5 Fakta Rekening Giro yang Harus Diketahui Pebisnis

pengertian rekening giro

Kamu pengusaha? Udah saatnya nih kamu paham soal rekening giro. Tapi ngomong-ngomong, udah pernah dengar kan sama jenis rekening yang satu ini? Giro adalah salah satu produk perbankan yang sifatnya mirip tabungan. 

Di dalam rekening giro terdapat simpanan uang, namun cara menarik uang di giro berbeda dengan tabungan.

Kalau di tabungan, kamu sebagai pemilik tabungan bisa menariknya di ATM, transfer dana juga bisa lewat sana, atau bahkan bisa juga dengan mobile banking

Tapi kalau di giro, sistem pencairan dananya selain lewat ATM juga bisa dilakukan dengan cek yang diberikan kepada pihak penerima uang. Selanjutnya, pihak penerima akan mencairkan cek tersebut di bank yang ditunjuk.

Nah buat kamu yang mengelola bisnis, jangan lupa untuk melindungi keuangan perusahaan dengan asuransi properti supaya kalau ada musibah, pengeluaranmu akan ditanggung oleh asuransi.

Nah sekarang mari kita cari tahu keunggulan dari memiliki rekening giro selengkapnya. Plus apa aja yang perlu diketahui seorang pebisnis mengenai rekening simpanan bank yang satu ini.

Apa itu rekening giro?

Sama seperti tabungan, rekening giro adalah salah satu produk simpanan bank dalam bentuk mata uang rupiah ataupun mata uang asing yang penarikannya bisa melalui mesin ATM atau bilyet giro.

Mirip dengan produk tabungan, rekening giro bisa dimanfaatkan oleh nasabah perorangan atau badan usaha.

Walaupun sama-sama produk simpanan perbankan, ada perbedaan antara rekening giro dan tabungan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Tabungan Rekening giro
Transaksi dicatatkan dalam buku tabungan. Transaksi dicatatkan di rekening koran yang dikirim tiap bulannya.
Tarik tunai dilakukan lewat ATM. Tarik tunai dilakukan lewat ATM ataupun bilyet giro.
Pemilik tabungan sebagai pihak yang berwenang lakukan tarik tunai. Selain pemilik rekening giro, pihak yang diserahi bilyet giro bisa melakukan tarik tunai.

Ini 5 fakta rekening giro yang sebaiknya diketahui pebisnis

Apa sebetulnya kelebihan rekening ini buat para pebisnis? Tanpa berlama-lama lagi, yuk ketahui lima fakta penting kenapa para pengusaha muda seperti kamu harus memilikinya.

1. Bisa buat gaji pegawai

Sebagian dari kamu tentu ada yang punya pegawai tapi gak punya rekening bank, bukan? Alhasil, kamu harus kasih gaji pekerja kamu dalam bentuk tunai alias cash

Ketika punya rekening giro, kamu gak perlu memberikan uang setumpuk ke pegawai ini. Cukup secara praktis memberikan cek dan dia bisa mencairkannya di bank kapan pun sebelum batas tanggal yang ditentukan.

Lebih bagus lagi lagi jika kita bisa memberikan pegawai kita dengan asuransi karyawan yang akan memberinya jaminan atas biaya berobat di rumah sakit. Dengan begitu, pegawai menjadi lebih tenang saat bekerja.

2. Terhindar dari biaya transfer beda bank

Ketika kamu hendak melakukan pembayaran atau transfer ke klien atau vendor yang berbeda bank, kamu gak perlu khawatir sama biaya transfer. Tinggal ketemuan, dan kasih cek ke penerima uangnya. Beres deh urusanmu.

3. Bisa mencairkan uang dalam jumlah besar

Berapa jumlah maksimal uang yang bisa dicairkan lewat cek? Bebas. Asalkan jumlah uangnya gak melebihi ketentuan nominal yang disepakati di awal.

So, ketika ada transaksi dengan jumlah dana yang cukup besar, kamu tinggal berikan aja ceknya ke klien atau vendor. 

4. Memudahkan banget proses transaksi antar pelaku usaha

Ketika dua pemilik usaha bertemu dalam sebuah meeting buat mendiskusikan proyek, dan tiba-tiba ada transaksi yang terjadi, maka mereka gak perlu lari ke ATM buat ambil uang. 

Tinggal isi cek, dan transaksi pun selesai. Gampang banget, kan?

5. Tersedia dalam pilihan beragam mata uang

Keunggulan giro yang terakhir adalah rekening ini tersedia dalam berbagai pilihan mata uang. Salah satu bank besar di Indonesia bahkan menyediakan sembilan pilihan mata uang lho.

Gak bingung lagi deh kalau seandainya kamu harus melakukan transaksi dengan mata uang di luar Rupiah. 

Kalau kamu punya pertanyaan terkait tips mengelola bisnis dan usaha sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Syarat bikin rekening giro

Rekening ini sebetulnya gak cuma diperuntukan bagi pengusaha sih. Nasabah perorangan juga bisa bikin rekening yang satu ini asalkan memenuhi beberapa syarat berikut.

  • Gak masuk ke daftar hitam Bank Indonesia.
  • Mengisi formulir dan membawa seluruh dokumen yang diminta.
  • Punya NPWP.
  • Punya Kartu Izin Menetap atau KITAS bagi warga negara asing.
  • Membayar setoran awal yang telah ditetapkan oleh bank terkait.

So, gimana guys, tertarik untuk bikin rekening giro? Oya giro itu berbeda dengan cek ya, jadi penerapannya pun berbeda.

Perlu kamu ingat juga, setiap produk giro milik bank punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, bandingkan dulu produk-produk giro dari tiap bank sebelum mengajukan, ya!

Pertanyaan seputar pengertian rekening giro

Apa pengertian giro?

Giro adalah produk simpanan uang di dalam bank yang penarikannya bisa dilakukan melalui mesin ATM dan bilyet giro. Nasabah giro bisa perorangan dan badan usaha yang disebut dengan giran.

Apa keuntungan punya rekening giro?

  1. Praktis untuk membayar gaji pegawai melalui pemberian cek. Melalui pemberian cek juga, pembayaran menjadi instan dan pihak pengirim bisa terhindar dari biaya transfer antarbank.
  2. Tidak ada batas maksimal pencairan uang.
  3. Berlaku untuk transaksi dalam berbagai mata uang asing.

Ada berapa jenis rekening giro?

Ada dua jenis rekening giro, yaitu rekening giro untuk perorangan dan rekening giro untuk badan usaha.

Apa syarat buka rekening giro untuk perorangan?

  • Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau paspor yang masih berlaku.
  • Calon nasabah rekening giro tidak termasuk di Daftar Hitam Bank Indonesia (DHBI).
  • Menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Harus mengisi dan menandatangani formulir pengajuan giro perorangan ke bank.
  • Siapkan dana sebagai setoran awal dengan nominal yang telah ditetapkan oleh bank.

Apa syarat buka rekening giro untuk badan usaha?

  • Fotokopi KTP, SIM, atau paspor pribadi yang masih berlaku.
  • Calon nasabah tidak termasuk di catatan hitam BI.
  • Memiliki NPWP.
  • Mengisi dan menandatangani formulir pengajuan giro badan usaha ke bank.
  • Siapkan dana sebagai setoran awal dengan nominal angka yang sudah ditentukan oleh bank.
  • Harus memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Memiliki tanda daftar perusahaan.
  • Punya surat pengesahan usaha dari Menteri Kehakiman.
  • Surat keterangan domisili atau alamat perusahaan.

Apa yang wajib dipahami saat menggunakan giro?

Perhatikan 4 poin berikut untuk menghindari kesalahan penggunaan giro.

  • Tenggang waktu penawaran giro adalah 70 hari.
  • Tanggal efektif harus diperhatikan dengan baik, terutama saat rekening giro ditawarkan ke bank.
  • Jika tanggal efektif tidak ada, maka tanggal penarikan dianggap berlaku sebagai tanggal efektif. 
  • Jika ada perubahan atau coretan pada rekening giro, maka perlu ada tanda tangan oleh penerbit sebagai bukti telah diketahui, dalam hal ini pihak penerbit adalah bank yang mengeluarkan giro.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →