Sering Dianggap Sepele, 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Ini Bikin Bangkrut

Mengatur keuangan dengan baik kerap sulit dilakukan oleh kebanyakan generasi milenial. Salah satu alasannya karena tuntutan gaya hidup. Alhasil mereka sulit #MerdekaFinansial.

Padahal kita tahu banget kalau yang namanya mengikuti gaya hidup itu gak bakal ada habisnya. Yang ada cuma bikin kantong jebol.

Bersenang-senang sih emang gak ada salahnya. Yang salah itu kalau membeli sesuatu cuma karena keinginan, atau parahnya lagi cuma pengin ikut-ikutan aja biar bisa dibilang hits.

Kalau kamu melakukan hal seperti itu melulu sih, siap-siap aja utang menumpuk. Yang ada, gaji cuma habis buat bayar utang aja. Duh, jangan sampai deh ya.

Parahnya lagi, kesalahan itu malah sering dianggap sepele.

Lalu, apa aja sih kesalahan mengatur keuangan yang kerap dilakukan oleh kaum milenial? Berikut lima di antaranya:

1. Pengeluaran melebihi pemasukan

mengatur-keuangan
Hobi belanja (leiebilispania)

Sadar gak sih kalau tren itu seringkali bikin kita lupa dengan kapasitas pemasukan?

Bergaya sih boleh aja, tapi ya harus sesuai dengan isi kantong juga dong. Jangan sampai kamu bergaya tapi dengan hasil berhutang sana-sini.

Kalau kayak gitu gitu sih wajar aja kalau dompetmu kebobolan.

Kamu tentu gak pengin kan tabungan habis cuma buat mengikuti hasrat itu?

Karenanya, mulai sekarang pastikan gaya hidupmu gak menguras isi dompet buat hal-hal yang kurang penting. Lagipula, gak ada salahnya kok dengan hidup sederhana.

Selebriti terkenal aja masih banyak kok yang menerapkan hidup sederhana, padahal mereka punya banyak uang.

Kalau seleb aja melakukannya, tentu aja trik mengatur keuangan ini juga harus kamu coba.

2. Menunda buat menabung

Ini nih kesalahan besar yang kerap dilakukan oleh kaum milenial: menunda-nunda menabung.

Padahal menabung itu penting banget lho. Ibaratnya buat cadanganmu jika ada keperluan mendesak, salah satunya kalau jatuh sakit.

Mulai deh menyisihkan sebagian gaji buat ditabung. Gak masalah kok kalau jumlahnya sedikit, yang penting bertambah setiap bulan daripada gak sama sekali.

3. Gak punya anggaran keuangan

mengatur-keuangan
Gak buat anggaran keuangan (cheatsheet)

Gak sedikit kaum milenial yang mengalami masalah mengatur keuangan bahkan sejak tengah bulan. Mereka biasanya udah bokek alias dompet menipis.

Meski terlihat lucu, tapi masalah tersebut gak bisa dianggap sepele. Ya, tandanya ada yang gak beres dengan manajemen keuangan.

Buat mengatasinya, coba deh setiap habis gajian jangan langsung bersenang-senang atau menghambur-hamburkan uang dengan membeli barang ini itu atau nongkrong.

Boleh aja sih senang-senang, tapi sebaiknya sisihkan uangmu terlebih dulu dengan bikin anggaran buat satu bulan ke depan.

4. Gak memisahkan rekening tabungan

“Setiap bulan udah nabung kok, tapi tetap aja keuangan berantakan. Apa yang salah?”

Oke, kamu udah memiliki niat menabung. Tapi mungkin yang menjadi masalah adalah kamu gak memisahkan rekening tabungan dengan rekening buat kebutuhan hidup sehari-hari.

Emang terdengar sepele sih, tapi dampak itu terasa banget lho. Tanpa disadari, tiba-tiba saldo tabungan udah habis.

Selain itu, gak memisahkan rekening buat nabung dan kebutuhan sehari-hari bikin kamu cenderung belanja melulu karena melihat masih banyak uang di rekening.

Solusi mengatur keuangan yang satu ini ya dengan bikin rekening tabungan yang berbeda.

5. Hubungan cinta yang menguras kantong

mengatur-keuangan
Pacaran bikin kantong jebol (focusonthefamily)

Siapa yang sering mengalami hal ini?

Ya, emang, siapa sih yang gak senang ketemu dengan kekasih tercinta? Tapi kalau ujung-ujungnya bikin kantong tongpes sih sama aja bikin pusing sendiri.

Tanpa disadari menjalin sebuah hubungan cinta itu emang terkadang bikin kamu harus mengeluarkan biaya yang gak sedikit. Bahkan sekali jalan kamu bisa mengeluarkan uang ratusan ribu Rupiah. Itu juga cuma buat makan atau nonton aja.

Bicarakan deh masalah ini dengan pasanganmu. Kalau kamu laki-laki, gak ada salahnya kok kalau sesekali kamu yang dibayarin.

Pandangan yang menyebut kalau laki-laki harus selalu menanggung semua biaya kencan itu udah usang. Kan sekarang zamannya kesetaraan. Kalau emang pihak perempuan yang lagi punya uang lebih, ya gak ada salahnya juga sih.

Nah itu dia lima kesalahan mengatur keuangan yang kerap dilakukan kaum milenial. Yuk, ubah kesalahan itu dari sekarang.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →