Punya Kekayaan Rp 1.333 Triliun, Nih 5 Cara Bill Gates Habiskan Uang

Bill Gates (instagram @thisisbillgates)

Selain sebagai pendiri Microsoft, Bill Gates dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Terakhir ia mencatatkan kekayaan hingga US$ 92,8 miliar atau Rp 1.333 triliun.

Pencapaiannya tersebut membawa dirinya menduduki posisi kedua dalam daftar orang terkaya di dunia. Satu tingkat di bawah Jeff Bezos US$ 140,9 miliar atau Rp 2.025 triliun.

Masih banyak yang berpikir kalau orang-orang kaya bakal menggunakan hartanya yang banyak buat bersenang-senang. Nyatanya, perilaku tersebut gak nampak dalam diri Bill Gates.

Kesehariannya tetaplah sederhana. Malah sebagian kekayaan yang dimilikinya dipakainya buat hal-hal yang memberi manfaat.

Penasaran kekayaannya dipakai buat apa aja? Nih lima cara Bill Gates menghabiskan uangnya.

1. Beri sumbangan ratusan triliun

Bill Gates
Bill Gates beri vaksin (thetimes)

Gak cuma dikenal kaya, Bill Gates juga populer karena rajin memberikan sumbangan. Nilainya gak tanggung-tanggung. Ia rela menggelontorkan US$ 27 miliar atau Rp 387 triliun buat membantu banyak orang.

Lewat yayasan Bill & Melinda Gates Foundation yang dikelola bersama istrinya, Bill Gates terlibat aktif dalam banyak pembangunan, seperti pengembangan pertanian, pendirian perpustakaan, pengentasan kemiskinan, kesehatan global, dan pendidikan.

2. Beli pesawat jet Rp 301 miliar

Bill Gates
Bombardier BD-700 Global Express (airliners)

Pada 1997, Bill Gates membeli pesawat Bombardier BD-700 Global Express seharga US$ 21 juta atau Rp 301 miliar. Pesawat yang dibelinya tersebut ternyata pesawat jet pribadi yang memiliki daya angkut hingga 19 orang.

Pesawat jet berteknologi tinggi tersebut biasa digunakannya buat kepentingan bisnis ataupun melakukan kegiatan amal ke suatu negara. Belakangan ia menyebut pembelian pesawat jet tersebut sebagai suatu kegilaannya walaupun ia menikmatinya.

3. Beli lukisan seharga Rp 517 miliar

bill gates
Lost in the Grand Banks karya Winslow Homer (wikipedia)

Di balik kehebatannya dalam dunia teknologi, siapa sangka Bill Gates juga punya rasa terhadap karya seni. Hal ini dibuktikannya dengan membeli lukisan berjudul Lost in the Grand Banks karya Winslow Homer seharga US$ 36 juta atau Rp 517 miliar.

Gak cukup satu lukisan, Gates juga memborong beberapa lukisan lainnya, seperti Polo Crowd karya George Bellow seharga US$ 28 juta, Room of Flowers karya Frederick Childe Hassam seharga US$ 20 juta, The Nursery karya William Merritt Chase seharga US$ 10 juta, dan Distant Thunder karya Andrew Wyeth seharga US$ 7 juta.

4. Habiskan Rp 28 miliar buat beli rumah

Bill Gates
Xanadu 2.0 (scoopify)

Dan kamu tahu apa? Lukisan-lukisan tersebut digantung di rumah yang ia beli dengan harga yang fantastis. Rumah tersebut dibeli dengan harga US$ 2 juta atau Rp 28 miliar tahun 1998. Lokasi rumah itu sendiri masuk ke dalam kawasan elite di Washington, D.C., Amerika Serikat.

Kini rumah yang diberi nama Xanadu 2.0 harganya meningkat tajam hingga mencapai US$ 124,99 juta atau Rp 1.79 triliun. Untung juga ya Bill Gates!

Dengan rumah semahal itu, otomatis pajaknya juga besar. Pada 2009 aja, pajak rumah ini udah lebih dari US$ 1,09 juta atau Rp .

5. Beli buku seharga Rp 442 miliar

Bill Gates
Codex Leicester (businessinsider)

Secara mengejutkan, Bill Gates membeli buku seharga US$ 30,8 juta atau Rp 442 miliar. Ternyata buku termahal tersebut adalah karya dari ilmuwan ternama Leonardo da Vinci yang berjudul Codex Leicester.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Uniknya buku tersebut bukanlah buku cetakan, melainkan tulisan tangan alias jurnal yang ditulis langsung oleh Leonardo da Vinci. Pantes aja mahal banget, ternyata buku unik rupanya. Buku tersebut berisikan catatan Leonardo mengenai air dan hubungannya dengan bumi, bulan, dan matahari.

Itulah lima hal yang bikin Bill Gates menghabiskan uangnya hingga ratusan triliun. Sekalipun tajirnya gak ketulungan, nyatanya Bill Gates tetaplah sosok yang rendah hati dan punya kepedulian yang tinggi. Betul-betul sosok yang inspiratif ya!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →