Pilihan Kartu Kredit BRI dan Keunggulannya Masing-Masing

kartu kredit bri touch (kontan.co.id)

Selain tabungan, kartu kredit BRI juga banyak dilirik orang karena punya segudang keunggulan yang dapat membantu nasabah dalam melakukan transaksi.

Kartu kredit BRI juga punya banyak promo di berbagai merchant yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Bahkan ada juga promo cicilan sehingga segala kebutuhan kamu dapat terpenuhi.

Tapi yang sering jadi kendala adalah gak sedikit nasabah yang merasa bingung memilih jenis kartu yang sesuai.

Nah, kali ini Lifepal pengin memberikan informasi seputar lima jenis kartu kredit BRI yang bisa jadi referensimu. Apa aja ya pilihannya, simak yuk!

1. Travel

Buat kamu penggemar travelling, memiliki kartu kredit Travel adalah sebuah keuntungan. Kartu kredit ini bisa menjadi senjata yang cukup ampuh untuk memangkas pengeluaran saat liburan. Pasalnya, kartu kredit jenis ini biasanya menawarkan cicilan nol persen untuk pembelian tiket pesawat, akomodasi hotel, serta bonus lainnya yang bikin hemat bujet liburan. 

Saat kehabisan uang tunai atau mengalami kesulitan mencari money changer saat berlibur, kartu kredit Travel bisa menjadi andalanmu. Ini dia beberapa pilihannya.

BRI Mastercard World Access

Sesuai namanya, memiliki limit lebih tinggi yaitu, mulai Rp50 juta, dengan persyaratan usia 25-55 tahun dan minimal penghasilan yang besar pula, yaitu Rp30 juta. Mengingat kartu ini terbilang untuk segmen menengah ke atas, maka annual fee yang dikenakan pun cukup tinggi, yaitu Rp1 juta per tahun untuk kartu basic dan Rp500 ribu per tahun untuk kartu suplemen.

Adapun promosi yang ditawarkan cukup menarik, yaitu mendapatkan double BRI Point untuk setiap transaksi pembelian tiket pesawat, pemesanan hotel serta transaksi pembelian paket wisata. 

Selain itu, terdapat Double Milage Convertion untuk setiap BRI Point yang telah dimiliki. Setiap 1 BRI Point kartu kredit BRI World Access dapat ditukarkan dengan 2 mileage maskapai rekanan. Menarik bukan?

JCB Platinum

kartu kredit bri
kartu kredit jcb platinum (bri)

Kartu kredit BRI yang satu ini dikhususkan buat para nasabah yang hobi travelling dengan keunggulan mendapat pelayanan di airport lounge, shuttle bus, hotel, resto & dine, belanja, golf, dan berbagai merchant pilihan lainnya.

Buat lebih detailnya, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

  • Annual fee sebesar Rp300 ribu per tahun buat kartu kredit basic dan Rp150 ribu per tahun buat kartu kredit supplement.
  • Maksimal penarikan tunai sebesar 60 persen dari sisa limit.
  • Biaya terlambat bayar adalah tiga persen dari saldo transaksi bulan sebelumnya atau maksimal Rp150 ribu.
  • Biaya over limit sebesar Rp150 ribu.
  • Limit kartu kredit mulai dari Rp15 juta hingga Rp75 juta.
  • Minimal penghasilan Rp5 juta. 

[Baca: Buat yang Doyan Traveling, Pilih Kartu Kredit yang Kayak Gini]

BRI Wonderful Indonesia

Diterbitkan melalui kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, kartu ini dibuat bagi individu yang ingin mengenal dan menikmati keindahan alam dan budaya di Indonesia. Dengan fitur Gratis MasterCard Delay Flight Pass, mendapat 2 kali poin setiap transaksi yang dilakukan di hotel dan Airlines juga pada MMC Travel.

Dengan batasan usia 25-55 tahun dan minimal penghasilan Rp5 juta per bulan, kamu bisa mendapatkan kartu kredit ini untuk berkeliling Indonesia. Limit yang disediakan sejumlah Rp15 juta sampai dengan Rp999,9 juta.

2. Daily Needs

Buat kamu yang hobi makan atau belanja, memiliki kartu kredit cukup menguntungkan. Mengapa? Pasalnya tak jarang kartu kredit menawarkan promosi diskon yang menggiurkan. 

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu seperti makan, belanja bulanan hingga pembelian BBM, kamu bisa mempergunakan kartu kredit tipe Daily Needs. BRI sendiri memiliki dua jenis kartu kredit BRI yang bisa memenuhi transaksi kebutuhan sehari-hari. 

BRI Platinum

Keuntungan dalam didapat dari kartu ini adalah memiliki cicilan yang ringan dengan tenor mencapai 24 bulan. Kartu ini juga dapat digunakan di Luar Negeri dengan jumlah nilai tukar yang murah, begitu mudah bukan bagi kamu seorang pebisnis yang kerap bepergian ke luar negeri.

Kamu juga akan mendapatkan Poin Reward, dengan persyaratan khusus yaitu berusia 25-55 tahun dan berpendapatan tiap bulannya minimal Rp8,5 juta. Untuk limit pembiayaan sejumlah Rp25 juta sampai Rp49,9 juta.

BRI Easy Card

kartu kredit bri
kredit kredit bri easy card (pilihkartu)

BRI Easy Card adalah kartu kredit yang dipergunakan untuk Daily Needs. Kartu kredit yang satu ini dilengkapi berbagai promo buat memenuhi kebutuhan kamu dan keluarga.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai ketentuan dasarnya.

  • Minimum penghasilan Rp3 juta.
  • Limit kartu mulai dari Rp3 juta hingga Rp25 juta.
  • Biaya annual fee sebesar Rp250 ribu buat jenis kartu basic dan Rp125 ribu buat supplement.
  • Maksimal penarikan tunai yaitu 60 persen dari limit.
  • Biaya over limit sebesar Rp50 ribu.
  • Biaya terlambat bayar yaitu tiga persen dari saldo transaksi bulan sebelumnya atau maksimal Rp150 ribu.
  • Cashback satu persen setiap tarik tunai di ATM.
  • Cashback dua persen buat setiap pembelanjaan di Supermarket.
  • Cashback tiga persen buat setiap pembelian BBM di SPBU.

3. Lifestyle 

Tak hanya Travel dan Daily Needs, BRI juga menyediakan kartu kredit untuk kebutuhan gaya hidup. Pada dasarnya jenis kartu kredit yang ini memberikan berbagai penawaran diskon menarik di berbagai merchant, konser musik, serta promosi lain termasuk fitur yang memudahkan transaksi belanja kamu. Ini dia jenis kartu kredit BRI Lifestyle.

BRI Visa Touch

kartu kredit bri
kartu kredit bri touch (ciproreading)

BRI Visa Touch adalah kartu kredit yang cocok banget bagi kamu yang belum pernah memiliki kartu kredit. BRI Touch juga cocok buat para karyawan dengan pendapatan minimal Rp3 juta. Biasanya sih yang gajinya segini emang baru masuk dunia kerja alias fresh graduate.

Buat lebih detailnya, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui dari kartu kredit BRI Touch.

  • Bebas annual fee buat jenis kartu basic maupun supplement.
  • Maksimum tarik tunai sebesar 60 persen dari limit.
  • Biaya over limit sebesar Rp100 ribu.
  • Biaya keterlambatan bayar, yaitu tiga persen dari saldo transaksi sebelumnya atau maksimal sebesar Rp150 ribu.
  • Limit kartu minimal Rp5 juta – Rp50 juta.
  • Minimum penghasilan Rp3 juta.
  • Banyak promo menarik.

[Baca: 3 Trik Cara Membuat Kartu Kredit BRI Biar Cepat Di-approved]

BRI Infinite Card

Berbeda dengan BRI Visa Touch, BRI Infinite Card merupakan kartu kredit khusus untuk nasabah Prioritas BRI dengan dana AUM (Asset Under Management) minimal Rp500 juta. 

Jenis kartu kredit yang ini bekerja sama dengan Visa yang diberikan kepada nasabah terpilih Bank BRI untuk mendukung pemenuhan gaya hidup mereka. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang kartu kredit BRI Infinite Card.

  • Limit kartu mulai dari Rp150 juta hingga Rp999,9 juta.
  • Biaya over limit sebesar Rp250 ribu.
  • Biaya keterlambatan bayar yaitu tiga persen dari saldo transaksi sebelumnya atau maksimal sebesar Rp150 ribu.
  • Annual fee untuk kartu basic sebesar Rp2,4 juta dan kartu suplemen sebesar Rp1,2 juta per tahun.

4. Commercial Card

kartu kredit bri
kartu kredit bri corporate card (listrikindonesia)

Commercial card adalah kartu kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran ataupun transaksi pembelian produk. Biasanya jenis kartu kredit ini diberikan perusahaan kepada karyawannya untuk menghindari proses penggantian dan persetujuan setiap transaksi pembelian yang diperlukan. 

BRI memiliki dua jenis kartu kredit BRI commercial card yang terdiri atas BRI Mastercard Business Card dan BRI Commercial Card. Simak penjelasan tentang kedua kartu berikut ini.

BRI Mastercard Business Card

Kartu kredit yang terbatas ini dipasarkan hanya pada nasabah karyawan perusahaan atau intitusi yang bekerja sama dengan Bank BRI. Beberapa fiturnya berupa logo identitas perusahaan/institiusi yang bekerja sama dengan Bank BRI, gratis biaya iuran tahunan, promo dan diskon di merchant terpilih dan masih banyak lagi.

Lebih lengkapnya tentang BRI Business Card, simak di bawah ini yuk.

  • Biaya annual fee gratis.
  • Maksimal penarikan tunai sebesar 60% dari total limit.
  • Biaya over limit yaitu Rp125 ribu.
  • Biaya terlambat bayar cuma tiga persen dari saldo transaksi bulan sebelumnya atau maksimal Rp150 ribu.

BRI Corporate Card

Jenis kartu kredit yang satu ini diperuntukkan buat mendukung aktivitas bisnis dan perusahaan. Jadi cocok untuk para pengusaha. Seperti yang lain, kartu kredit BRI Commercial Card juga memberikan banyak promo menarik, salah satunya adalah executive lounge di Bandara.

Buat tahu lebih lengkapnya tentang BRI Commercial Card, lihat di bawah ini.

  • Biaya annual fee sebesar Rp250 ribu per tahun.
  • Maksimal penarikan tunai sebesar 60% dari total limit Corporate Card atau maksimum Rp10 juta per hari.
  • Biaya over limit yaitu Rp75 ribu.
  • Biaya terlambat bayar cuma tiga persen dari saldo transaksi bulan sebelumnya atau maksimal Rp150 ribu.
  • Mendapat BRI Poin.
  • Banyak promo menarik yang ditawarkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

[Baca: Ini 6 Tabungan Bank BRI dengan Banyak Manfaat yang Bisa Dipilih!]

5. Co-Branding

BRI juga memiliki produk kartu kredit co-branding. Kartu kredit co-branding merupakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh BRI yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain (cooperation). Bentuk kerja sama ini bukanlah operasional perusahaan, namun hanya pada brand, oleh sebab itu disebut co-branding

Berikut ini beberapa pilihan untuk nasabah BRI.

BRI Traveloka Paylater Card

BRI Traveloka PayLater Card adalah kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan Traveloka Group yang ditawarkan hanya kepada sejumlah pengguna PayLater terpilih. 

Kartu kredit PayLater Card bisa dipergunakan untuk bertransaksi di jutaan merchant berlogo Visa di seluruh dunia, baik online maupun offline

Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui dari kartu kredit BRI Traveloka Paylater Card.

  • Minimum penghasilan Rp3 juta.
  • Limit kartu hingga Rp49,9 juta.
  • Bebas annual fee seumur hidup.
  • Biaya over limit sebesar Rp125 ribu.
  • Biaya keterlambatan bayar yaitu tiga persen dari saldo transaksi sebelumnya atau maksimal sebesar Rp150 ribu.

Demikian penjelasan ringkas tentang beberapa jenis kartu kredit BRI. Beragam jenis kartu kredit ini ditawarkan supaya konsumen dapat memilih produk yang emang benar-benar mereka butuhkan. Jadi mana yang kamu pilih?