuan lho. Bayangin saja dengan Rp 150 ribu sudah dapat:

– Pembuka casing
– Pinset stainless steel
– Alat pelepas springbar
– Palu kecil
– Alat penahan casing
– 3 Obeng khusus casing : 1.2mm, 1.4mm, 1.6mm
– Alat set rantai
– Pisau kecil

Bila ada Rp 2,5 jutaan, belanjakan saja untuk membeli perintilan seperti baut, springbar, baterai, hands, atau perintilan lain untuk modifikasi. Ingat lho, gak sedikit penggemar jam modifikasi di Indonesia. Mereka bahkan punya komunitas khusus, sebut saja seperti IndoHomage.

Tinggal ilmunya saja yang harus dipelajari nih. Ingat lho, jam tangan itu punya movement alias mesin yang berbeda-beda. Ada yang baterai, otomatis, manual, dan tenaga surya. 

 

Mempelajari ilmu arloji juga gak semudah yang kamu bayangkan. Tapi bila ada passion, pasti bisa kok. Kamu juga bisa menerima order reparasi via online.

Itulah lima ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu mulai dengan modal awal Rp 3 jutaan atau malah di bawah itu. Pokoknya, asal ada kemauan pasti bisa sukses deh bisnisnya.

Tunggu apa lagi? Buat yang punya resolusi mau buka usaha di tahun 2018, ini bisa jadi saat yang tepat lho. Yuk dimulai bisnisnya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →