Jenis-Jenis Properti yang Kamu Bisa Investasikan Seumur Hidup

jenis-jenis investasi properti

Investasi properti merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Pasalnya, jenis-jenis investasi properti ternyata beragam dan berpotensi tinggi terus meningkat nilainya dari tahun ke tahun. Makanya gak heran kalau orang yang terjun ke investasi properti punya banyak uang.

Meskipun menawarkan keuntungan yang besar, nyatanya masih banyak orang yang enggan terjun ke investasi properti karena kepentok modal.

Ya, memang sih gak bisa dipungkiri kalau harga properti di kota besar seperti Jakarta aja udah mahal banget. Apalagi kalau harus beli beberapa properti buat diinvestasikan. Banyak yang mundur sebelum berperang karena gak kuat sama harganya.

Tapi kamu gak perlu khawatir karena kini kamu bisa investasi properti tanpa harus keluar uang sekaligus besar yaitu lewat property crowdfunding.

Property crowdfunding adalah metode investasi properti yang tak perlu membeli properti secara utuh melainkan dengan cara patungan. Istilahnya kayak pemegang saham gitu.

Misalnya properti yang kamu inginkan seharga Rp1 miliar. Kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp10 juta dan sudah memiliki persentase kepemilikan properti tersebut. Jadi, minimal transaksinya itu sebesar satu persen dari harga properti.

Keuntungan yang kamu dapatkan itu berasal dari hasil sewa propertimu. Kamu juga gak perlu repot mikirin soal perizinan, tenant dan tetek bengek lainnya. Karena semuanya akan diurus oleh perusahaan yang bertindak sebagai fasilitator.

5 pilihan jenis-jenis properti untuk diinvestasikan

Nah, buat kamu yang berminat untuk meraup kekayaan dari investasi ini, ada beberapa jenis-jenis properti yang akan kasih kamu untung gede lho. Apa aja? Berikut lima di antaranya.

1. Kos-kosan

Investasi properti pertama yang menguntungkan adalah dengan membuka indekos alias kos-kosan. Pasalnya, kamu akan mendapatkan pendapatan pasif setiap bulan atau untung 5 hingga 7 persen setiap tahunnya.

Untuk bisnis yang satu ini, kamu perlu mencari posisi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan penyewa. Misalnya aja yang dekat dengan kampus atau kantor.

Kamu juga harus mempertimbangkan kebutuhan calon penyewa, seperti memastikan lokasi, harga dan fasilitas yang ditawarkan. Gak cuma itu aja, kamu bisa memperluas usaha kamu dengan membuka laundry, catering atau warung kecil di kos-kosan itu.

2. Tanah

Investasi properti berupa tanah kosong bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, seperti yang diketahui kalau harga tanah itu setiap tahun akan terus naik.

Investasi yang satu ini juga memberikan berbagai keuntungan seperti minimnya biaya perawatan dan kamu akan mendapatkan untung maksimal jika menjualnya untuk jangka panjang. Jika ingin harga tanahmu cepat naik, pilihlah lokasi yang strategis.

Selain itu, kamu juga tetap bisa memanfaatkan tanah kosong milik kamu itu untuk meraup pundi-pundi kekayaan yaitu dengan menyewakan untuk lahan parkir.

Saat membeli tanah, kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti nama pemilik tanah harus sesuai dengan tertera di sertifikat, begitu juga dengan ukuran tanahnya harus sama dengan yang ada di sertifikat.

3. Apartemen

Apartemen kini memang tengah menjamur di mana-mana. Hal itu dipengaruhi oleh semakin meningkatnya minat masyarakat untuk tinggal di apartemen, terutama kaum milenial.

Kini juga udah banyak tersedia penyewaaan apartemen dengan bujet murah. Bahkan, ada yang harga sewanya hampir sama dengan kos-kosan. Hal itulah yang semakin membuat banyak orang lebih memilih untuk tinggal di apartemen.

Untuk investasi properti yang satu ini, kamu berpotensi akan mendapatkan keuntungan sekitar 7 persen hingga 12 persen per tahunnya.

Meski begitu, buat kamu yang ingin investasi apartemen harus sangat teliti dan butuh modal besar di awal, salah satunya adalah untuk membeli furniture. Selain itu lokasi juga memengaruhi keuntungan yang akan kamu dapatkan.

4. Kontrakan

Selain kos-kosan, kontrakan juga tetap menjadi keunggulan investasi properti. Mengingat rumah adalah kebutuhan pokok, kamu gak perlu khawatir akan sepi peminat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya adalah lokasi yang strategis seperti dekat dengan keramaian, perkantoran dan lainnya.

Gak jauh berbeda dengan kos-kosan, untuk bisnis kontrakan, kamu umumnya akan mendapatkan keuntungan sebesar 4 hingga 6 persen per tahunnya.

Kamu juga perlu menyiapkan bujet lebih untuk hal-hal yang tak terduga. Misalnya aja seperti penyewa kurang bertanggung jawab. Karena itu, pentingnya kamu lebih selektif memilih calon penyewa biar gak rugi bandar karena banyak barang yang rusak.

5. Ruko, kios atau toko

Investasi properti di bidang ruko, kios atau toko juga dapat memberikan keuntungan yang besar lho. Apalagi kalau lokasinya strategis, pasti akan jadi rebutan banyak orang yang ingin membuka usaha.

Namun, jika kamu salah memilih lokasi, maka akan terancam sulit mendapatkan penyewa. Pasalnya, pemilihan lokasi merupakan salah satu poin penting dalam usaha. Jika berjalan lancar, keuntungan yang didapatkan berkisar antara 6 sampai 9 per tahun.

Tips mengelola properti untuk berinvestasi

investasi hotel dan apartemen

Kalau kamu udah menentukan jenis-jenis properti apa yang mau diinvestasikan, maka kamu pun harus paham bagaimana cara mengoptimalkannya supaya bisa menghasilkan banyak keuntungan. Ada 9 cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah tips mengelola properti untuk berinvestasi.

1. Pastikan berada di lokasi yang strategis

Penting banget buat memerhatikan lokasi properti kamu berada. Sebab lokasi akan menentukan seberapa banyak orang yang akan datang untuk menyewa properti tersebut.

Apalagi kalau properti yang kamu punya berada di lingkungan sekitar lingkungan dekat perkantoran maka para karyawan akan menjadi penyewa yang potensial.

2. Ketahui besaran pajak yang dibayarkan

Ketika memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti maka penting buat mengetahui pajak properti di lingkungan tersebut. Jangan sampai gara-gara tidak tahu besaran pajak, kamu jadi menentukan harga terlalu kecil dibandingkan pajak yang harus dibayarkan. Akibatnya pendapatan yang diterima tidak bisa menutupi pajaknya.

Tidak perlu takut jika pajak yang harus dibayarkan tinggi sebab jika lokasi tersebut sudah strategis maka akan banyak penyewa potensial yang akan datang.

3. Dekat area pendidikan

Jika target penyewa kamu adalah sebuah keluarga yang memiliki anak. Maka memastikan lokasi properti di area pendidikan adalah pilihan yang tepat. Area pendidikan di sini seperti area persekolahan atau universitas. Akan sangat percuma memiliki properti bagus apabila lingkungan sekitar memiliki fasilitas pendidikan yang sedikit.

4. Rencana pengembangan di masa depan

Cari tahu apakah lokasi propertimu berada akan dilakukan pengembangan nantinya, seperti pembangunan mall, apartemen, sekolah, taman bermain, maupun perkantoran. Jika iya, maka area tersebut berpotensi memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat baik.

5. Ketahui rata-rata biaya sewa

Pastikan kamu mengetahui dengan baik berapa rata-rata biaya sewa di area tersebut. Jangan sampai kamu menetapkan harga terlalu mahal ataupun murah, sebab hal tersebut akan menentukan seberapa banyak calon penyewa yang akan datang.

6. Aman dari kriminalitas

Akan sangat sulit mendapatkan penyewa jika kamu memutuskan berinvestasi properti di area yang rawan kriminalitas. Maka dari itu sebelum berinvestasi ada baiknya mengukur tingkat kejahatan di wilayah tersebut. Semakin kecil tingkat kriminalitas maka semakin besar kamu mendapatkan penyewa.

7. Aman dari bencana alam

Menjadi percuma memiliki properti bagus tapi lokasi properti rawan akan bencana alam seperti banjir, gempa bumi, longsor, dan bencana lainnya, yang ada nilai properti menjadi turun dan ini akan menjadi pertimbangan besar bagi penyewa yang akan menyewa.

Nah, itu dia jenis-jenis investasi properti menjanjikan dan tips berinvestasi yang dapat menjamin masa depanmu. Jadi, saat dapat durian runtuh alias dapat rezeki nomplok, sisihkan beberapa persen untuk mulai ikut property crowdfunding. Gak masalah sedikit, tapi lama-lama kan jadi bukit.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melindungi gedung dan rumahmu dengan asuransi properti. Dengan menjadi nasabah asuransi properti, kamu akan terlindungi dari pengeluaran akibat harus merenovasi kerusakan pada gedung atau rumahmu.

Yuk, cari tahu lebih lengkap mengenai manfaat asuransi properti di Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →