5 Cara Mengelola Keuangan Setelah Selesai Liburan

cara mengelola keuangan

Liburan tentu saja menjadi momen-momen yang menyenangkan, apalagi pas momen lebaran kemaren. Seneng dong bisa melepaskan kepenatan kerja dan menikmati hari-hari santai bersama keluarga.

Namun permasalahan kembali datang setelah liburan, terutama bagi kamu yang gak tahu cara mengelola keuangan. Begitu pulang, ehhh dompet kosong.

Salah satu masalah yang paling sering muncul adalah masalah utang. Berikut ini 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk menghindari utang setelah selesai liburan:

1. Catat Pengeluaran

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah catat semua pengeluaran saat liburan. Bandingkan dengan anggaran (budget) yang sudah kamu buat sebelum liburan.

cara mengelola keuangan
Wuihhh senangnya cuma pas liburan, begitu kelar masih senang gak?

Jika memang berlebih, maka mau gak mau harus menggunakan anggaran dari pos lain (alias kamu harus menghemat pengeluaran lainnya). Jika memang ada sisa dari anggaran, belanjakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih produktif (menabung dan berinvestasi). Dengan cara ini kamu akan tetap memiliki kontrol atas keuanganmu.

2. Tutup Utang Setelah Liburan

Apakah kamu menggunakan utang untuk pergi berlibur? Hmmm, sebenarnya gak banget sih menggunakan utang untuk pergi berlibur.

Jika terpaksa liburan dengan menggunakan utang (entah KTA, Kartu Kredit, utang teman, utang koperasi dan utang lainnya) segera selesaikan. Kenapa? Sangat gak bijak dan malah bikin repot. Pasalnya sudah selesai liburan, ehhh masih harus membayar cicilan utang.

3. Lunasi Tagihan Kartu Kredit

Apakah kamu menggunakan kartu kredit selama liburan? Jika iya segera lunasi tagihannya.

cara mengelola keuangan
Cek lagi tagihan kartu kredit dan segera lunasi daripada berabe

Misal kamu menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan bonus airmiles, atau diskon di tempat makan. Segera bayar tagihan kartu kredit kemarin.

Biasanya orang-orang menunda pembayaran tagihan kartu kredit untuk bulan depan (alias nunggu nanti setelah ada tagihan baru). Kenyataannya bulan depan akan ada pengeluaran lainnya, yang harus kamu keluarkan. Khusus untuk pengeluaran liburan, sebaiknya segera bayar tagihan kartu kredit Anda.

4. Tambah Dana Darurat

Mengggunakan dana darurat untuk keperluan liburan sebenarnya gak salah kok. Tapi, pastikan kamu menggantinya. Dana darurat ini hukumnya wajib.

Ingat dana darurat untuk yang sudah berkeluarga adalah 9 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Jangan sampai kosong loh! Bisa berabe nanti.

5. Mendapat Ide Baru Selama Liburan? Cobain Dong!

Terakhir dan paling seru, apa yang didapat seseorang selama liburan? Tentu saja bukan hanya refreshing, bukan hanya teman baru, bukan hanya pengalaman baru, tetapi juga ide bisnis.

cara mengelola keuangan
Menjual oleh-oleh sudah gak perlu pakai toko, gunakan teknologi dong

Hayo ngaku siapa yang liburan kemarin coba-coba membeli baju atau barang untuk dijual lagi? Tidak ada salahnya kok kamu melakukan hal itu, justru itu adalah cara kreatif agar uang untuk liburan kemarin bisa balik. Kamu bisa memanfaatkan media sosial atau marketplace untuk menjual barang-barang tersebut.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →