Ini 5 Investasi Dana Pensiun yang Harus Dimiliki Kawula Muda

Investasi jadi salah satu cara yang dipilih banyak orang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Mulai dari emas hingga bermain saham.

Gak ada yang sih salah dari ini, bahkan disarankan. Tapi masalahnya, dari semua investasi itu, bisa jadi investasi dana pensiun yang belum terpikirkan. Padahal ini penting banget.

Banyak banget anak muda yang belum berpikir ke arah sana. Mereka baru memikirkan investasi dana pensiun kalau udah mendekati waktunya. Kalau begini, bisa dibilang udah terlambat.

Nah, melansir Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut ini lima jenis investasi dana pensiun yang disarankan dimiliki oleh kawula muda, biar di masa tua nanti dapat hidup dengan nyaman, bahagia, dan punya banyak duit.

1. Investasi saham

investasi dana pensiun
Investasi saham  (analisasaham)

Salah satu jenis investasi yang harus dimiliki anak muda agar masa tuanya bahagia itu investasi saham. Soalnya, sebagai investor kamu bakal dapat keuntungan dari pembagian laba (dividen) dan juga kenaikan harga saham (capital gain).

Nah, dua hal tersebut bakal menjadi sumber pendapatan tetap di hari tuamu nanti. Apalagi, nilai dividen umumnya bakal meningkat setiap tahun. Tapi kamu juga perlu ingat, semakin besar dividen, semakin besar juga risiko yang kamu tanggung. Kamu juga perlu baca-baca informasi dulu soal ini sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi.

[Baca: 10 Reksadana Pasar Uang Terbaik 2017 dengan Return di Atas Deposito]

2. Reksadana pasar uang

investasi dana pensiun
Reksadana pasar uang (julioandrian.wordpress)

Reksadana kini juga banyak dipilih orang buat investasi. Selain jelas menguntungkan, reksadana juga jenis investasi yang mudah karena dikelola oleh manajer investasi. Kamu cuma perlu menyetor dana dan perusahaan manajer investasi yang bakal bertanggung jawab mengelolanya buat mendapatkan return setinggi mungkin.

Manajer investasi juga bertugas mencari instrumen reksadana yang menguntungkan. Salah satu reksadana yang memiliki risiko paling rendah adalah reksadana pasar uang. Kenapa begitu? Karena reksadana pasar uang juga punya deposito berjangka dan obligasi jatuh tempo di bawah satu tahun. Bisa dibilang ini paling aman ketimbang yang lain.

Kamu juga perlu tahu kalau untuk investasi di sini gak perlu modal sampai jutaan. Ada lho manajer investasi yang memperbolehkan orang mulai berinvestasi hanya dengan modal ratusan ribu aja. Menarik, kan?

3. Deposito berjangka

investasi dana pensiun
Deposito berjangka (manfaat)

Sama seperti reksadana, deposito juga merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko rendah dan aman terhadap fluktuasi suku bunga.

Kalau pilih ini, semua uang yang kamu simpan di bank bakal terlindungi sepenuhnya. Gak cuma itu, suku bunga yang diberikan juga terbilang cukup besar. Namun besaran suku bunga tergantung dari jangka waktu deposito yang kamu pilih.

Kalau pilih ini, kamu bisa pakai fitur automatic roll over. Jadi deposito bakal diperpanjang otomatis kalau udah jatuh tempo tapi kamu gak mencairkan uang. Kalau udah begini, uang kamu bakal berkembang terus tanpa kamu sadari.

4. Investasi Emas Batangan

investasi dana pensiun
Investasi Emas Batangan (okezone)

Investasi emas batangan kini juga banyak dipilih orang karena merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan.

Investasi emas batangan ini cocok buat jadi investasi dana pensiun. Soalnya, harga emas pasti naik tiap tahun. Untuk coba yang satu ini, sarannya sih kamu jangan beli kredit. Pakai uang tunai biar menghindari risiko gagal bayar.

[Baca: Ini Lho 5 Keuntungan Investasi Emas Batangan, Yuk Dicoba!]

5. BPJS Ketenagakerjaan

investasi dana pensiun
BPJS Ketenagakerjaan (okezone)

Salah satu program pemerintah yang bisa menjadi tabungan masa tuamu adalah BPJS Ketenagakerjaan. Program ini punya Jaminan Hari Tua (JHT) yang bisa menjadi bekal hari tuamu nanti.

Selama bekerja, penghasilanmu bakal dipotong setiap bulan oleh perusahaan buat membayar iuran ke pihak BPJS Ketenagakerjaan. Jadi gak bakal kerasa kok. Tahu-tahu, jika sudah gak bekerja, baik karena berhenti maupun pensiun, kamu bisa mencairkannya.

[Baca: Dana BPJS Ketenagakerjaan Bisa Dicairkan Secara Online, Ini 7 Langkahnya]

Nah, itu dia lima jenis investasi dana pensiun yang sebaiknya udah kamu punya sejak masih muda. Kamu tentu gak mau kan saat udah tua nanti masih pusing mikirin duit? Yuk, mulai investasi dari sekarang.