5 Ide Kado Unik Bikinan Sendiri Buat Sahabat, Gak Nyampe Rp 50.000!

Ngasih kado jam tangan buat sahabat kok kesannya udah basi ya. Kado kue apa lagi. Itu mah pasaran banget, bukan kado unik. Dari jaman jadul, ngasih hadiah kue terus ke sahabat.

Emang suka bingung sih kalau mau ngasih kado unik buat sahabat tercinta. Mau ngasih barang mahal harus punya duit banyak. Mau ngasih barang murah gak enak.

Tenang aja deh, gak usah bingung dulu. Masih banyak kok kado yang unik, murah, tapi gak murahan. Salah satunya dengan bikin kado sendiri.

Kado bikinan sendiri atau do it yourself (DIY) malah bisa bikin sahabat makin terkesan lho. Bahkan bisa bikin kedekatan kita ama sahabat makin erat.

Gak percaya? Yuk kita simak 5 ide bikin kado unik DIY dengan bujet di bawah Rp 50.000. Dijamin gak malu-maluin!

1. Sarung pengaman ponsel dari bahan rajut

kado unik
Lucu banget kan kalo ngasih kado sarung protector HP rajut buat sahabat (Tokopedia)

Punya ponsel Android atau iPhone saat ini udah seperti kewajiban. Rasanya terkesan kampungan deh kalau zaman sekarang orang gak punya ponsel pintar alias smartphone.

Masalahnya, smartphone ini ukurannya relatif lebih besar dibandingkan dengan ponsel keluaran sebelumnya. Potensi rusak karena jatuh pun sering terjadi.

Nah, ngasih kado unik bikinan sendiri berupa sarung pengaman ponsel dari bahan rajut bisa jadi pilihan. Bahan baku yang dibutuhkan pun gampang didapat. Cara bikinnya ya relatif mudahlah.

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu benang rajut, jarum rajut, dan gunting. Ketiga bahan dasar tersebut cukup untuk membuat sarung pengaman ponsel. Biaya yang dibutuhkan gak lebih dari Rp 50.000. Berikut rinciannya:

– 2 gulung benang rajut katun 100 gram = Rp 20.000
– Jarum rajut = Rp 15.000
– Gunting = Rp 10.000

Total = Rp 45.000

Cara membuat:

– Siapkan bahan-bahan rajut yang udah dibeli tadi
– Pastikan untuk tahu jenis model ponsel milik sahabat kamu agar memudahkan ukuran sarung rajut yang akan dibuat
– Mulailah merajut sesuai model yang diinginkan

Dari simulasi di atas, tampaknya emang mudah bikin kado unik sarung ponsel buat sahabat. Kita gak perlu keluarin duit besar. Tapi dengan kado bikinan sendiri, sahabat akan terus menggunakan dan merawatnya.

Masalahnya, kalau kita gak bisa merajut sama sekali gimana? Tenang, jangan dulu panik. Sekarang ini banyak kok tutorial merajut di YouTube. Kamu cuma tinggal lihat dan pelajari aja. Gratis lagi.

[Baca: 8 Channel YouTube Video Ini Bisa Jadi Solusi Buat Lebih Hemat]

2. Rak kosmetik dari kardus

kado unik
Rak kosmetik dari kardus tapi tampak elegan ya (Media.rooang)

Ide kedua bikin kado unik buat sahabat adalah membuat rak kosmetik buatan sendiri. Caranya cukup gampang. Bahan yang dibutuhkan juga gak perlu ngeluarin biaya mahal.

Pilih kardus bekas buat bahan utama. Cari kardus yang bahannya cukup kuat. Kardus bekas sepatu misalnya. Siapkan gunting, pisau, lem, dan kertas kado berbagai warna. Ini rinciannya:

– Kardus bekas sepatu = Rp 0 (bisa nyari di rumah)
– Gunting = Rp 10.000
– Pisau = Rp 15.000
– Lem = Rp 5.000
– 3 lembar kertas kado warna warni = Rp 15.000

Total = Rp 45.000

Cara membuat:

– Gunting secara rapi kardus bekas sepatu menjadi beberapa bagian
– Gunting kertas kado warna-warni untuk menutupi semua permukaan kardus yang telah digunting tadi menggunakan lem
– Susun kardus yang telah ditutup kertas kado menjadi beberapa kotak
– Lem secara kuat masing-masing sudut dan semua permukaan agar terlihat rapi
– Rak bikinan sendiri sudah beres dan siap dijadikan kado buat sahabat

Hitungan dan simulasi di atas sangat mudah kan. Biaya yang dikelaurkan pun di bawah Rp 50.000. Harus yakin deh, sahabatmu pasti seneng dapat kado unik tapi gak murahan ini. Gak percaya? Makanya perlu dicoba.

3. Botol kenangan

kado unik
Gimana kesannya kalau kenangan bareng sahabat dikumpulin dalam botol (Steamykitchen)

Sebagian orang menilai sahabat itu melebihi apapun. Lebih dari sekadar teman biasa. Tentunya banyak sekali suka dan duka saat melewati hari-hari bersama sahabat tercinta.

Nah, baiknya sih kenangan-kenangan tersebut jangan dilupakan begitu aja. Sesekali kamu perlu ngasih kejutan buat sahabat baikmu untuk tetap mengingat semua kenangan itu.

Caranya?

Bikin kado kumpulan kenangan dalam botol. Maksudnya, kamu ingat-ingat apa yang telah dilakukan bareng sahabatmu itu. Lalu tulis dalam kepingan kertas dan masukan ke botol cantik untuk dijadiin hadiah.

Selain gak perlu ngeluarin kocek besar, bikin botol berisi kenangan ini juga cukup mudah. Kamu tinggal siapin botol bekas cantik, kertas warna-warni, spidol, dan pita. Rincian:

– Botol bekas unik dan lucu = Rp 0 (bisa cari di rumah)
– Kertas warna-warni = Rp 10.000
– Spidol warna-warni = Rp 20.000
– Pita kado = Rp 10.000

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Apakah poin-poin omnibus law cipta kerja (ciptaker) yang perlu diketahui karyawan?Di wilayah kantor saya sering sekali dengar tentang ramai nya perbincangan omnibus law akhir-akhir ini. Penasaran aja, apa sih poin-poin penting untuk kita para karyawan?Dijawab : Rieke Caroline, SH, MKn.

Total = Rp 40.000

Cara membuat:

– Cari dan pilih botol yang ada di sekitaran rumahmu
– Pasang pita cantik dalam leher kado tersebut
– Siapkan dan gunting kertas warna-warni
– Tulis sejumlah peristiwa yang gak bisa dilupain antara kamu dan sahabat dalam kertas tersebut
– Masukan kertas-kertas berisi kisah kenangan itu dalam botol
– Botol kenangan siap dikirim ke sahabat terbaikmu

4. Bingkai foto dari gabus

kado unik
Bingkai foto dari gabus lucu juga (Instructables)

Gabus styrofoam ternyata bisa juga dimanfaatin buat bikin kado. Salah satunya bingkai foto. Kado bingkai foto buat sahabat unik juga lho.

Kamu cuma butuh nyiapain gabus styrofoam ukuran 40 cm x 60 cm, lem, gunting, pisau cutter, dan kertas warna warni. Cara bikinnya pun terbilang mudah. Selain itu, biayanya gak terlalu mahal. Rinciannya:

– Gabus styrofoam = Rp 10.000
– Lem = Rp 5.000
– Gunting = Rp 10.000
– Pisau cutter = Rp 10.000
– Kertas warna-warni = Rp 10.000

Total = Rp 45.000

Cara membuat:

– Potong gabus styrofoam sesuai ukuran yang akan dibuat bingkai
– Potong bagian tengah gabus styrofoam untuk ruang penyimpanan foto
– Potong kertas warna-warni untuk dijadikan ornamen pinggiran bingkai
– Lipat kertas warna-warni tersebut hingga menyerupai dedaunan
– Tempelkan dedaunan kertas tersebut di pinggilan bingkai
– Bingkai foto jadi dan siap dikasih buat sahabat

5. Bikin film

kado unik
(Lightscamerabusiness)

Kado terindah untuk orang yang kita sayangi gak perlu berupa barang. Tapi bisa juga berupa film pendek. Tentunya film pendek yang memiliki kesan dan pengalaman yang gak bisa dilupain.

Kado film pendek bisa dibuat sendiri untuk sahabat yang sedang merayakan ultah. Tapi jangan berpikir seperti film pendek beneran yang harus syuting dan ada sutradaranya. Film pendek ini maksudnya video yang kita edit sendiri.

Kado film pendek ini cocok juga dikasih buat sahabat dalam rangka perpisahan kuliah di luar negeri. Dengan kado film tersebut, diharapkan sang sahabat gak ngelupain kita meski lagi jauh di luar negeri.

Ada dua macam film pendek yang bisa kita jadikan kado buat sahabat. Pertama film yang berisikan kumpulan foto bersama. Kedua, film hasil ngerekam ketika sering bersamaan. Tentu dong kamu punya video bareng sahabatmu ketika sering bebarengan.

Bikin kado video juga cukup mudah kok. Gak perlu ngeluarin uang malah. Soalnya segala fasilitas sekarang udah tersedia di ponsel pintar.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Caranya:

– Siapin kamera, boleh handycam atau kamera hape
– Pilih foto-foto atau video yang akan dibikin kado
– Cari program atau aplikasi yang bisa mengedit video
– Edit video sekreatif dan seunik mungkin yang akan dijadikan kado
– Kado video jadi dan siap dikasih ke sahabat

Nah, itulah beberapa ide membuat kado unik bikinan sendiri buat sahabat dengan biaya murah tapi gak terlihat murahan. Semoga aja bisa menginspirasi kamu ya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →