Waspada! 5 Hal Sepele Ini Bikin Kamu Susah Lepas dari Jeratan Utang

Terlilit utang (Shutterstock)

Memiliki banyak utang memang dapat membuat sakit kepala, apalagi kalau utangnya gak habis-habis. Yang ada kamu harus “puasa” belanja sampai utang lunas.

Bisa dibilang setiap orang pasti pernah mengalami masalah finansial yang membuat mereka terjerumus lubang utang.

Namun, ada beberapa orang yang memiliki banyak utang karena apes, seperti butuh modal untuk menjalankan bisnis. Namun, usahanya itu tidak berjalan dengan lancar. Ada juga orang yang kelilit utang karena pengaruh faktor gaya hidup.

Nah, tahu gak sih kamu kalau ternyata ada beberapa faktor lho yang membuat kamu gak bisa lepas dari jeratan utang.

Beberapa faktor tersebut nyatanya sering disepelekan banyak orang. Padahal ujung-ujungnya bikin mereka bangkrut.

Penasaran gak sih faktor apa saja yang menjadi penyebab kebangkrutan seseorang karena kelilit utang? Yuk, simak lima di antaranya berikut ini:

1. Gaya hidup

kondisi keuangan
Gaya hidup konsumtif (trainbellresort)

Gaya hidup merupakan salah satu faktor utama penyebab seseorang memiliki banyak utang. Ditambah, perkembangan teknologi yang secara gak langsung memengaruhi gaya hidup masyarakat karena konten-konten yang ditampilkan. Misalnya aja, gaya hidup para selebriti.

Gak sedikit orang yang tergiur melihat mewahnya gaya hidup para selebriti. Salah satunya, mengenakan barang-barang branded.

Padahal, penghasilan yang kamu peroleh setiap bulannya tidak sebanding atau bahkan tidak cukup. Alhasil, utang menjadi salah satu jalan yang kamu pilih demi meningkatkan standar hidup.

Sayangnya, hal itu ternyata sangat berpengaruh dengan kondisi keuanganmu dan berujung bikin kamu kewalahan sendiri.

Sebenarnya punya gaya hidup yang tinggi itu sah-sah aja, asalkan dibarengi dengan penghasilanmu juga. Selagi cukup sih gak masalah, lah tapi kalau bikin susah sendiri, mending pikir panjang lagi deh!

2. Gak mikir panjang

mengatur-keuangan
Hobi belanja (leiebilispania)

Banyak orang yang terjerat utang karena impulsif saat membeli sesuatu dan gak pikir panjang. Cuma karena barangnya “lucu”, langsung deh merogoh kocek.

Kalau seperti itu mah, siap-siap aja utang menumpuk. Karena itu, sebaiknya sebelum mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu, sebaiknya pikirkan masak-masak.

Saat membeli barang, setidaknya ada dua hal yang harus kamu pikirkan seperti:

  • Perlu gak beli barang itu, jangan-jangan hanya keinginan doang.
  • Bakal membebani keuangan gak untuk bulan ini, mungkin bisa ditunda bulan depan.

Kalau memang dirasa perlu dan duitnya emang ada, ya monggo dibeli. Tapi kalau gak, ya mending urungin niat aja daripada gaji cuma numpang lewat doang buat bayar utang.

3. Malas mencatat pengeluaran

Bisnis Sampingan
Menyepelekan tidak mencatat pemasukan dan pengeluaran juga akan membuat kamu terjerat utang (real-estate-mauritius)

Malas mencatat pengeluaran juga bisa menjadi penyebab yang membuat kamu jadi terlilit utang. Karena itu, pengeluaran sekecil apapun sebaiknya dicatat.

Jadi, kamu mempunyai patokan berapa kira-kira pengeluaran yang harus kamu keluarkan di bulan depan. Soalnya kalau kamu gak punya catatan dan duitnya gak diatur dengan baik, yang ada bakal jebol keuangan dan keteteran sendiri.

Karena itu, mulai sekarang catatlah semua pemasukan dan pengeluaranmu ya. Agar pengeluaranmu juga lebih stabil.

4. Denda karena telat bayar

Denda kartu kredit (lifepal.co.id)

Sadar gak sih kamu kalau denda karena telat bayar juga bisa bikin kamu terjerumus ke lubang utang?

Pasalnya, gak sedikit orang yang seringkali lupa melakukan pembayaran yang sebenarnya sudah jadi rutinitas yang membuat mereka terkena denda atau penalti.

Misalnya aja nih, lupa perpanjang SIM dan STNK. Selain harus bayar denda keterlambatan, kamu juga harus siap-siap keluar bujet lebih jika apesnya kena tilang di jalan.

Yang lebih parah adalah, lupa keterusan atau sengaja gak bayar entah karena malas atau apa pun. Ujung-ujungnya, kewajiban bayar numpuk dengan denda-dendanya.

5. Mencicil di luar kemampuan

Kelilit Utang
Mencicil di luar kemampuan (billie)

Punya gaji Rp 5 juta, tapi ternyata kamu punya tanggungan cicilan per bulan Rp 3,5 juta. Pertanyaannya, apakah dengan sisa uang Rp 1,5 juta cukup untuk biaya hidup satu bulan ke depan?

Kalau seperti itu kondisinya mah udah pasti kamu akan meminjam uang ke sana kemari untuk mencukupi biaya hidupnya. Jadi siap-siap aja kamu akan punya tumpukan utang. Duh!

Nah itu dia lima hal yang seringkali dianggap sepele tapi ternyata bisa membawa kamu ke lubang utang yang bikin hidupmu sengsara sendiri. Karena itu, ubah kebiasaan burukmu itu yuk dari sekarang!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →