Modal Kecil! Usaha Sampingan Karyawan Ini Beri Untung Gede

usaha sampingan karyawan

Pekerja penuh waktu bisa mendapatkan uang tambahan selain gaji lewat bisnis sampingan. Lantas, usaha sampingan karyawan apa saja yang bisa menghasilkan?

Gak usah takut, mulai saja dari usaha sampingan karyawan yang simpel dan mudah agar kamu gak kewalahan saat mengurusnya.

Kalau dilihat-lihat, usaha sampingan bakal ngebantu kamu secara finansial. Pasalnya, kamu gak cuma mengandalkan gaji saja. Ini merupakan kesempatanmu buat meminimalisir Kita hal-hal yang bakal terjadi di kemudian hari.

Artikel kali ini bakal bahas tentang ide usaha sampingan yang bisa kamu pilih biar makin nambah cuan.

Usaha sampingan karyawan dan jumlah modalnya

Selain mempunyai pekerjaan utama sebagai karyawan, kamu juga bisa mempunyai usaha sampingan. Gak harus karyawan, intinya siapa pun punya peluang emas jalanin usaha sampingan. Kali ini kita bakal bahas usaha sampingan khusus buat karyawan.

Punya usaha sampingan saat kamu jadi karyawan bukan sesuatu yang haram, lumrah saja dan tidak dilarang oleh perusahaan. Eits, tapi kamu harus bisa seimbangin antara usaha sampingan dan pekerjaan utamamu. Salah injak rem, bisa-bisa kamu kerepotan.

Sayangnya, kini banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingan karena alasan modal. Mereka beranggapan bahwa menjalankan usaha perlu banyak modal dan bahkan butuh pinjam ke bank.

Wajar saja hal itu terjadi. Pasalnya, untuk memulai sesuatu memang berat dan banyak pertimbangan yang wajib dipikirin. Jangan sampai kamu salah langkah.

Modal usaha sampingan karyawan sejatinya masih bisa dijangkau, tergantung jenis usaha apa yang dijalankan. Tentu saja usaha yang memakan tempat dan banyak peralatan penunjang bakal membutuhkan modal yang lumayan bisa sampai puluhan juta.

Lagi-lagi, kamu dituntut buat manfaatin peluang, apalagi di zaman sekarang. Kalau kamu jeli, smartphone dan internet pun bisa dijadikan media buat mengumpulkan cuan dari usaha sampingan, bahkan gak perlu keluarin modal sepeser pun.

Berikut ini beberapa ide bisnis sampingan karyawan yang bisa dilakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya. Yuk simak.

Jenis-jenis usaha sampingan

1. Usaha katering

Karyawan swasta biasanya mulai bekerja pada jam-jam pagi. Pada jam-jam tersebut, kadang banyak orang yang gak sempat menyiapkan sarapan sebelum masuk kerja.

Nah, ini bisa jadi peluang buat bisnis sampingan karyawan. Mereka bisa bikin usaha menu sarapan pagi seperti bubur, nasi kuning, dan menu lainnya yang bisa dijual ke teman-temannya di kantor.

Bahkan, bukan hanya menu sarapan pagi saja yang bisa dijadiin bisnis. Menu makan siang pun bisa dijajal tuh. Tapi tentu saja menu sarapan atau makan siang yang dijual harus enak ya, biar teman-teman di kantor pada nagih dan jadi pelanggan setia.

2. Jual pulsa dan kuota internet

Zaman sekarang, semua orang sudah pasti punya ponsel pintar yang terkoneksi dengan Internet. Sudah pasti kan yang namanya Internet butuh pulsa atau kuota.

Nah, ini juga bisa jadi peluang ide bisnis sampingan karyawan. Bisnis pulsa atau kuota Internet ini gak perlu peralatan banyak. Kamu cukup deposit pulsa ke operator buat kamu jual lagi.

Banyak kok sekarang operator pulsa dan kuota Internet murah yang dijual melalui aplikasi. Nah, peluang bagus ini bisa dimanfaatkan tuh buat kita jual lagi ke pelanggan di kantor.

Dengan bermodalkan smartphone, kamu bisa transaksi pulsa dan kuota pakai aplikasi yang tersedia.

3. Bisnis MLM

Banyak orang menilai negatif bisnis multi level marketing (MLM). Padahal, gak semua bisnis MLM itu selalu negatif.

Soalnya, banyak produk MLM yang juga terpercaya dan bisa menghasilkan pendapatan tambahan, terutama buat karyawan. Misalnya, beberapa produk kecantikan seperti Jafra, Sophie Martin, Oriflame, dan lain-lain.

Tanpa perlu mengganggu pekerjaan utama, kamu bisa jual tuh produk-produk MLM ke teman kantormu. Kamu juga bisa buka bisnis MLM di rumah dengan menggaet tetanggamu.

4. Online shop

Bisnis online sudah marak dan jadi tren di tengah masyarakat. Gak heran kalau banyak pusat perbelanjaan sekarang ini pada tutup. Ya, mungkin saja penyebabnya karena banyaknya bermunculan toko online.

Nah, daripada kamu cuma jadi pembeli saja, lebih baik kamu coba buka bisnis online ini. Banyak banget ide bisnis yang bisa dijual secara online.

Kamu bisa memulai online shop dengan menjual pakaian anak, kue, atau aneka makanan lain. Kamu bisa lakukan bisnis ini saat waktu libur. Tapi, tentu harus ngeluarin modal ya!

Kalau gak mau ngeluarin modal, kamu bisa jadi reseller atau dropshipper produk milik orang lain. Caranya, kamu hanya perlu punya akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya buat promosi produk yang dijual.

5. Membuat blog

Menulis blog akhir-akhir ini lagi trend, lho. Kamu bisa buat blog buat usaha sampingan. Mungkin kamu bingung, hal apa yang bakal dimunculkan di blogmu.

Mulailah dari menceritakan hobi hingga hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaanmu sekarang atau sesuatu yang sedang booming saat ini. Ingat ya, kalau yang kamu tulis adalah content yang berkualitas biar menjaring banyak pengunjung. 

Modal untuk membuat blog sangat murah dimulai dari ratusan ribu. Banyak penyedia jasa pembuatan website yang kini menjamur.

Apakah kamu bingung dari mana uang akan terkumpul? Melalui penyedia jasa pembuat website tadi, kamu punya kesempatan lho buat mengulik informasi dari mereka. Biar gak ganggu pekerjaanmu, kerjakan saat waktu senggang, ya! 

6. Jasa desain grafis

Kamu punya keahlian desain grafis? Kalau kamu punya, inilah kesempatan emas. Lalu, apa saja yang bakal kamu kerjain nanti? Mulai saja dulu dari hal-hal yang sederhana seperti desain kartu nama, mug, kaos, dan poster. Kamu cuma butuh laptop atau komputer dan aplikasi desain grafis buat usaha sampingan ini.

Manfaatkan sosial media buat promosi dan pemasaran. Biar makin banyak yang tahu dan laku, di internet banyak lho website yang menyediakan pasar desain online seperti sribu.com.  

Oh iya, penetapan harga desain patut kamu pelajari, pasalnya banyak orang yang menganggap murah produk desain. Selain itu, say no to harga teman, ya.

7.  Jualan produk software

Usaha sampingan yang satu ini cocok banget buat kamu seorang programmer. Kamu bisa ciptakan software aplikasi, kemudian menjualnya dengan SaaS (Software as a Service). 

Sasaran software yang sudah kamu buat adalah para pengguna ponsel genggam smartphone. Software-nya bisa berupa berupa game.

Pembuatannya terbilang mudah, kamu tinggal membeli template dari sebuah aplikasi, lalu ubah teks dan desainnya sesuai selera.

8. Membuka kursus digital

Zaman sekarang ngadain kursus gak harus offline dengan tatap muka. Kumpulkan semua ilmu yang kamu punya dalam berbagai bentuk dari eBook sampai video. 

Bisa juga kamu lakukan kursus dengan streaming melalui aplikasi yang memungkinkan kamu bisa berkomunikasi layaknya tatap muka. Anak-anak sekolah merupakan sasaran empuk kalau kamu buka kursus digital, apalagi mereka dekat banget dengan teknologi.

Oh iya, kamu wajib buat susunan materi kursus biar apa yang kamu sampaikan jelas. Patokan harga kursus biasanya dibuat persegi atau per jam. Selain itu, hari libur adalah waktu yang sempurna buat kamu fokus ke usaha kursus ini. 

9. Pedagang musiman

Hari libur seperti Sabtu dan Minggu cocok banget dimanfaatin buat bisnis sampingan karyawan. Kamu bisa buka usaha kuliner atau pakaian di pasar dadakan.

Bagi yang punya kendaraan pribadi, kamu bisa pake tuh mobil buat menjajakan produk yang kamu jual. Jangan salah lho, sekarang ini lagi ngetren di mana orang-orang jualan pake mobil di pasar dadakan.

Pasar dadakan ini biasanya selalu buka di lokasi yang digunakan buat olahraga di hari Minggu. Nah, sudah tepat banget kan kamu mengisi hari libur buat dapetin uang tambahan selain dari gaji bulanan.

10. Usaha warkop sederhana

Warung kopi akhir-akhir ini lagi ada di puncak ketenaran, apalagi dibarengi sama hobi anak muda untuk berkumpul.

Gak usah bingung milih tempat, teras rumahmu sekalipun bisa disulap jadi tempat usaha asal letaknya strategis. Pilihan lain adalah membuka warkop di sekitar kampus atau kawasan industri dan perkantoran.

Modal usaha yang satu ini murah banget lho. Contohnya, modal segelas kopi adalah Rp2.000 dan kamu jual dengan harga Rp4.000. Kamu tinggal kalikan dengan jumlah kopi yang terjual.

Selain kopi, sajikan juga makanan ringan seperti gorengan atau mie instan. Biar makin komplit, pasanglah wifi agar pengunjung makin nyaman. Wah, kedengarannya mudah banget, ya!

11. Jasa penerjemah

Kalau kamu mahir berbahasa asing, inilah momen yang tepat buat kamu kembangin bisnis. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasamu lantaran era komunikasi yang masif. Perusahaan berbondong-bondong jalin kerja sama dengan perusahaan internasional buat kembangin sayap.

Perusahaan butuh jasamu buat nerjemahin dokumen dan berkas yang mereka punya. Eits, gak cuma yang berkaitan dengan bisnis. 

Manfaatkan situs online dan sosial media, maka calon pengguna jasamu akan semakin luas dari berbagai kalangan. Perbanyak juga jenis produknya ya, dari jurnal, skripsi, sampai makalah.

Ide bisnis sampingan buat karyawan sebetulnya banyak kalau kita kreatif dan bisa ngulik. Tapi buat yang mau nyoba, mending gak usah muluk-muluk dulu deh.

Buka saja bisnis yang sekiranya kita mampu baik secara bujet atau secara tenaga. Biar bisnis sampingan karyawan yang dijalani kecil, yang penting ada tambahan buat mencukupi kebutuhan.

Siapa tahu dari bisnis kecil ini ke depannya akan berkembang semakin besar, ya kan? Gimana, siap mencobanya? (Editor: Chaerunnisa)