Mau Bisa Produktif, Mood Kerja Enak, dan Sukses? Ini 5 Tips dari Bos Twitter

Tips Jack Dorsey untuk meningkatkan produktivitas kerja. (Shutterstock)

Kamu kepengin meningkatkan produktivitas kerja, tapi gak tahu caranya? Belajar saja dari co-founder Twitter dan Square, Jack Dorsey.

Kenapa harus belajar dari Dorsey? Kenapa gak ke miliarder lainnya?

Dorsey sejatinya juga miliarder kok. Kekayaannya saja mencapai US$ 5,8 miliar atau Rp 88 triliun. Padahal, dia masih muda lho. Lha wong dia itu kelahiran tahun 1976 kok.

Sebagai seorang co-founder dan pimpinan perusahaan dari sebuah platform terkenal, Dorsey udah pasti sibuk. Gak kebayang pastinya, berapa meeting yang harus dia datangi dalam seminggu.

Tapi, Dorsey punya banyak jurus untuk meningkatkan produktivitas dan pas banget diaplikasikan untuk para generasi millenial, termasuk kamu. Dengan menerapkan trik dari Dorsey, hidupmu bakal seimbang dan produktivitas kerjamu tentu bakal meningkat setiap hari.

Mau tahu gimana caranya? Simak ulasannya yuk.

1. Meditasi setelah bangun tidur, kalau gak bisa ya belajar deh

Meditasi. (Shutterstock)
Meditasi. (Shutterstock)

Gak semua orang bisa meditasi, bahkan kamu yang baca tulisan ini mungkin gak tahu caranya. Tapi jangan bosan deh dengan imbauan untuk meditasi, karena hal ini penting untuk dilakukan.

Dorsey mengaku kalau konsentrasinya juga sering terganggu dengan hal-hal kecil, sebut saja seperti mau makan apa, pakai baju apa, dan sebagainya. Tapi dia terus belajar untuk melakukan hal ini.

Hasilnya pun sangat baik untuk kesehatan pikirannya. Bukan cuma produktivitas kerja beliau yang meningkat, melainkan juga daya fokusnya makin tajam.

Jika dalam sehari dia melupakan rutinitas ini, Dorsey malah merasa agak kacau.

2. Tidur cukup

Tidur cukup. (Shutterstock)
Tidur cukup. (Shutterstock)

Saran kedua dari Dorsey adalah tidur atau istirahat dengan cukup. Memang sih, kenyataannya banyak orang tajir di Indonesia yang tidurnya cuma tiga atau empat jam sehari demi punya waktu lebih banyak buat kerja. Tapi, jadi workaholic punya dampak gak bagus buat kesehatan tubuh serta pikiran.

Umumnya, Dorsey beristirahat selama enam jam sehari. Namun, ketika dia bisa tidur selama tujuh atau delapan jam, dia jadi makin fokus lho.

Dulu, Dorsey merupakan seseorang yang selalu mencari cara untuk tidur dalam waktu singkat. Tapi hasilnya, produktivitas kerja Dorsey malah menurun.

3. Jangan hidup serba monoton

Lakukan beragam aktivitas. (Shutterstock)
Lakukan beragam aktivitas. (Shutterstock)

Semua yang bersifat rutinitas kadang membuat Dorsey jadi bosan. Dorsey memang gak cocok dengan pola olahraga yang sama untuk jangka waktu tertentu.

Menurutnya, dengan melakukan hal lain yang serba variatif, itu jelas bisa membuat suasana hatimu jadi lebih baik. Kamu pun bisa makin semangat untuk menghadapi hari.

4. Bangun lebih pagi dan tidur lebih awal

Tidur lebih awal, bangun lebih pagi. (Shutterstock)
Tidur lebih awal, bangun lebih pagi. (Shutterstock)

Satu hal yang membuat suasana hati seorang Dorsey senang adalah bisa tidur lebih awal dan bangun lebih pagi. Mengapa demikian?

Karena tanpa disadari, Dorsey memang gak pernah merasa kesal terhadap apapun di pagi hari. Sebut saja, dia gak bakal ngerasain delay dari kereta yang bakal dia tumpangi, atau mungkin melihat kerumunan orang dalam jumlah yang banyak di suatu tempat.

Untuk bisa mewujudkan hal ini, ya tentu saja gak boleh tidur terlalu larut. Dorsey sendiri sudah bangun tidur jam 05.30. Metode ini pun terbukti bisa membuat mood atau suasana hatinya jadi lebih baik.

5. Nikmati hidup, gak usah dibawa susah

Nikmati hidup. (Shutterstock)
Nikmati hidup. (Shutterstock)

Walaupun hidup terasa brutal di hari Senin, jangan lantas hal itu mengorbankan produktivitas kerja kamu ya. Kuncinya gak sulit, nikmati saja. Toh di akhir pekan kamu juga bisa santai dan lambat laun hal itu jadi kebiasaan.

Bagi Jack Dorsey, dia tetap melakukan apa yang dia lakukan di pagi hari walaupun hari itu merupakan hari yang hectic. Meditasi dan olahraga, itu merupakan dua hal yang gak bisa dipisahkan di diri Dorsey.

Itulah lima tips meningkatkan produktivitas kerja ala Jack Dorsey. Berani nyoba? Atau masih pikir-pikir dulu?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →