Biar Kantong Aman, Ini Nih 5 Kebiasaan yang Wajib Dihindari Anak Kos

Banyak yang bilang kalau anak kosan itu lebih boros dibanding mereka yang tinggal di rumah sendiri. Alasannya, anak kosan gak cuma harus mengeluarkan uang buat bayar tempat tinggal tapi juga makan dan kebutuhan lain.

Sebetulnya, ngekos itu bukan berarti boros lho. Gak sedikit kan orang yang tinggal di rumah sendiri tapi hidupya juga boros hingga terjerat utang?

Boros itu ya persoalan gaya hidup. Jadi, pengin kamu anak kosan atau gak, pendapatannya besar atau pas-pasan, kalau gaya hidupnya hedon mah tetap aja bakalan boros-boros juga.

Karena itu, ada beberapa kebiasaan yang harus anak kos hindari biar kantong gak kebobolan. Apa aja itu? Yuk, hindari lima kebiasaan ini:

1. Sering beli camilan

anak-kosan
Sering beli camilan (ayousaha)

Nonton televisi sambil makan keripik singkong, biskuit cokelat, dan kopi, tentu aja lezat banget sih buat isi luang anak kosan.

Tapi tahukah kamu kalau kebiasaan sering membeli camilan itu bisa bikin saldo rekening meringis lho. Ujung-ujungnya bikin kamu tongpis alias kantong kempis.

Beli camilan sih boleh aja, tapi gak setiap hari juga sih. Sebaiknya kamu menahan buat jajan atau membeli barang, kecuali jika keadaannya darurat. Lagipula kebanyakan makan camilan gak baik buat kesehatan dan bisa bikin berat badanmu bertambah juga.

2. Belanja bulanan tanpa rencana

anak-kosan
Belanja bulanan tanpa rencana (gotomalls)

Belanja bulanan menjadi salah satu pengeluaran terbesar anak kosan. Karena itu, kamu perlu banget mengontrol kebutuhan yang satu ini. Jangan sampai belanja tanpa rencana.

Karena itu, sebaiknya kamu bikin daftar belanjaan terlebih dulu sebelum belanja. Tujuannya ya apalagi kalau bukan buat menghindari pemborosan.

Mubazir juga kan kalau udah dibeli terus gak dipakai?

Tapi jangan lupa juga buat disiplin membeli belanjaan yang ada di daftar itu. Kalau bikin daftar belanjaan tapi masih asal comot sembarangan di supermarket, ya sama aja bohong.

3. Kos jarang ditempati

anak-kosan
Kos jarang ditempati (pinterest)

Setiap bulan harus keluar duit buat bayar sewa, tapi nyatanya anak kosan lebih sering tidur di rumah teman atau bahkan kampus. Kalau seperti itu terus mah yang ada pengeluaran kamu tiap bulan bakal sia-sia.

Perlu diketahui, kalau kamu bakalan cenderung mengeluarkan duit saat menginap di rumah teman, seperti buat beli minum atau makan.

Kalau tetap di kosan, kamu gak perlu beli minuman dan makanan lagi dong karena udah di stok saat belanja bulanan. Jadi, duitmu bakal lebih aman juga.

4. Hidup gak sehat

anak-kosan
Hidup gak sehat (livestrong)

Selain boros, anak kosan juga identik dengan gaya hidup gak sehat. Eits.. tapi maksudnya di sini karena lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji lho ya.

Wajar aja sih kalau gak sempat masak, apalagi buat mereka para karyawan yang harus pulang dan bangun saat pagi buta. Boro-boro masak, olahraga pun gak bisa.

Nah, pola hidup gak sehat itu bakal jadi bom waktu dan bikin pengeluaran bertambah. Bukan cuma bikin kantong jebol, tapi juga gak bagus buat kesehatan.

5. Menggunakan barang-barang elektronik secara berlebihan

anak-kosan
Menggunakan barang elektronik berlebihan (ndtv)

Sekarang umumnya kos-kosan mengharuskan penyewa buat membayar listrik sendiri. Karena itu, kamu harus punya uang lebih buat membeli token listrik.

Ya, gak mungkin juga kan kamu gelap-gelapan.

Nah, biar kantong gak jebol, sebaiknya gunakan barang elektronik secukupnya aja alias gak berlebihan. Contoh gampangnya gini: matikan lampu kamar mandi usai dipakai, atau cabut kabel charger jika baterai handphone udah penuh.

Dengan memperhatikan lima kebiasaan ini, kantong anak kosan dijamin gak bakal gampang jebol deh. Selamat mencoba!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →