5 Ide DIY Dekorasi Hari Raya Imlek Bermodal Kertas dan Angpao

dekorasi imlek

Tahun Baru Cina udah dekat nih, tapi rumah sampai saat ini masih aja belum dihias dekorasi Imlek gara-gara sibuk. Gimana nih? Masak rumah mau sepi begini kalau keluarga dateng?

Tenang dulu, gak usah panik dan gak perlu bingung bikin bujet mendadak buat dekorasi Imlek. Mumpung masih ada waktu, mending kita bikin aja sendiri.

Ada lima dekorasi khas Negeri Tirai Bambu yang bisa kamu buat di rumah. Bahan bakunya juga mudah dicari dan murah meriah.

Daripada keluar duit beli dekorasi, mending memanfaatkan jurus kreatifmu saja dalam membuat enam barang ini. Mau tahu apa saja dan gimana cara buatnya? Silakan dibaca ulasannya di bawah ini.

1. Lampion dari kertas

dekorasi imlek
Lampion kertas (vemale)

Lampion emang jadi hiasan utama saat Imlek. Tanpa barang yang satu ini, suasana Imlek rasanya kurang afdol.

Barang-barang yang dibutuhkan:

– Kertas tebal usahakan warna merah
– Gunting

Cara membuat:

– Lipat kertas jadi dua bagian
– Potong bagian yang terlipat, hati-hati jangan sampai terputus. Beri jarak sekitar 2,5 cm setiap potongan garisnya
– Ketika seluruh bagian terpotong, buat lengkungan dengan menyatukan bagian ujung yang satu dengan lainnya. Dan rekatkan dengan lem
– Buat gagang lampion dengan menggunting kertas sepanjang 15 cm dengan lebar 2,5 cm
– Pasang gagang ke bagian dalam lampion menggunakan stapler, lengkungkan di kedua sisinya
– Biar lebih artistik, taruh lilin dengan gelas pelindung yang tinggi

2. Tulisan Fu

dekorasi imlek
Tulisan Fu ( “tinabun)

Nah jangan sampai kelupaan sama dekorasi Imlek yang ini. Semua warga Tionghoa kerap menempelkan kertas yang bertulisan Fu di depan pintu. Fu artinya keberuntungan, dan wajib diingat jangan sampai memasang tulisan Fu terbalik ya, maknanya beda lagi lho.

Barang yang dibutuhkan:

– Kertas karton tebal berwarna merah
– Spidol

Cara membuat:
– Gak usah repot-repot, buat saja tulisan Fu dengan spidol di kertas merah
– Potong kertasnya berbentuk bujur sangkar
– Tempel deh di depan pintu

3. Hiasan berbentuk ikan dari angpao

dekorasi imlek
Hiasan ikan (Youtube)

Ikan itu melambangkan kelancaran dalam berbisnis, itulah sebabnya kenapa hidangan makan dan jajanan di hari raya Imlek biasanya ada menu ikannya. Nah gimana kalau bikin hiasan ikan dengan memanfaatkan angpao seperti kertas origami?

[Baca: Imlek 2018: Ini 5 Resep Jajanan Tionghoa di Bawah Rp 35 Ribu]

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Barang yang dibutuhkan:

– Angpao
– Gunting
– Stapler
– Benang

Cara membuat:

– Untuk membuat satu ikan, kamu membutuhkan dua angpao
– Buat kepalanya dengan dua potongan kertas angpao
– Rekatkan dengan stapler
– Lalu siapkan satu angpao lagi untuk membuat badan dan ekornya ikan
– Setelah badannya jadi, rekatkan badan dengan kepalanya
– Jika sudah jadi, gantung saja di dekat pintu dengan benang

4. Kipas kertas

dekorasi imlek
Kipas kertas (Youtube)

Kipas juga bakal membuat nuansa rumahmu terlihat lebih oriental. Kamu masih bisa bikin kipas dari kertas kok.

Barang yang dibutuhkan:

– Kertas HVS
– Stappler

Cara membuat:

– Arahkan posisi kertas secara vertikal atau meninggi
– Buat garis tipis di tengah kertas secara melebar
– Lipat kertas sesuai garis. Lipat pada garis pertama, dengan membawa sisi kanan kertas ke arahmu
– Lipatlah ke arah yang berlawanan dengan lipatan pertama
– Lanjutkan melipat kertas tersebut dengan bolak balik
– Satukan bagian bawah kertas
– Stapler bagian bawah agar tidak lepas

5. Lentera dari angpao

dekorasi imlek
Lentera Imlek ( kesekolah)

Yang  ini lumayan ribet karena butuh bahan yang gak sedikit. Tapi kalau sudah jadi, tentu bakal jadi pusat perhatian dan dari dekat baru deh orang pada ngeh kalau ternyata itu adalah angpao.

[Baca: Dibagikan di Hari Imlek 2018, Ini 10 Fakta Soal Angpao]

Barang yang dibutuhkan:

– 12 kertas angpao
– Stapler
– Benang merah

Cara membuat:

– Ambil kertas angpao, lipat di setiap sudutnya sampai membentuk segitiga pada bagian atas dan bawah
– Ambil tiga lembar angpao dan buat kembali seperti pada langkah pertama
– Ambil empat lembar kertas angpao tersebut dan ulangi langkah-langkah sebelumnya. Setelah itu rekatkan tiap sudutnya dengan stapler
– Jika angpaonya sudah terbentuk semua, gabungkan. Dan jika berhasil, angpao-angpao itu akan membentuk lentera

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Gimana guys, gak ribet kan membuat lima dekorasi Imlek ini? Bahannya mudah dicari dimana-mana, harganya juga gak mahal. Kalau gak mau repot, cari saja di e-commerce.

[Baca: Daftar Lengkap Diskon Tahun Baru Imlek 2018 di E-Commerce]

Palingan PR-nya ya kudu sabar saja dalam ngebuatnya. Apalagi buat yang gak terbiasa bikin prakarya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →