Manfaatkan 5 Fitur Instagram Ini Buat Dongkrak Bisnismu Agar Cepat Laris Manis

Fitur-Instagram-WP

Seiring waktu, fitur Instagram mulai banyak bermunculan yang selain dapat memperindah postingan kamu, ternyata juga dapat meningkatkan jualanmu lho.

Ya, di era digital yang semakin maju seperti saat ini. Banyak orang yang kini lebih memilih untuk berjualan via online, salah satunya adalah lewat Instagram.

Selain menjadi salah satu media sosial yang banyak dikunjungi orang, dengan jualan di Instagram kamu juga gak perlu keluar bujet lebih buat sewa lapak jualan. Kamu hanya perlu laptop atau smartphone dan tentu saja internet.

Bahkan Instagram kini juga sudah didukung dengan Instagram bisnis yang memang ditujukan  untuk keperluan usaha. Dengan mengganti profil kamu ke Instagram bisnis, kamu bisa mengetahui perkembangan jualan tanpa perlu keluar bujet tambahan buat langganan situs khusus report sosial media.

Misalnya aja, pada audience insights, kamu dapat mengetahui informasi tentang para pengikutmu. Mulai dari usia, jenis kelamin, hingga lokasinya. Nah, informasi tersebut juga diurutkan dari yang paling banyak hingga yang terkecil.

Kemudahan itulah yang membuat banyak orang beralih untuk berjualan di Instagram. Meski begitu, kamu perlu strategi agar jualan kamu banyak dilihat orang dan tentu saja laris manis.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa informasi fitur Instagram yang dapat kamu manfaatkan untuk mendongkrak bisnismu. Apa saja? Berikut lima di antaranya:

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

1. Auto reply

Fitur instagram
Auto reply (Pexels).

Gak bisa dipungkiri kalau gak sedikit konsumen yang kerap bertanya di kolom komentar. Meskipun online shop sudah mencantumkan kontaknya pada halaman profil.

Pertanyaannya pun beragam, mulai dari berapa harganya, ada warna apa saja hingga ukuran. Nah, banyak konsumen yang akhirnya “kabur” alias gak jadi beli karena pertanyaannya tidak ditanggapi oleh pemilik online shop.

Terutama buat kamu yang baru jualan ya. Tentu, yang terpenting adalah menarik minat konsumen terlebih dahulu untuk membeli. Karena itu, sebaiknya kamu memanfaatkan fitur auto reply untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Pengguna bisa menemukannya di menu “Setting” > “Pengaturan Bisnis” > “Balasan Cepat”. Setelah itu, tulislah balasan yang sekiranya akan banyak ditanyakan oleh konsumen kamu.

2. Instastory

Fitur instagram
Instagram Story (Youtube).

Fitur instastory juga bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan jualan kamu. Instastory bahkan kini sudah menjadi salah satu alat promosi yang cukup menarik. Setiap harinya, pasti ada saja orang yang melakukan instastory. Benar gak?

Bahkan menurut Instagram, setiap harinya ada sekitar 400 juta instastory yang berseliweran dan Indonesia masuk ke dalam salah satu negara dengan jumlah kreator instastory terbanyak di dunia.

Nah, kamu bisa memanfaatkan momentum itu untuk mempromosikan jualan kamu ya. Kamu dapat membuat konten dengan format vertikal semenarik mungkin yang kemudian bisa dianalisis lewat fitur insight.

Salah satunya, kamu bisa menggunakan beragam fitur interaktif seperti Poll Sticker hingga Ask Me a Question untuk membangun percakapan dengan pelanggan.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Insight

Fitur Instagram
Insight di Instagram (Youtube).

Ada juga fitur insight salah satunya adalah Audience Insight yang akan memberikan masukan untuk para pengguna Instagram bisnis yang akan memberikan analisis siapa saja yang masuk ke profil bisnisnya.

Informasinya itu berupa demografi, usia, serta minat konsumen terhadap bisnisnya. Hal tersebut tentu saja dapat membantu kamu untuk mengetahui minat para followers-mu yang mana data tersebut bisa dijadikan patokan para pelaku bisnis untuk membuat konten yang disesuaikan dengan target pasar mereka.

4. Siaran Langsung (Live)

Fitur Instagram
Siaran langsung atau Live di Instagram (Techcrunch).

Selain instastory, fitur siaran langsung atau live ternyata juga berhasil menarik minat calon pembeli lho. Pasalnya, gak sedikit konsumen yang ingin mengetahui cerita di balik layar bisnis tersebut.

Misalnya aja cerita di balik pembuatan menu makanan atau pakaian kustom. Selain itu, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan para pengikutmu. Seru banget kan?

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Milenial untuk Membangun Kekayaan dengan Cepat

5. Tagar

Fitur Instagram
Tagar di Instagram (Youtube).

Banyak pengguna Instagram yang menggunakan tagar atau hashtag untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Jadi, tagar bisa dibilang bermanfaat untuk mencari pelanggan. Kamu bisa menggunakan tagar yang unik dan sesuai dengan karakter bisnismu agar dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen.

Namun, sebaiknya kamu tidak menggunakan tagar yang terlebih banyak agar tak dianggap spam oleh konsumen. Karena itu fokus gunakan satu hingga tiga tagar agar lebih dipercaya oleh calon pembeli.

Itu dia lima fitur Instagram yang bisa kamu manfaatkan untuk mendongkrak jualan kamu agar laris manis dan menghasilkan banyak cuan. Tertarik menggunakan beberapa fitur di atas? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →