5 Jenis Investasi yang Ada di Bank [Plus Cara Berinvestasinya]

jenis investasi

Sekarang ini banyak banget jenis investasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan buat memenuhi pundi-pundi rupiah.

Beberapa instrumen investasi bisa dilakukan sembari menabung dengan setoran minimal yang terjangkau. Kamu pun bisa berinvestasi di bank meskipun bank lebih dikenal sebagai tempat untuk menabung.

Berikut ini kelebihan-kelebihan investasi di bank dan berinvestasinya.

Kelebihan-kelebihan investasi di bank

Ada sejumlah kelebihan dari melakukan investasi di bank. Berikut ini beberapa kelebihan yang diperoleh dengan berinvestasi di bank.

1. Sistem keuangan yang terpercaya

Bank diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tabungan atau dana nasabahnya dilindungi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Ini menandakan bank telah memiliki sistem pengawasan yang sangat baik. Selain itu, bank yang sahamnya dimiliki masyarakat juga informasinya lebih terbuka dan punya good corporate governance (GCG) yang baik.

Laporan keuangan perbankan juga mudah diakses di website bank tersebut dan website OJK atau Bank Indonesia (BI). Jadi, sangat mudah diketahui ketahanan keuangan dari bank tersebut.

2. Mudah untuk melakukan pembelian dan penjualan

Bank saat ini telah menjadi agen untuk sejumlah produk keuangan. Alasannya, bank memiliki database nasabah yang cukup besar.

Karena menjadi tempat untuk mendapatkan produk keuangan, fasilitas yang dimiliki bank udah cukup memadai dan bisa melayani sejumlah produk keuangan dari bank.

Dengan sejumlah infrastruktur yang kuat dan mumpuni, bank pun bisa secara real time melayani nasabah yang berencana untuk membeli produk keuangan.

3. Kantor cabang mudah dijangkau

Kantor cabang bank lebih banyak tersedia dibandingkan lembaga keuangan lain. Jika ingin memilih atau membeli produk keuangan, langsung datang ke kantor cabang bank untuk berbicara kepada tenaga ahli pemasaran yang biasanya berada di lokasi.

Bisa juga bertemu dengan customer service yang pasti mengenal produk keuangan yang ditawarkan kepada nasabahnya. Pertemuan biasanya juga akan membahas simulasi investasi yang dipilih nasabah.

Cara berinvestasi di bank

Bukan objek PPh 23

Jika sudah menentukan pilihan produknya, ada berbagai cara untuk berinvestasi di bank. Sekarang ini sudah banyak cara untuk berinvestasi di bank. Jadi, kita hanya perlu menyesuaikannya.  

1. Datang langsung ke kantor cabang

Mendatangi kantor cabang membantu kita untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan utuh dari petugas bank terkait pilihan produk investasi yang kita pilih. Sebab kita langsung bisa menanyakan kepada tenaga penjual atau customer service bank terkait produk yang dipilih.

Kita juga bisa langsung dibuatkan simulasi dan mengetahui risiko serta benefit atas produk yang kita beli secara jernih. Dokumen telah disiapkan bank sehingga kita hanya perlu melengkapinya dengan identitas. Setelah dinyatakan dokumen lengkap, produk investasi tersebut bisa dimiliki secara langsung.

2. Lewat mobile banking

Saat ini setiap bank telah memiliki aplikasi yang bisa di-download di Play Store. Lewat mobile banking, kita bisa membeli produk investasi di bank secara real time tanpa perlu harus berpergian. Tinggal transfer ke rekening dan menunggu notifikasi masuk yang menandakan kita telah membeli produk tersebut.

3. Website bank

Website bank telah menjadi jendela nasabahnya untuk membeli produk keuangan. Jadi, jangan ragu untuk membelinya dari website, apalagi di website tersedia penjelasan lengkap tentang produk keuangan atau investasi yang hendak kita beli. 

Jika ingin mendapat detail tentang produk tersebut kita tinggal mengajukan pertanyaan lewat online chat yang terhubung dengan customer service secara langsung. 

Jenis-jenis investasi yang tersedia di bank

jenis-jenis pasar modal

Biar gak penasaran apa saja jenis investasi yang ada di bank, berikut ini jenis-jenis investasinya. Kamu hanya perlu menyesuaikan pilihan yang tersedia dengan tujuan investasimu.

Berikut ini jenis-jenis investasi yang tersedia di bank.

  • Deposito
  • Tabungan berjangka
  • Tabungan emas
  • TabunganKu
  • Reksa dana

1. Deposito

Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dilirik masyarakat karena risikonya yang lebih rendah dibanding dengan instrumen investasi lainnya semisal reksa dana.

Selain aman, deposito juga memberikan suku bunga cukup tinggi, yaitu kisaran empat sampai lima persen per tahun dan relatif tetap. Meski ada perubahan karena fluktuasi, nilai pokoknya gak akan berubah.

Menyimpan uang di deposito bukan cuma aman. Uangmu juga bakal beranak pinak karena adanya bunga dan gak ada biaya administrasi bulanan seperti tabungan konvensional.

Jadi intinya, deposito bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat buat menambah kekayaanmu.

Tapi buat yang pengin deposito, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 10 juta. Kamu juga bisa memilih tenor hingga 24 bulan.

2. Tabungan berjangka

Tabungan berjangka juga bisa menjadi salah satu solusi buat kamu yang pengin nabung tapi gak menabung. Eh, gimana maksudnya?

Gini, sekarang banyak orang yang gak bisa menabung dengan berbagai alasan. Jadi, dengan memiliki tabungan berjangka, uangmu bakal ditarik otomatis oleh bank sesuai dengan kesepakatan, mulai dari jumlah uang hingga tanggal yang udah ditetapkan.

Yang menariknya lagi adalah tabungan berjangka juga memiliki fasilitas asuransi jiwa. Jadi, nasabah bakal mendapatkan pertanggungan dana sesuai dengan kebijakan masing-masing bank.

Sama halnya seperti deposito, kamu juga bisa memilih jangka waktu menabung sesuai keinginanmu, mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan.

Jadi, jenis tabungan ini juga bisa menjamin masa depanmu juga. Ya, persis seperti investasi.

3. Tabungan Emas

Investasi emas batangan merupakan salah satu instrumen investasi yang kini banyak dilirik orang. Pasalnya, jenis investasi yang satu ini terbilang menguntungkan banget dengan tingkat risiko rendah.

Kini masyarakat juga dapat dengan mudah buat memulai investasi emas batangan. Pasalnya, Pegadaian memiliki program yang bernama tabungan emas. Jadi, kamu bisa memiliki emas dengan cara menabung.

Meski namanya tabungan, tapi bukan berarti kamu menyetor dalam bentuk emas ya. Di sini malah kamu menabung buat membeli emas. Bahkan kamu bisa menabung mulai dari Rp 6.000-an lho.

Jadi, tabungan ini cocok banget buat kamu yang pengin investasi emas tapi gak punya cukup uang buat membeli secara tunai.

Kalau setiap bulan kamu menyisihkan uangmu sekitar Rp 100 ribu, gak terasa tahu-tahu kamu udah memiliki beberapa gram emas batangan lho.

4. TabunganKu

Salah satu jenis tabungan yang bisa sekalian menabung adalah TabunganKu. Program besutan pemerintah ini bertujuan buat menumbuhkan budaya menabung masyarakat Indonesia.

Bahkan seperti yang dikutip dari situs resmi bi.go.id, jenis tabungan ini juga diharapkan dapat menjangkau penduduk yang masih belum memiliki tabungan di bank. Mengapa?

Pasalnya, kamu bisa membuka rekening TabunganKu dengan setoran awal yang kecil banget yaitu sebesar Rp 20 ribu.

Gak cuma itu, program TabunganKu yang dimiliki oleh seluruh bank di Indonesia ini juga gak ada biaya administrasi bulanan.

Namun setiap bank biasanya punya ketentuannya masing-masing, salah satunya batas penarikan maksimal setiap bulan yang bisa dilakukan oleh nasabah.

Bank Mandiri misalnya memberikan limit transaksi sebesar Rp 1 juta per hari. Sedangkan di Bank BNI nasabah bisa menarik dana minimum Rp 100 ribu dan cuma bisa dilakukan maksimal dua kali per bulan.

5. Reksa dana

Kamu tentu udah gak asing lagi dengan instrumen investasi yang satu ini. Ya, reksadana emang banyak dilirik orang yang pengin terjun ke investasi.

Gak cuma itu, jenis investasi ini juga cocok banget buat para pemula yang pengin mengumpulkan pundi-pundi rupiah melalui investasi.

Selain udah bisa investasi reksadana dengan uang Rp 100 ribu, dana yang kamu miliki juga bakal dikelola oleh manajer investasi. Jadi, kamu tinggal duduk anteng, dan nunggu uangmu beranak pinak deh.

Nah, itu dia lima jenis investasi yang bisa kamu lakukan sekaligus menabung. Gak perlu uang gede kan buat mulai investasi? Jadi, jenis investasi mana yang kamu suka?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →