5 Kerja Sampingan Bermodal Tenaga Tanpa Ijazah

kerja sampingan

Kamu karyawan dan lagi bingung nyari kerja sampingan yang menjanjikan tanpa harus keluar duit? lima profesi ini bisa kamu jalankan hanya bermodal tenaga, dan bisa dilakukan tanpa butuh ijazah lho.

Walaupun modal tenaga, bukan berarti jadi kuli bangunan atau tukang pukul ya. Intinya pekerjaan ini bisa dilakukan tanpa modal, dan sangat mengandalkan fisikmu.

So lima pekerjaan sampingan ini bakalan sangat direkomendasikan untuk karyawan level staf, yang jam kerjanya masih berkisar antara 09.00 hingga 17.00. Dan tentunya, masih ada waktu untuk menjalankan profesi sampingan ini di luar jam kantor.

Penasaran dengan kerja sampingan yang menjanjikan bermodal tenaga yang dimaksud? Mari disimak ulasan lengkapnya.

1. Driver online

kerja sampingan
Ojek online (Viva)

Driver online memang bisa kerja sampingan yang menjanjikan buatmu jika kamu serius dalam menekuninya. Ketika berangkat kantor kamu bisa aktifkan fitur nebeng seperti Grab Hitch untuk menjemput orang-orang yang pergi ke arah yang sama denganmu. Lalu di malam hari, baru deh kamu cari tambahan duit sebagai ojek atau driver online.

[Baca: Gini Cara Daftar Ojek Online Buat Nambah Penghasilan]

Sebagai driver, tentu saja fisik dan mentalmu harus kuat ya. Karena di malam hari usai pulang jam kerja, kamu harus berjibaku dengan kemacetan Ibu Kota.

Belum lagi kalau ada penumpang yang komplain dan marah-marah ke kamu. Badan udah capek, dimarahin pula kudu sabar-sabar ya buat yang mau jadi driver online.

2. Kurir

kerja sampingan
Pengantar barang (Info Komputer)

Beberapa aplikasi transportasi online juga menyediakan jasa kurir roda dua atau roda empat. Sebut saja seperti Go-Send dan Go-Box milik Gojek, lalu Grab Express milik Grab.

Berbeda dengan jadi driver, kurir adalah pengantar barang. Kalau barangnya saja sulit untuk dibawa, tentu kurir bakal kerepotan.

Anggap saja kamu disuruh bawa cake yang sudah dihias sedemikian rupa. Cake itu harus sampai 15 menit ke tempat tujuan, sedangkan lokasinya saja jauh. Kalau kamu ngebut, otomatis cakenya jadi berantakan.

Sama seperti driver, tantangan fisik yang bakal kamu hadapi adalah menghadapi kemacetan yang gak terprediksi. So, sabar-sabar ya di jalan. Jangan kebawa emosi.

3. Instruktur olahraga

kerja sampingan
Instruktur olahraga (Liputan 6)

Nah kalau yang ini mah fisik banget, judulnya aja udah instruktur olahraga ya. Kalau fisiknya aja gak kuat, yang ada sakit tifus abis ngajar.

Untuk menjalankan pekerjaan ini, tentu saja kamu harus punya bakat yang mumpuni di salah satu bidang olahraga. Dan yang kedua adalah relasi berupa pihak pengelola atau pemilik pusat kebugaran. Bisa juga kamu kunjungi tempat gym di Jakarta dan menawarkan kelas di sana.

[Baca: 6 Tempat Gym Murah di Jakarta Buat yang Bujetnya Rp 350 Ribu]

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Bentuk kerjasama yang paling mudah dilakukan adalah pembukaan kelas untuk olahraga yang kamu kuasai misalnya Yoga, Aerobik, Muaythai, atau yang lain. Lalu sistem komisinya adalah bagi hasil 50 : 50 dari biaya member, 50 persen ke kamu dan 50 persen ke gym. Praktis kan?

4. Kru event

kerja sampingan
Event GIIAS (Oto)

Kamu punya kenalan agency atau event organizer? Bolehlah nyambi-nyambi dengan membantu mereka sebagai kru asal fisikmu mumpuni.

Pekerjaan ini umumnya bakal menyita waktumu saat weekend. Bila eventnya padat, bisa jadi selama seminggu kamu kerja non-stop.

Selain kerja sabtu-minggu, wajib diketahui juga bila eventnya adalah pameran maka kamu bakal dilibatkan dalam proses loading dan unloading. Ini adalah proses paling melelahkan dalam event organizing karena kamu harus angkat-angkat barang, pasang backdrop, pasang ornamen, atau booth di tengah malam.

Kalau tiba-tiba ada komplain dari klien, wassalam deh. Reputasi agency tempatmu bekerja jadi jelek. Kebayangkan gimana melelahkannya pekerjaan ini.

5. MC event dan pernikahan

kerja sampingan
MC pernikahan (Bridestory)

MC gak akan terlalu melelahkan seperti kru event, tapi lumayan bikin pusing dan deg-degan. Belum lagi peluang tawaran jadi MC juga agak sulit, kecuali kamu memang sudah berpengalaman banget.

Yang bikin capek ketika jadi MC adalah jadwal acara yang ngaret, sedangkan kamu sudah panas banget pengin cuap-cuap di panggung. Karena jadwal ngaret kamu jadi ngantuk dan gak bergairah lagi. Kalau acaranya pagi sih gak apa-apa, tapi kalau malam nah repot sepertinya.

Belum lagi sehari sebelum acara berlangsung kamu harus latihan. Gak lucu kan kalau tiba-tiba saat ngomong kamu ngeblank alias bingung mau ngomong apa.

Itulah lima kerja sampingan yang menjanjikan dengan modal tenaga, yang pas banget buat karyawan level staf. Bagaimana jika levelnya supervisor atau manajer tapi mau menjalankan profesi ini? Ya sah-sah saja asal ada waktu dan tenaganya.

Namun kamu harus ingat bahwa seandainya kamu adalah pemimpin di tim kerjamu, kamu tentu bakal menghabiskan banyak waktu di kantor. Level stres pekerjaanmu juga berbeda dong sama bawahanmu.

[Baca: 8 Pekerjaan di Indonesia dengan Gaji Kecil dan Level Stres Tinggi]

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →