5 Cara Jadi Selebgram yang Bikin Kamu Setajir Awkarin

Cara Jadi Selebgram

Tak sedikit orang yang pengin tahu cara jadi selebgram yang kini termasuk salah satu profesi menggiurkan. Pasalnya, dengan mengetahui cara jadi selebgram, bisa menghasilkan banyak pundi-pundi kekayaan.

Gak usah jauh-jauh, contohnya Selebgram Awkarin yang kini sudah memiliki hunian besar di kawasan elit Pondok Indah, Jakarta Selatan serta mobil mewah merek Mercedes Benz.

Selain itu, gaya hidup Awkarin juga terbilang wah. Lewat akun Instagramnya, dia kerap berlibur ke luar negeri hingga menggunakan barang-barang mahal layaknya selebriti. 

Gimana gak tajir, Awkarin dikabarkan mematok harga mulai dari Rp 5 juta untuk promosi di akun Instagramnya.

Gak heran banyak orang mulai melirik profesi satu ini. Bayangkan saja, kalau bayaran untuk sekali posting di feed Instagram atau di InstaStory mencapai jutaan rupiah, sudah pasti dalam waktu sebulan mereka bisa mengantongi uang hingga ratusan juta rupiah.

Meski menggiurkan, untuk menjadi seorang selebgram tak semudah yang dibayangkan. Kamu perlu trik dan strategi untuk menarik banyak orang.

Nah, agar keinginanmu menjadi selebgram berjalan mulus, kenalan dulu yuk mengenai profesi Selebgram dan hal-hal apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan serta cara jadi selebgram yang sukses.

Mengenal Profesi Selebgram

Seseorang tengah membuka feed Instagram
Mengenal Profesi Selebgram (Pixabay)

Selebgram merupakan singkatan dari Selebriti Instagram, yaitu orang yang terkenal di Instagram. Layaknya selebriti, mereka juga memiliki penggemar dan menjadi trendsetter.

Gak heran, banyak pemilik online shop yang rela menggelontorkan uang cukup besar agar jualannya dapat dipromosikan selebgram terkenal. 

Pasalnya, tak sedikit penggemar yang tergoda untuk membeli barang yang digunakan para selebgram favoritnya.

Kehadiran para selebgram juga bisa dibilang menjadi sebuah fenomena, bahwa setiap orang bisa menjadi selebriti di dunia Instagram dengan ribuan hingga jutaan pengikut.

Selebgram juga mematahkan asumsi banyak orang kalau ingin terkenal hanya bisa lewat layar kaca. Sedangkan, kini banyak selebgram yang memiliki penggemar ketimbang selebriti.

Gak cuma itu, banyak juga artis yang meminta bantuan selebgram untuk mempromosikan jualannya. Meski bayarannya tak sebesar artis, tapi melakoni profesi sebagai selebgram juga bisa membuat kamu punya banyak uang dan tajir lho

Tak hanya mengenakan barang branded dan liburan keluar negeri, mereka juga memiliki aset yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Wajar banget kalau kini tak sedikit orang berlomba-lomba ingin menjadi seorang selebgram. Pengin tahu gimana cara jadi selebgram? Yuk, simak langsung di bawah sini:

Cara Jadi Selebgram Terkenal

seorang wanita mengabadikan foto bangunan di ponselnya
Cara jadi selebgram terkenal (Pixabay)

Untuk menjadi seorang selebgram terkenal ada beberapa hal yang harus kamu lakukan dan tak boleh dilakukan. Apa saja?

Hal yang harus dilakukan untuk jadi selebgram

1. Memilih tema yang menarik

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi selebgram terkenal adalah dengan memilih tema yang menarik untuk Instagrammu, mulai dari feed hingga story. Tujuannya agar banyak orang yang tertarik untuk mem-follow akun Instagram kamu.

Cobalah kamu lihat feed Instagram para selebgram terkenal Indonesia seperti Awkarin atau Rachel Venya, mereka gak asal mem-posting foto tapi justru mengatur sedemikian rupa agar tampilan feed Instagram mereka tampak menarik dan enak dipandang mata.

Karena itu, sebelumnya memulai jadi selebgram dan ‘bermain’ di Instagram, sebaiknya pikirkan dengan matang tema apa yang akan kamu pilih dan konsisten menggunakan tema tersebut.

2. Unggah foto dengan kualitas yang bagus

Bukan hanya memilih tema yang menarik, kamu juga harus cermat memilih foto yang kualitasnya sangat bagus. Gak enak banget kan dipandang mata kalau foto yang kamu unggah pecah-pecah atau bahkan ngeblur!

Kalau hasil foto yang kamu unggah seperti itu sih jangankan jadi pengikutmu di Instagram, melihat foto kamu saja mungkin gak berminat. 

Karena itu, jangan asal memilih foto yang akan kamu upload. Pilihlah foto dengan kualitas yang paling bagus dengan angle menarik.

Hal lainnya yang harus dilakukan

3. Menggunakan satu filter agar senada

Agar hasilnya semakin ciamik, perlu sedikit sentuhan filter. Tapi, hati-hati jangan sampai jatuh ke jebakan filter yang justru bikin feed Instagram kamu jadi kurang menarik.

Karena itu, sebaiknya kamu menggunakan satu filter saja yang sesuai dengan tema Instagram dan juga selera kamu. 

Jika sudah ketemu, pakai terus dan usahakan jangan ganti-ganti agar feed Instagram kamu terlihat senada dan enak dipandang.

4. Membuat caption menarik serta memilih hashtag yang tepat dan sesuai

Langkah selanjutnya adalah, menulis caption menarik pada foto yang kamu unggah. Tulislah kalimat yang memang menggambarkan diri kamu, dan dari foto tersebut.

Pasalnya, tak sedikit orang yang justru tertarik dari deskripsi atau caption. Gak heran, kalau akun Instagram quotes atau kata-kata kini banyak digemari orang.

Gak cuma itu saja, kamu juga sebaiknya memilih hashtag yang sesuai dan tepat. Gunakanlah dua atau tiga hashtag yang memang menggambarkan foto yang kamu unggah.

Ingat, jangan spam hashtag karena hanya akan membuat orang enggan dan malas melihat foto kamu, apalagi sampai harus meng-klik tombol follow. Karena itu, pilihlah hashtag yang tepat dan sesuai ya agar tepat sasaran juga.

5. Unggah foto di waktu yang tepat

Melakukan aktivitas di Instagram, seperti unggah foto, video atau instastory juga gak bisa sembarangan lho. Kamu perlu mengetahui waktu yang tepat yakni ketika orang-orang sudah santai dan berselancar di internet.

Cara mengetahuinya mudah kok, perhatikan siapa saja followers kamu untuk menemukan timing yang pas. Kalau range usianya berkisar belasan atau anak sekolah, sebaiknya jangan unggah foto terlalu malam.

Namun, jika usianya sudah 20 tahun, kamu bisa memilih waktu pada malam hari atau disaat followers kamu sudah pulang kerja.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Jadi Selebgram

1. Jangan beli followers

Instagram memang identik dengan followers. Semakin banyak pengikut, maka dia akan semakin terkenal. Ditambah lagi kini semakin marak beredar jasa yang menjual followers dengan harga yang cukup terjangkau.

Gak heran, banyak orang yang tergiur dan bahkan memilih jalan pintas dengan membeli followers agar cepat menjadi selebgram. 

Alangkah baiknya kalau kamu memang berusaha untuk mendapatkan followers dengan usaha sendiri. Karena nantinya dapat terlihat dari engagement di setiap postingan kamu baik di feed maupun instastory.

2. Tidak konsisten upload foto

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau salah satu rahasia menjadi selebgram sukses adalah dengan konsisten upload foto maupun video.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Malas juga gak sih lihat selebgram yang upload seminggu atau bahkan sebulan sekali. Kalau begitu terus sih yang ada para followersnya kabur satu per satu.

3. Unggah foto dan caption yang tidak menarik

Jangan pernah nekat sekali-kali unggah foto atau video dengan caption tidak menarik kalau tidak mau ditinggal pengikutmu. 

Karena Instagram itu visual, jadi kalau visualnya tidak enak dipandang mata sudah tentu banyak orang yang akan pergi.

4. Mengambil foto orang lain

Hal ini yang memang harus banget kamu hindari yaitu mengambil foto orang lain. Kalau ketahuan yang ada bukannya aja malu tapi pasti langsung mendapat penilaian negatif dari para followers kamu yang ujung-ujungnya mereka akan unfollow akun Instagram kamu.

5. Jangan private akun Instagram

Tak sedikit orang yang memilih untuk melakukan trik private akun Instagram untuk mendapat banyak pengikut. Karena saat orang penasaran, mereka gak akan segan mem-follow.

Duh, tapi tahukah kamu kalau ternyata juga banyak orang yang malas mem-follow akun Instagram yang di kunci lho.

Lagipula salah satu kunci keberhasilan Instagram itu kan mendapat like dan pengikut yang banyak. Jadi dengan membiarkan akunmu tidak di private, maka akan membuka peluang besar orang-orang akan me-like posting-an kamu yang dianggap bagus.

Selain itu, pilihlah tema yang bisa membawa dampak positif ke followers kamu ya agar kamu juga semakin dicintai.

Itulah lima cara jadi selebgram yang sederhana banget dan bisa kamu aplikasikan. Yuk, coba buktikan dan selamat jadi selebgram terkenal! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →