5 Fakta untuk Memberimu Motivasi Menabung Uang dan Investasi

cara menabung uang

Semua orang tentu tahu bahwa menabung uang itu adalah kunci buat masa depan yang cerah. Tapi ironisnya, gak sedikit juga yang masih dengan mudahnya menguras gaji bulanan sampai gak bersisa. Mungkin, pada belum nyadar nih sama lima fakta ini.

Fakta? Fakta apaan nih?

Lima fakta ini bakal kamu alami di masa depan. Dan bila kamu terus ingat, ini bisa jadi motivasi kamu buat rajin menabung uang. Atau malah lebih bagus lagi kalau kamu mulai berinvestasi.

Mulai tanamkan motivasi menabung dan investasi untuk masa depanmu sendiri dari sekarang!

Nah, ini dia lima fakta yang pasti bisa memberimu motivasi menabung dan berhenti menghambur-hamburkan uang.

1. Semua orang yang kamu cintai pasti akan berpulang

Kedengarannya memang sedih, tapi itu adalah fakta. Gak ada orang yang bisa hidup abadi di dunia ini. Termasuk orang-orang yang sangat kamu cintai, seperti orang tua dan pasangan.

Fakta ini tentu akan menjadi teguran buat kita yang masih terlalu bergantung kepada mereka hingga saat ini dalam hal finansial.

Kepada orang tua, misalnya. Mungkin saja kita punya penghasilan tetap, tapi mereka masih memberikan tempat tinggal gratis, makan gratis, dan pinjaman di kala bokek.

Ketika mereka sudah tiada, maka tiga fasilitas itu gak bakal bisa kita nikmati lagi. Bayangkan, berapa beban finansial yang harus kita tanggung untuk kebutuhan sehari-hari? Mulai dari sekarang, ingatlah fakta yang satu ini dan mulai menabunglah.

2. Harga bahan pangan meningkat terus

Di awal 2018, harga cabai meroket dan diikuti pula dengan harga daging ayam serta sapi. Fakta ini menunjukkan bahwa di masa yang akan datang, harga bahan pangan bisa jadi kian melonjak.

Otomatis pengeluaranmu untuk belanja bahan pangan juga bakal meningkat bukan? Ketika alokasi dana untuk belanja bahan pangan dinaikkan, yakin kalau penghasilanmu bakal cukup? Di sinilah fungsi tabungan sebagai dana darurat. Bisa dipakai sementara pas ada hal gak terduga kayak gitu.

3. Investasi teraman sudah gak menarik lagi

Di akhir 2017, kita semua mendengar kabar bahwa suku bunga deposito yang notabenenya adalah instrumen investasi teraman, justru merosot. Bisa dikatakan bahwa investasi ini udah gak lagi semenarik dulu.

[Baca: Bunga Deposito Bank Makin Turun, Alihkan Danamu ke 4 Instrumen Investasi Ini]

Untuk menikmati keuntungan besar, ya sudah pasti kamu harus memindahkan uangmu ke instrumen investasi lain. Fakta ini bakal memaksamu untuk tetap giat menabung dan berinvestasi lain.

Ingat lho, investasi itu penting buat masa depan. Jangan menyerah ya, masih ada kok investasi dengan profil risiko rendah yang lebih nguntungin daripada deposito.

4. Perusahaan tempatmu bekerja bisa bangkrut

Fenomena lain yang kita saksikan di tahun 2017 adalah penutupan gerai-gerai ritel terkenal di sejumlah tempat. Sebut saja seperti Matahari Department Store di sejumlah pusat perbelanjaan, Lotus, Ramayana, Debenhams, dan GAP.

Alasan perusahaan itu menutup gerainya gak lain adalah karena penjualannya gak mencapai target. Tapi coba bayangin deh, mereka semua merupakan pemain lama dalam dunia ritel fashion, masa iya bisa gagal.

Gak cuma fashion doang lho yang berguguran, 7-Eleven pun gulung tikar karena kasus perizinan. Dan raksasa jamu Nyonya Meneer juga tumbang karena utang yang menumpuk.

Fakta ini menunjukkan bahwa di mana pun kamu bekerja, gak akan ada jaminan perusahaan itu bakal bertahan sampai akhir zaman. Ingatlah bahwa selalu ada risiko kehilangan pekerjaan.

So, berfoya-foya selagi ada duit bakal menambah beban finansialmu di kemudian hari. Mending duitnya ditabung kan?

[Baca: Sebagai Karyawan, Harus Mulai Waspada Kalau Ngerasain 6 Hal Ini di Perusahaan Kamu]

5. Kamu gak akan pernah bisa hidup sendirian

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu pun bakal sadar kalau kamu gak bisa hidup sendirian seperti Will Smith di film I Am Legend. Semuanya bakal butuh seorang pendamping hidup yang berkomitmen untuk membangun rumah tangga.

Dan faktanya adalah biaya pernikahan itu gak sedikit, terutama buat urusan pestanya. Mau gak mau, kamu harus mulai menabung untuk urusan yang satu ini dari sekarang.

Sudahkah sadar pentingnya menabung uang dan investasi?

Setelah mengetahui lima fakta di atas, apakah kamu sudah memahami akan pentingnya nabung dan investasi? Atau mungkin kamu bisa menerawang dan mengetahui bahwa hal itu gak akan terjadi dalam waktu dekat ini? Ya kali.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa uang bukan segalanya. Ya memang bukan, tapi apa sih yang bisa kita beli tanpa menggunakan uang? Itulah sebabnya mengapa menabung uang dan investasi itu penting banget buat masa depan. 

Jika sudah sadar akan pentingnya menabung, kamu juga perlu tahu trik agar bisa menabung secara rutin. Beberapa langkah berikut ini bisa kamu praktekkan dengan mudah, kok! Apa saja?

Tips Menabung dengan mudah

Sekarang motivasi menabung sudah ada, tapi bingung mau mulai dari mana? Yuk, kita coba awali dengan beberapa tahap ini.

1. Disiplin

Pertama-tama, tentu kamu harus disiplin terhadap diri sendiri. Caranya dengan menjadikan menabung sebuah kewajiban. Jika sudah menjadi kewajiban, maka kamu harus menyisihkan anggaran khusus untuk menabung seperti membayar cicilan. Dengan membuat anggaran khusus tabungan, lama-kelamaan kamu akan terbiasa menabung secara rutin.

Disiplin juga berarti menahan godaan dari membeli barang yang kurang diperlukan. Misalnya belanja berlebih karena tergiur diskon atau membeli baju padahal kamu masih punya banyak baju yang layak untuk dipakai.

2. Menabung tiap awal bulan

Jika masih susah menyisihkan anggaran, kamu harus mulai menabung tiap awal bulan. Jadikan tabungan sebagai prioritas. Jadi ketika kamu menerima gaji di awal bulan, sisihkan minimal 10% untuk ditabung. Jangan menunda untuk menabung hingga akhir bulan karena akan semakin banyak godaan yang membuat uangmu habis sebelum sempat ditabung.

3. Buat rekening khusus

Simpanlah tabunganmu dalam rekening khusus yang terpisah dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Simpan juga kartu ATM rekening tabungan khusus itu agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya.

Kamu juga bisa membuat rekening deposito sehingga dana hanya bisa ditarik setelah mencapai jangka waktu yang disepakati di awal. Pilih juga sistem autodebet agar uang yang masuk langsung dipotong dalam jumlah tertentu untuk ditabung.

4. Konsisten pada tujuan

Kamu juga harus konsisten dengan tujuan yang ingin diraih. Misalnya kamu menabung untuk mengumpulkan uang muka pembayaran KPR. Ingat-ingatlah selalu tujuan itu agar kamu bisa terus termotivasi dan konsisten menjalankannya.

5. Investasikan

Terkadang kita malas menabung karena menganggap tabungan tidak menghasilkan return yang cukup. Pasalnya uang yang ditabung tidak bisa mengimbangi tingkat inflasi

Jika demikian, kamu bisa mulai mempertimbangkan investasi agar return yang didapat lebih besar. Misalnya kamu bisa menginvestasikan uang pada reksa dana pasar uang yang menawarkan imbal hasil tinggi. Tapi tetap, cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya ya.

 Menabung itu mudah, bukan?